Salah satu masalah saat menghadapi pesaing adalah kekuatan backlink pesaing kita. Jika anda benar-benar ingin ranking, maka anda harus bisa mengalahkan backlink pesaing anda ini.

Jadi bagaimana anda bisa menilai kekuatan backlink pesaing anda dengan cara yang gratis? Untuk melakukan ini sebenarnya cukup mudah. Anda bisa memakai tools yang gratis untuk memperkirakan seberapa berat persaingan yang anda hadapi.

backlink berkualitas

Tools pertama yang bisa anda gunakan untuk menganalisa kekuatan persaingan backlink ini adalah moz link explorer dari moz.com. Silahkan mengunjungi halaman berikut ini:

https://analytics.moz.com/pro/link-explorer/home

Masukkan URL pesaing anda ke dalam tools di atas. Perlu anda ketahui bahwa tools ini tidak menampilkan backlink spesifik di satu URL dari suatu website, tapi semua backlink yang menuju website tersebut.

Hasil dari pengecekan ini kurang lebih terlihat seperti overview di bawah ini….

Tampilan Overview Moz Link Explorer

Bisa anda lihat gambar di atas memperlihatkan hal-hal berikut:

  • Domain Authority yang merupakan nilai otoritas domain dari website yang sedang anda optimasi. Semakin tinggi Domain Authority pesaing anda, maka itu menjadi indikasi bahwa persaingan anda akan berat semakin baik (tapi masih harus melihat kondisi dari backlink yang masuk)
  • Linking Domains merupakan jumlah variasi nama domain yang memberikan backlink ke website ini.
  • Inbound Links merupakan jumlah backlink yang masuk

Tapi yang perlu anda perhatikan dari halaman ini bukan hanya Domain Authority, Jumlah Variasi Domain, dan juga Jumlah Backlink. Anda juga harus memperhatikan jenis backlink yang masuk ke dalam website tersebut. Apakah itu blog comment, PBN, paid review, atau benar-benar backlink alami.

Biasanya untuk menilai itu anda harus mengklik TOP FOLLOWED LINKS

top followed links

Gabungan dari keempat faktor ini yang akan menentukan apakah backlink ini benar-benar berat atau tidak. Tapi jika anda benar-benar pemula, dan kata kunci yang anda incar adalah menengah ke atas, biasanya itu akan menjadi optimasi yang sangat berat untuk anda.

Kabar baiknya adalah beberapa website yang akan anda temui di daftar top followed links di atas kemungkinan bisa anda tempati untuk memasang backlink menuju website anda. Jadi coba anda buka semua halaman-halaman ini.

Dari pengalaman melakukan optimasi selama 7 tahun terakhir ini saya menyimpulkan kekuatan backlink menurut jenisnya adalah seperti di bawah ini:

Blog comment di halaman dengan page authority dan domain authority rendah

Ini adalah backlink dengan kualitas yang sangat rendah, karena backlink berada di halaman yang tidak punya otoritas dan tidak relevan dengan website yang kita optimasi.

Halaman Profil dan Forum

Backlink yang berasal dari halaman profil atau forum mempunyai kualitas yang lebih baik, karena walaupun tidak relevan dan halamannya tidak punya otoritas, biasanya website profil dan forum mempunyai domain authority yang cukup baik.

Blog comment di halaman dengan page authority tinggi

Backlink yang berasal dari blog comment selalu mempunyai masalah relevansi. Masalah ini bisa kita kurangi dengan memberikan narasi yang relevan untuk mengapit backlink tersebut. Backlink yang berasal dari halaman dengan page authority yang tinggi, dan domain authority yang tinggi tetap saja akan memberikan anda poin yang besar.

Hanya saja backlink seperti ini bermasalah di relevansi, jadi seringkali kita memerlukan ratusan hingga ribuan backlink untuk mendorong kata kunci anda ke halaman pertama Google.

Jasa PBN

Kebalikan dari blog comment. Biasanya backlink dari jasa PBN akan berada di halaman yang sangat relevan, tapi page authority biasanya sangat rendah. Jadi sangat penting untuk mengusahakan page authority atau domain authority yang tinggi untuk PBN anda. Bisa dengan membackup halaman-halaman PBN ini dengan blog comment.

Biasanya puluhan halaman PBN sudah cukup kuat untuk menaikkan peringkat anda ke halaman pertama, karena kualitas relevansi yang sangat tinggi. Pastikan saja semua konten anda unik.

PBN milik pribadi

Ini mempunyai kualitas di atas jasa PBN, karena backlink dari PBN milik pribadi biasanya sangat fokus di satu niche. Berbeda dengan jasa PBN yang isinya benar-benar campuran banyak niche. Masalah terbesar dari PBN milik pribadi adalah harus melakukan update yang rutin untuk menjaga kualitas dari websitenya.Usahakan setidaknya dalam sebulan minimal update artikel 2x untuk memberikan kesan bahwa website anda masih dikelola dengan aktif.

Paid Review

Paid review biasanya dipilih dari website yang memang sangat relevan dengan kita, sudah mempunyai reputasi, dan frekuensi updatenya juga masih aktif. Jadi kita hanya membayar sekali dan tidak perlu pusing untuk melakukan update. Yang menjadi masalah adalah harganya yang bisa sangat mahal, jika kualitas websitenya sangat tinggi.

Satu halaman paid review bisa lebih mahal dari membeli satu paket hosting dan nama domainnya, jika website itu memang sangat berkualitas. Banyak orang rela membayar paid review hingga 3 juta rupiah jika kualitas dari website kita memang sangat tinggi.

Backlink Alami

Tentu ini adalah yang terbaik. Backlink seperti ini jelas akan sangat relevan dan gratis. Jika website anda bisa masuk ke tahapan di mana orang bersedia memasang backlink menuju website anda tanpa berpikir dua kali, maka semua backlink itu akan gratis dan terus saja berdatangan tanpa perlu anda memintanya.

Masalahnya, perlu usaha yang sangat besar dan mahal sebelum anda bisa sampai ke tahapan ini.

===========

Jadi saat anda memantau website pesaing anda, tentunya anda akan melihat beberapa URL backlink. Anda bisa menebak kualitas backlink dari pesaing-pesaing anda dengan mengunjungi satu per satu URL-URL ini.

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *