Di tahun 2018 ada banyak sekali website yang hilang dari hasil pencarian Google karena tersingkir oleh website seperti Tribun, Merdeka, marketplace, dan masih banyak lagi. Ini menjadi tanda tanya bagi banyak pemilik website, kenapa gaya optimasi mereka bisa berhasil pada suatu website tapi gagal pada website lainnya.

google e-a-t optimasi

Penyebab dari berbedanya teknik optimasi website di tahun 2018 adalah penerapan kategori YMYL. Jika website anda terindikasi masuk dalam kategori YMYL, maka anda harus bersiap karena optimasi anda akan menjadi lebih berat dari sebelumnya.

Sebaliknya, jika website anda tidak masuk dalam kategori YMYL, maka optimasi website anda bisa berjalan seperti biasanya. Mungkin bagi anda yang masih pemula atau yang baru mendengar istilah YMYL ini ada kebingungan tentang konsep YMYL ini. Jadi di sini saya akan menjelaskan perubahan mendasar dari optimasi sebuah website yang masuk ke dalam kategori YMYL.

APA ITU YMYL?

YMYL adalah singkatan untuk your money or your life. Ini mengacu pada website-website yang bisa mempengaruhi kebahagiaan, keamanan, kesehatan, dan kesejahteraan pengguna Google ke depannya.
Adapun website-website yang masuk ke dalam kategori YMYL ini adalah:

  • Website jual beri barang (ini termasuk jual obat-obatan herbal, dan produk pasutri)
  • Website penawaran jasa
  • Website yang melibatkan transaksi online
  • Website yang memberikan informasi masalah keuangan, kesehatan, dan juga masalah hukum
  • Website yang menawarkan asuransi, investasi, dll

Jika website anda tidak ada dalam daftar di atas, maka Google mengajak anda untuk memikirkan apakah website anda bisa mempengaruhi kebahagiaan, kesehatan, keamanan, dan juga kesejahteraan pengunjung website anda. Jika ya, maka kemungkinannya website anda masuk ke dalam kategori YMYL.

Apa yang terjadi jika website anda masuk ke dalam kategori YMYL ini?

Google akan menerapkan penilaian E-A-T yang lebih berat untuk website anda sehingga website anda akan lebih sulit lagi untuk dioptimasi. Jika anda tidak tahu apa itu E-A-T, silahkan membaca penjelasan di bawah ini.

CARA OPTIMASI E-A-T

Sebelum anda belajar cara melakukan optimasi E-A-T pada website YMYL, maka terlebih dahulu anda harus tahu apa itu E-A-T…

E-A-T adalah singkatan dari Expertise, Authority, dan Trust. Dalam bahasa indonesia artinya KEAHLIAN, OTORITAS, dan TERPERCAYA. Saat ini google menuntut anda bisa membuktikan seberapa ahli, seberapa berotoritas, dan seberapa terpercayanya anda untuk membahas topic-topik YMYL.

Jadi langsung saja kita bahas bagaimana cara anda melakukan optimasi E-A-T…

Expertise/Keahlian

Saat ini Google menuntut agar setiap pemilik website yang bergerak di bidang YMYL memperjelas identitasnya. Tujuan dari identitas ini adalah untuk menyakinkan seberapa “pantasnya” anda membahas suatu topic. Jika ini menyangkut jual beli atau tips-tips di dalamnya, maka setidaknya anda harus membuat jelas siapa yang menjadi penanggung jawab isi konten anda.

Hal ini bisa anda lakukan dengan menuliskan nama anda beserta, email, nomor HP, dan alamat lengkap anda di dalam halaman TENTANG KAMI atau HUBUNGI KAMI.

Setelah itu anda harus membuat materi yang sangat lengkap untuk niche tersebut. Jika pesaing anda memang tidak mempunyai banyak artikel dan memang niche tersebut tidak memerlukan banyak pembahasan, maka anda cukup mengalahkan kelengkapan informasi pesaing terberat saja.

Tapi jika anda bersaing untuk masalah hukum, maka anda mempunyai PR berat untuk mengalahkan hukum onlin, karena hukum online sudah memposting banyak penjelasan soal kasus yang berbeda, bahkan dokumen undang-undang dari berbagai bidang sudah sangat lengkap di hukum online.

Jadi kelengkapan informasi tentang siapa anda, latar belakang anda, di mana anda, dan seberapa banyak penjelasan tentang niche tersebut yang anda upload akan sangat menentukan penilaian EXPERTISE dari Google ini.

AUTHORITY

Ini adalah faktor yang sangat sulit di antara semuanya, karena di sini Google akan menuntut website anda mendapatkan banyak sekali backlink dari halaman-halaman yang memang fokus membahas masalah yang benar-benar relevan dengan website anda.

Jadi ini bukan sekedar backlink saja. Bukan backlink dari halaman profil atau dari halaman komentar yang judulnya tidak relevan dengan website anda.

Semakin banyak anda mendapatkan ulasan dari website atau blog yang memang fokus membahas masalah tersebut, maka akan semakin kuat otoritas anda. Biasanya mereka yang mengincar otoritas ini akan menargetkan paid review atau PBN sebagai solusi black hat mereka.

TRUSTWORTHY

Google juga menentukan faktor-faktor seberapa bisa mereka mempercayai sebuah website. Semakin banyak sinyal spam yang ditemukan pada website tersebut, maka nilai trust ini akan semakin rendah. Tentunya nilai yang rendah ini akan membuat website anda menjadi lebih sulit untuk ranking.

Untuk menaikkan trust dari Google anda bisa mencoba menghindari hal-hal yang berbau spam. Beberapa hal itu bisa ditemukan dari indikator spam dari moz.com. Jika anda mau membaca faktor spam yang perlu anda hindari ini, silahkan membaca artikel SPAM SCORE DARI MOZ.

Selain menghindari faktor spam di atas anda juga bisa menaikkan trust anda dengan melakukan hal-hal di bawah ini.

  • Membeli nama domain untuk beberapa tahun sekaligus
  • Menggunakan hosting berbayar
  • Tidak memproteksi data whois
  • Menyamakan data alamat, email dan hp yang digunakan di whois dengan data yang anda pasang di TENTANG KAMI atau HUBUNGI KAMI
  • Rajin melakukan update artikel unik yang relevan

Kalau anda bisa melakukan semua hal di atas, maka optimasi E-A-T anda akan bisa mendorong ranking website anda di antara para pesaing.

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *