Seringkali kami menemui ada banyak pemula yang mengoptimasi kata kunci pendek. Hal itu bisa kami lihat dari para pengguna jasa backlink yang rata-rata menargetkan kata kunci pendek. Tentunya hal ini dilakukan karena mereka berpikir bahwa kata kunci pendek ini banyak yang mencari. Jadi kalau mereka bisa mendapatkan kata kunci ini, maka website mereka akan ramai.

Hanya saja kejadiannya tidak akan seperti itu. Website mereka tidak akan ramai dan bahkan akan sangat sepi dalam waktu yang lama jika mereka menargetkan kata kunci yang pendek.

optimasi long tail keywords

Jadi apa alasannya kita harus mengoptimasi kata kunci panjang atau long tail keyword?

Long Tail Keyword Persaingan Lebih Ringan

Jika anda menargetkan kata kunci pendek, maka anda akan berada di antrian yang sangat padat. Ada banyak orang yang berusaha memenangkan kata kunci pendek ini. Padahal anda tidak akan melihat trafik jika anda tidak berhasil masuk dalam 5 besar.

Coba tebak berapa lama anda baru akan masuk dalam 5 besar di kata kunci pendek? Bisa berbulan-bulan. Bahkan setelah anda mempunyai laju artikel yang tinggi dan backlink yang masuk juga banyak, anda tetap harus menunggu berbulan-bulan. Google tidak begitu saja menyingkirkan website yang sudah lama bertengger di kata kunci pendek hanya karena ada website baru yang terlihat mengesankan.

Jadi selama website anda belum masuk 5 besar, maka tidak akan ada pengunjung dari Google menuju website anda.

Sebaliknya jika website anda mengoptimasi long tail keyword, maka anda cukup berpeluang menguasai kata kunci panjang ini dalam waktu sebulan… Mungkin pengunjung dari satu long tail keyword ini hanya 5 per hari, tapi jika anda bisa mengoptimasi 20 kata kunci panjang secara bersamaan, maka dalam sebulan sudah akan ada 100 kunjungan per hari menuju website anda.

Semakin banyak varian kata kunci panjang yang anda kuasai, maka ranking kata kunci pendek akan naik dengan sendirinya. Kenapa? Karena di dalam long tail keyword selalu ada short tail keyword. Jadi secara tidak langsung short tail keyword juga akan mengumpulkan poin untuk naik peringkat.

Long Tail Keyword Lebih Alami

Pada saat anda melakukan optimasi backlink, anda sebaiknya menghindari semua teks jangkar memakai kata kunci pendek, seperti “jasa penulisan artikel” atau “dealer mobil honda”. Jika anda menggunakan hanya beberapa saja, maka itu masih aman. Namun jika anda dominan memakai kata kunci pendek ini, maka website anda akan cenderung dicurigai dan peringkat anda akan turun perlahan.

Lebih aman dan tetap berguna jika anda memakai teks jangkar seperti “jasa penulisan artikel murah ditulis manual”, atau “Jasa penulisan artikel yang berkualitas dan Unik”, atau bahkan “Jasa Penulisan Artikel Milik Bang Toyib”….

Long Tail Keyword Mengoptimasi Lebih Banyak Varian Kata Kunci

Mungkin banyak yang tidak paham apa yang dimaksud dengan long tail keyword mengoptimasi lebih banyak varian kata kunci. Jadi saya berikan saja contohnya di bawah ini.

Anggap saja anda mengoptimasi kata kunci “Jual Masker Virus Corona Harga Murah Kualitas Terbaik”. Ini sama saja anda juga melakukan optimasi untuk beberapa kata kunci sekaligus, seperti:

  • Jual Masker Virus Corona
  • Jual Masker Murah Terbaik, dll

Anda buat sendiri semua varian yang bisa anda temukan dari 8 kata yang ada di dalam long tail di atas. Semua varian dari kata-kata tersebut akan ikut teroptimasi jika anda melakukan optimasi long tail keyword.

=====================

Jadi anda harus mengendalikan diri anda dan tidak terlalu bernafsu menguasai kata kunci pendek dalam waktu dekat, karena itu tidak akan berhasil. Long tail keywords adalah opsi yang terbaik bagi anda yang baru mau memulai optimasi website.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *