Saat ini seluruh dunia sedang dipusingkan dengan masalah pandemi COVID-19. Wabah penyakit yang disebabkan virus corona ini membuat sektor perekonomian menjadi sangat lesu. Hal inilah yang membuat hampir semua sektor usaha mengalami perlambatan….

optimasi SEO di masa pandemi COVID-19

Lalu bagaimana dengan para pelaku optimasi website? Apakah SEO mengalami perlambatan?

Banyak orang yang mengira SEO mengalami perlambatan karena orang-orang kehilangan semangat dan kekurangan dana untuk melakukan optimasi…. Tapi fakta sebenarnya tidak seperti itu. Di tengah pandemi Covid ini ternyata job dari jasa backlink justru bertambah dan itu menunjukkan bahwa ada banyak orang yang menjadi lebih aktif mengoptimasi websitenya.

Kenapa bisa seperti itu?

Penyebab Ramainya Optimasi SEO Saat Ini

Algoritma Google Berubah

Perubahan algoritma Google mengakibatkan banyak website yang sebelumnya masuk halaman pertama; sekarang sudah terlempar keluar. Sebagai gantinya; ada banyak website yang sebelumnya tidak ranking … sekarang naik ke posisi TOP 5….

Kondisi ini membuat pemilik website yang tadinya ranking menjadi kelabakan dan memperkuat optimasi website mereka. Mereka harus melakukan ini, karena website adalah sumber penghasilan mereka; dan bukan hal yang menyenangkan jika website anda drop di tengah-tengah kekacauan ekonomi saat ini….

Di sisi lain, … pemilik website yang sebelumnya tidak ranking dan sekarang tiba-tiba merasakan posisi Top 5 juga mendapatkan semangat baru untuk melakukan optimasi SEO. Jadi sekarang terjadi persaingan antara mereka yang berusaha naik ke posisi semula dan yang berusaha mempertahankan posisi yang baru mereka raih….

Turunnya Persaingan Di Beberapa Niche

Walaupun algoritma Google berubah, ternyata cukup banyak niche yang peringkatnya cukup stabil. Hal ini membuat banyak pemilik website yang santai saja menyikapi perubahan Algoritma. Bahkan … mereka menjadi terlalu santai, karena merasa kondisi saat ini kurang menguntungkan untuk melakukan optimasi website. Mereka tidak mau bekerja keras di saat potensi income tidak seberapa ….

Di sisi lain, ada pemilik website yang memang sedang aktif melakukan optimasi saat Covid-19 mulai mewabah. Mereka tiba-tiba merasa persaingan menjadi lebih ringan, karena peringkat mereka naik lebih cepat…. Inilah yang terjadi jika anda berada di niche yang penuh dengan pemilik website yang tiba-tiba malas mengoptimasi website mereka….

Anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk menaikkan peringkat anda secepat yang anda bisa; sebelum pesaing lain mulai bersemangat melakukan optimasi.

Gaya Optimasi SEO Pasca Update Algoritma

Update Artikel-Artikel Utama Di Website Anda

Ini adalah hal yang perlu anda upayakan dalam waktu dekat jika anda sama sekali belum pernah melakukan update konten utama selama berbulan-bulan. Update konten ini akan membuat website anda terlihat fresh di dalam penilaian Google.

Website besar sering melakukan update konten pada konten utama websitenya agar Google beranggapan ada informasi baru yang  bisa disajikan ke para pengguna Google. Jika konten anda tidak pernah diupdate, maka website baru yang membahas hal-hal yang lebih fresh akan mengalahkan anda di hasil pencarian.

Batasi Internal Link Jika Backlink Minim

Setelah beberapa kali update algoritma di tahun 2020 ini; ada banyak website dengan jumlah internal link yang kecil merajai hasil pencarian Google. Ini bisa menjadi indikasi bahwa Google mempunyai selera optimasi on-page yang baru.

Hanya saja anda jangan sampai salah memahami hal ini. Walaupun Google cenderung “menyukai” halaman dengan internal link yang sedikit, bukan berarti Google menyukai website yang jarang menulis konten baru. Kami sangat merekomendasikan agar anda rajin menulis, namun anda harus membatasi jumlah internal link di dalam setiap halaman.

Tujuan utama dari rajin menulis konten adalah untuk menaikkan bobot on-page dan otoritas anda di suatu niche. Tapi jangan sampai jumlah halaman yang bertambah dengan cepat ini menjadi beban bagi halaman utama anda. Justru sebaliknya halaman-halaman ini harus menunjang halaman-halaman utama di website anda….

Jadi anda harus mengatur agar semua halaman baru ini mempunyai link menuju halaman-halaman utama, namun hanya sedikit link yang keluar dari halaman utama. Pengaturan seperti ini akan membuat banyak poin yang berkumpul di halaman utama dan memudahkan optimasi SEO website anda.

Jika anda memasang terlalu banyak link menuju artikel-artikel baru, maka poin anda juga akan mengalir ke artikel yang baru sehingga jumlah yang tersisa di artikel utama jadi lebih sedikit. Anda bisa memasang lebih banyak link jika anda mempunyai banyak backlink untuk mengalirkan poin ke dalam website anda.

Konten Utama Tampil Sebelum Layar Digulirkan

Salah satu ciri yang sering ditemui dari website yang kehilangan peringkat di tahun 2020 ini adalah konten utama yang tidak tampil di tampilan layar awal. Kita harus menggulirkan halaman ke bawah sebelum kita bisa membaca konten utama dari website tersebut.

Biasanya hal ini terjadi karena website tersebut memasang iklan banner besar di bagian header dan mendorong konten utama ke bawah. Jadi sebaiknya anda memperhatikan cara pemasangan iklan di website anda. Usahakan agar iklan tersebut masih memberi ruang bagi konten utama untuk tampil di layar awal.

Gunakan Gambar Unik

Optimasi SEO on-page akan sangat terbantu jika anda membuat sendiri gambar anda. Google akan mengenali gambar anda sebagai gambar yang unik dan beranggapan bahwa ada informasi berbeda di dalam gambar anda yang mungkin dibutuhkan oleh pengguna Google. Ada beberapa testimoni dari praktisi SEO di luar negeri yang mengklaim optimasi SEO mereka jadi lebih mudah setelah mereka menggunakan gambar yang unik.

Daftar Google My Business

Ini adalah salah satu yang sangat direkomendasikan bagi website bisnis. Mendaftar Google my business akan memerlukan verifikasi alamat riil anda. Verifikasi alamat riil ini akan membuat website anda lebih dipercayai oleh Google.

Jika semua pesaing anda di halaman pertama sudah melakukan verifikasi alamat toko offline atau kantor mereka, sedangkan anda belum melakukannya, maka anda akan sangat kesulitan untuk masuk ke dalam halaman pertama.

===========

Ini adalah beberapa catatan optimasi SEO yang perlu anda perhatikan; jika anda mau mempertahankan peringkat anda atau mau merebut kembali peringkat anda yang lepas setelah update algoritma yang lalu.

 

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *