Saat ini ada banyak sekali orang yang memasarkan produk mereka untuk pasar lokal dalam kota dan propinsi. Oleh karena itu beberapa di antaranya mencoba memasarkan produk mereka secara lokal.

Sebenarnya ada banyak metode untuk pemasaran lokal; tapi di sini kita mau membahas cara melakukannya menurut SEO. Jadi tentu saja anda harus mempunyai website untuk melakukan ini.

Berita bagusnya adalah persaingan lokal untuk bisnis saat ini masih tergolong ringan. Jadi peluang anda untuk menguasai kata kuncinya masih sangat besar. Anda sebaiknya tidak menunda untuk melakukan SEO lokal, karena pasti persaingan akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Gunakan Google My Business

Untuk memasarkan website anda di mesin pencari seperti Google, ada baiknya anda menggunakan Google My Business. Dengan menggunakan Google My Business anda bisa menampilkan bisnis anda dalam Google Map untuk pencarian kata kunci yang relevan.

 

Google My Business

Sangat direkomendasikan agar anda mendaftarkan website anda sebagai website resmi dari bisnis anda. Ini akan sangat membantu website anda ranking di hasil pencarian Google untuk pencarian lokal; dan juga bisa membantu anda mengkonversi orang-orang yang menemukan akun Google My Business anda menjadi pembeli.

Mengoptimasi Google My Business

Walaupun bisnis anda adalah bisnis lokal; bukan berarti anda satu-satunya yang berjualan produk tersebut di kota anda. Jadi belum tentu Google akan merekomendasikan website di hasil pencarian Google Map. Tapi ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membuat akun Google My Business anda mendapatkan perhatian dari Google.

Dapatkan Review Positif di Akun Anda. Semakin banyak respon positif yang masuk ke akun Google My Business anda maka akan semakin populer anda di penilaian Google. Anda bisa meminta kerabat atau teman yang tinggal satu kota dengan anda untuk mereview bisnis anda. Semakin luas cakupan review anda, maka akan semakin mempengaruhi luas wilayah dari SEO lokal bisnis anda.

review positif Google My Business

Jadi jika anda di Jakarta Selatan; jangan ragu meminta kerabat anda yang tinggal di Jakarta Utara untuk merekomendasikan bisnis anda di Google My Business.

Beri Respon Untuk Setiap Review Yang Masuk. Jangan biarkan respon yang masuk terabaikan begitu saja. Sangan direkomendasikan agar anda membalas setiap respon yang masuk. Respon yang anda berikan sebaiknya berbeda untuk setiap review.

balas atau respon review yang anda dapat

Masukkan Data Lengkap. Pastikan anda memasukkan alamat, nomor kontak, kategori dan atribut yang tepat untuk akun Google My Business anda. Semakin lengkap dan akurat informasi bisnis anda, maka semakin mudah Google merekomedasikan bisnis anda. Terlebih dengan mendaftar Google My Business saudara akan melakukan verifikasi alamat rill dari bisnis anda. Verifikasi ini akan menaikkan Trust dari Google sehingga bisnis anda akan lebih mudah direkomendasikan.

Tambahkan Foto. Masukkan foto tentang produk, kantor, pekerja, dan semua informasi penting bisnis anda. Usahakan foto ini ditampilkan dalam resolusi yang cukup besar dan tajam.

masukkan gambar bisnis anda ke Google My Business

Bagaimana Google Menentukan Peringkat SEO Lokal?

Ada 3 faktor utama yang digunakan oleh Google untuk menentukan peringkat dalam SEO lokal, yaitu:

Relevansi

Yang dimaksud dengan relevansi adalah tingkat kesesuaian antara profil Google My Business ataupun website anda dengan kata kunci yang dimasukkan pengguna Google. Usahakan untuk menulis deskripsi usaha selengkap mungkin di profil Google My Business ataupun website anda untuk membidik kata kunci yang anda inginkan.

Jarak

Walaupun website anda lebih relevan dari bisnis lain, namun jika terlalu jauh dari lokasi orang yang melakukan pencarian, maka bisa saja bisnis anda dikalahkan oleh bisnis yang lain. di hasil pencarian.  Ini adalah sesuatu yang default yang tidak bisa anda utak-atik. Sistem Google yang akan memutuskan ini. Google bisa saja mengubah nilai ini tergantung dari faktor di bawah ini.

Populer

Semakin populer nama usaha anda di dalam bisnis tersebut. Ini adalah salah satu faktor yang sangat menentukan rekomendasi Google. Semakin populer sebuah bisnis di dunia offline, maka itu akan sangat mempengaruhi rekomendasi Google My Business.

Ini yang menjadi alasan kenapa kami sangat merekomendasikan agar anda mencari review sebanyak mungkin dari semua kerabat anda. Semakin banyak relasi anda yang merekomendasikan bisnis anda dalam wilayah yang sangat luas (namun masih dalam satu kota), maka itu akan membuat anda lebih berpeluang menguasai pencarian bisnis di kota tersebut.

Gunakan Website Pribadi

Website yang dibuat dengan profesional dan dioptimasi dengan benar akan bisa menaikkan reputasi dari google My Business anda. Begitu juga sebaliknya; setiap website yang sudah melakukan verifikasi alamat kantor di Google My Business akan lebih mudah untuk ranking di hasil pencarian Google.

Jadi untuk anda yang sedang mengembangkan bisnis lokal; sangat direkomendasikan untuk memiliki akun Google My Business, dan website resmi jika ingin memaksimalkan pengunjung dari SEO lokal Google. Tapi bukan berarti anda lupa membangun akun-akun sosial media untuk bisnis anda, karena sosial mediapun bisa menjanjikan trafik yang potensial jika dikelola dengan benar.

 

 

 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *