Ada banyak hal dari cara kita melakukan optimasi SEO yang berbeda dari 10 tahun yang lalu. Teknik-teknik yang dulu banyak dilakukan oleh para pemilik website sekarang sudah tidak berguna lagi. Malah teknik ini bisa saja mendatangkan penalti jika diterapkan secara berlebihan.

Google

Untungnya saat ini hal-hal yang berbau spam cenderung “diuapkan” atau tidak dianggap oleh Google.

Mungkin banyak di antara teman-teman pemilik website yang tidak mengetahui hal-hal apa saja yang sekarang ini “diuapkan” atau diabaikan oleh Google. Jadi di bawah ini kami berikan beberapa hal yang sekarang ini sudah diabaikan oleh Google.

Kutipan: ” Katakanlah Anda meletakkan 10000 kata Pony di halaman anda, dan Anda berharap bisa ranking lebih baik di query tersebut. Tetapi yang algoritma Panda lakukan adalah menghilangkan keuntungan yang anda harapkan. Jadi anda akan kembali ke titik awal Anda memulainya. ” Gary Ilyes, Google 2017

Hal yang sama juga berlaku untuk spam backlink yang berkualitas rendah.

Kutipan: ” Penguin tidak membekukan backlink yang anda dapatkan. Penguine hanya mengabaikan backlink spam yang masuk sehingga tidak ada penalti dan ini bekerja secara Real Time ” Gary Ilyes, Google 2016

Begitu juga di tahun 2008-2009 saat banyak praktisi berusaha memanipulasi pagerank, Google mengubah cara mereka menilai aliran pagerank.

Kutipan: “Apa yang terjadi pada saat anda mempunyai sebuah halaman dengan pagerank 10 poin dan 10 link keluar, dan 5 diantaranya adalah nofollow? Mari kita abaikan faktor penguraian agar kita bisa fokus pada pertanyaan utamanya. Dengan kondisi seperti di atas, maka 5 Link dofollow masing-masing akan mendapatkan aliran 2 poin karena Link nofollow tidak akan dihitung pada saat kita membagi nilai halaman. Tapi ini berubah lebih dari setahun yang lalu, Google mengubah cara menghitung aliran pagerank sehingga lima link dofollow hanya akan mengalirkan masing-masing 1 poin . ” Matt Cutts, Google 2009

Jadi perubahan-perubahan di atas ini yang membuat banyak hal yang dulu berfungsi untuk optimasi Website kita menjadi tidak berguna lagi.

Perubahan Baru Di Tahun 2019

Judul Lebih Dari 12 Kata

Baru-baru ini di tahun 2019 terjadi beberapa pembaruan lagi. Jika kamu mempunyai sebuah halaman yang judulnya lebih panjang dari 12 kata, maka kata kunci yang berada di belakang 12 kata itu akan diabaikan. Padahal sebelumnya kata-kata yang berada di belakang 12 kata ini akan dihitung sebagai bagian dari konten.

Jadi tidak ada gunanya lagi anda membuat judul yang panjang seperti paragraf artikel…

Alt Tag dan Teks Jangkar Lebih dari 16 Kata

Begitu juga dengan ALT tag pada gambar. Jika anda memasukkan lebih dari 16 kata ke dalam Alt Tag, maka kelebihannya akan diabaikan. Hal yang sama berlaku untuk teks jangkar pada sebuah Link. Jumlah kata akan dibatasi pada 16 kata. Jadi semua kata-kata yang berada di belakang kata ke-16 akan diabaikan.

Jadi semakin banyak elemen spam yang Anda masukkan yang akan diabaikan oleh Google. Dengan kata lain Anda akan melakukan optimasi yang sia-sia jika terus melakukan hal-hal seperti ini. Jadi kalau anda melakukan teknik spam maka pastikan anda melakukannya dengan tingkat keacakan yang sangat tinggi.

Jangan sampai Anda mempunyai pola yang bisa dikenali oleh algoritma Google. Hal itu akan membuat website anda ditandai untuk mendapatkan manual review yang bisa berujung pada penalti manual.

Adapun penalti manual adalah sesuatu yang benar-benar harus anda hindari, karena penalti manual ini dinilai langsung oleh manusia. Jadi anda akan kesulitan untuk melakukan trik atau tipuan apapun untuk keluar dari penalti ini.

Kutipan: ” tim peneliti manual bisa melihat label dari setiap Link yang didapatkan oleh sebuah website. Pada dasarnya Kami mempunyai banyak label Link; sebagai contoh link pada footer akan mendapatkan nilai yang lebih rendah dari pada Link yang berada di dalam konten. Lalu label lainnya adalah label Real Time dari penguin. Jika mereka melihat bahwa sebagian besar Link adalah Link yang mendapatkan label Real Time dari penguine maka mereka mungkin akan meneliti lebih jauh untuk melihat apa apa yang coba dilakukan oleh pemilik konten. ” Gary Ilyes, Google 2016

Dalam sebuah forum Black Hat ada beberapa orang yang mencoba untuk mendapatkan kode-kode Google. Dan yang mereka temukan adalah banyak label link di dalam kode tersebut. Beberapa label link itu bisa anda lihat dibawah ini.

_LinkTags_NAMES = {
0: “PAGE_GUESTBOOK”,
16: “PAGE_FORUM”,
2: “PAGE_MAILING_LIST”,
3: “PAGE_BLOG_COMMENTS”,
4: “PAGE_BLOG”,
5: “PAGE_PPC”,
19: “PAGE_SPAM_SIGNATURE_KILL”,
21: “PAGE_SPAM_SIGNATURE_NOPROP”,
7: “PAGE_AFFILIATE”,

Inilah yang dilakukan oleh Google di tahun 2020 ini untuk mengidentifikasi spam ataupun tren monetisasi yang umum dilakukan oleh pemilik website. Google Mungkin memberikan label untuk segala hal mulai dari konten berkualitas rendah, spam, tujuan halaman, kecepatan muat halaman, penempatan iklan, halaman YMYL, halaman informasi, dan masih banyak lagi label-label lainnya.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *