Jika anda adalah seorang newbie dan berusaha mencari panduan SEO di internet, anda mungkin akan sering dibingungkan oleh banyaknya informasi yang saling bertentangan satu dan yang lainnya. Salah satu contoh yang akan paling sering ditemukan adalah “Ngak usah backlink juga bisa ranking” atau sebaliknya “Tanpa backlink kalian mustahil ranking”…

Mana yang benar di antara keduanya?

Dari pengalaman bolak-balik di forum blogger, seringkali yang mengatakan mereka tidak memerlukan backlink justru masih pemula di dunia optimasi. Mereka begitu euforia karena bisa ranking tanpa backlink, padahal kata kunci yang dimenangkan juga bukanlah kata kunci yang berat persaingannya.

Dari sini anda bisa tahu bahwa anda bisa memenangkan suatu kata kunci walaupun anda tidak mencari backlink. Bahkan, saya pernah menemukan kasus di mana kata kunci yang berat bisa dimenangkan tanpa backlink. Tapi tentu saja ada harga lain yang harus dibayar….

rajin menulis blog

Di sisi lain ada yang mengatakan “Mustahil ranking tanpa backlink”. Nah yang ini biasanya mempunyai layanan jasa backlink. Sepertinya mereka kuatir pemahaman “tidak perlu backlink untuk ranking” ini akan mematikan bisnis backlink mereka.

Blog kepointernet ini jelas menawarkan jasa backlink, tapi kami tidak akan mengatakan “mustahil ranking tanpa backlink”…. Karena faktanya itu bisa saja dilakukan….

Satu-satunya yang mustahil adalah RANKING TANPA HALAMAN WEB! Jadi ….

KONTEN ADALAH YANG PERTAMA!

Kalau anda mengejar suatu kata kunci, maka jelas konten adalah yang paling utama! Jika kata kunci itu sangat ringan, maka judul yang exact match atau persis sama dengan kata kunci itu sudah cukup untuk memenangkan persaingan….

Semakin berat persaingan kata kunci, maka kualitas konten anda harus semakin baik. Tulisan anda harus menyediakan informasi yang dicari oleh pembaca, dan tulisan anda harus unik (bukan hasil copy tulisan orang lain)….

Ini saja sudah cukup untuk memenangkan persaingan yang sangat ringan hingga persaingan yang ringan…

FREKUENSI UPDATE ADALAH YANG KEDUA!

Banyak orang yang mengatakan bisa memenangkan persaingan yang cukup berat hanya dengan rajin menulis… dan ini 100% benar!

Anggap saja anda ini orang yang sangat suka menulis. Setiap hari anda menulis satu artikel yang panjangnya 2000 kata hingga 3000 kata…. Dalam setahun anda bisa mempunyai blog dengan jumlah artikel 360-an artikel. Ini jauh lebih kuat daripada mempunyai website yang mempunyai 30 halaman artikel dengan 500-an backlink high Page Authority….

Kenapa bisa seperti itu? Karena Google bukan baru lahir kemarin sore. Mereka tahu backlink bisa dipalsukan. Jadi mempunyai 360-an artikel unik yang panjang dan berkualitas itu lebih kuat dari sekedar mempunyai 500-an backlink high PA. Mustahil memalsukan artikel panjang, berkualitas dan UNIK! Pasti itu hasil kerja keras dan menunjukkan keseriusan seseorang mengelola websitenya.

Ada beberapa website yang bahkan bisa memenangkan kata kunci persaingan berat dengan jumlah backlink yang sangat minim karena jumlah artikelnya yang lebih dari 5000 artikel. Jadi SEO itu tidak selalu tentang backlink.

BACKLINK ADALAH PENUNJANG

Walaupun anda seorang pekerja keras, ternyata ada banyak sekali kata kunci yang mempunyai persaingan yang keras. Anda akan melihat bahwa di kata kunci persaingan keras anda bukan satu-satunya yang suka bekerja keras. Mau lebih keras bagaimana lagi? Apa artikel harus dibuat bertele-tele dan mengulangi hal yang sama sampai 10.000 kata? Atau anda harus posting 5 artikel 4000 kata per hari?

Jadi ada batas di mana anda bisa mengembangkan on-page dari website anda dengan mengandalkan kerja keras …

Dalam kondisi di mana Google melihat ada banyak website yang bekerja keras menyediakan konten yang berkualitas, maka Google berusaha memilih pemenang dengan melihat website mana yang paling sering direkomendasikan orang di internet. Saat inilah backlink menjadi penolong untuk kenaikan peringkat anda.

Dalam banyak kasus, jumlah konten anda tidak perlu terlalu banyak jika anda bisa mendapatkan banyak backlink. Misalnya, ada website yang dimiliki oleh seorang pekerja keras …. website ini mempunyai 3000-an halaman dan 20 backlink. Sangat besar kemungkinannya website ini kalah oleh pesaing yang hanya mempunyai 1500 halaman tapi ditunjang oleh 4000-an backlink. Kenapa? Karena untuk membuat 1500 halaman artikel juga tidaklah mudah, dan website ini juga mendapatkan 4000-an backlink….

Oleh karena ada batas untuk mengoptimasi on-page, maka jarang sekali di persaingan berat ke atas kita menemukan website yang tanpa backlink. Kalaupun ada, maka biasanya itu adalah website team work yang dikerjakan oleh banyak orang….

Terlalu sulit untuk blogger single fighter bisa tembus di persaingan berat ke atas hanya mengandalkan kerajinan menulis….

 

USER EXPERIENCE ADALAH SEGALANYA

Nah setelah anda capek-capek menulis ribuan artikel, dan mencari jutaan backlink … ternyata pengunjung selalu kabur dari website anda karena website anda terlalu lama dimuat, atau ngak enak dibaca karena tulisan terlalu kecil, dll….

pengunjung tidak puas dengan konten dan website anda

Kalau kejadiannya seperti ini, maka tunggu saja website anda akan hilang dari hasil pencarian secara perlahan. Tidak peduli website anda punya 10.000 artikel dan jutaan backlink … itu tidak akan menolong jika faktor user experience sangat jelek.

================

Nah … kalau ternyata orang-orang bisa ranking hanya dengan rajin menulis …. lalu kenapa ada jasa backlink?

Ya karena tidak semua orang rajin menulis. Banyak orang lebih memilih menghabiskan dana antara 500 ribu hingga 1 juta rupiah untuk memasang backlink daripada mereka harus menulis 100 artikel.

Jika mereka bisa membuat 2 artikel per hari, maka itu berarti mereka memerlukan 50 hari untuk menyelesaikan 100 artikel. Bagi mereka yang bisa menghasilkan setidaknya 10 juta rupiah atau lebih dalam 50 hari, tentunya mereka lebih suka membayar jasa backlink 1 jutaan daripada menghabiskan waktu untuk menulis artikel.

Sedangkan untuk pemula yang tidak punya dana atau pekerjaan lainnya, tentu lebih baik fokus menulis untuk membangun blog yang kuat secara on-page. Sambil belajar cara mendapatkan backlink jika ingin melakukan optimasi berimbang secara mandiri.

Kategori: SEO

5 Komentar

anhar · 25 Mei 2019 pada 9:30 pm

artikelnya sangat menarik mas…
0. Website optimasi SEO , mobile friendly
1. konten is the king = quality konten
2. frekuensi update artikel = banyak artikel
3. backlink
4. user experience = loading website dibawah 3s
memang mencari pengunjung tetap ibarat langganan itu sesuatu yang tidak mudah, namun apabila kita bisa memenuhi syarat syarat diatas tidak mungkin tidak kita bisa juga mendapatkan pengunjung tetap tersebut. kunjungi juga website saya kirimartikel.com agar kita bisa saling mengunjungi.

    kepoin · 25 Juni 2019 pada 5:13 pm

    Kita harus bersyukur itu tidak mudah mas. Itu berarti banyak yang berminat. Seandainya tidak banyak yang berminat, maka pasti mudah saja memenangkan kata kunci itu, tapi tidak ada nilainya, karena tidak banyak yang berminat… Hukum pasar sangat berlaku di SEO

Soksimon · 27 Mei 2019 pada 1:29 pm

Terima kasih gan. Ternyata seperti itu ya. Ini punya jasa backlink tapi jujur.

    kepoin · 25 Juni 2019 pada 6:29 pm

    Sama-sama mas, terima kasih sudah mampir. Jasa backlink itu ditujukan untuk membantu yang sibuk saja atau benar-benar tidak paham.

Tandi · 5 Agustus 2019 pada 9:39 pm

saya pernah pakai jasa backlink dan jasa pembuantan website nya sewaktu masih di blog legendaris trikmudahseo….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *