Kenapa anda memerlukan plugin Yoast SEO? … Begini, jika anda mempunyai website di WordPress dan ingin website tersebut ranking di hasil pencarian Google, maka tentunya anda perlu memastikan agar website tersebut memenuhi struktur SEO ready. Yang menjadi masalah adalah anda perlu menguasai beberapa bahasa pemrograman jika ingin mengedit sendiri tema anda secara manual.

 

YOAST SEO PLUGIN WORDPRESSTentu ini bisa menjadi masalah bagi kebanyakan orang sehingga ada banyak plugin SEO yang dibuat untuk memudahkan pengaturan ini. Salah satu plugin yang banyak digunakan saat ini adalah YOAST SEO. Jadi di sini saya akan menuliskan panduan pengaturan YOAST SEO untuk memudahkan para pemula menggunakan plugin ini.

Sebaiknya anda menggunakan Yoast SEO ini setelah anda mendaftarkan website anda ke properti search console Google, karena ada beberapa proses yang perlu anda lakukan di Google search console.

Ambil URL Sitemap Anda Di Yoast SEO

Anda perlu memasukkan URL Sitemap anda ke Google search console. Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO ini untuk mendapatkan URL sitemap anda. Caranya cukup mudah….

  1. Klik SEO di sidebar kiri Dasbor website anda
  2. Pilih General
  3. Pilih tab Features
  4. Klik Tanda Tanya pada XML Sitemap
  5. Klik tautan SEE THE XML SITEMAP

Lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

sitemap Yoast SEO

Anda akan masuk ke halaman yang akan memberikan anda beberapa tautan sitemap yang bisa anda masukkan ke akun Google Search Console yang sudah anda buat….

ATUR JUDUL DI SETIAP HALAMAN

Pengaturan judul adalah sesuatu yang sangat penting jika anda menginginkan website yang SEO ready. Hal paling utama yang perlu anda perhatikan saat mengatur plugin Yoast SEO untuk website  WordPress anda adalah JUDUL yang mengedepankan kata kunci. Judul ini sebaiknya tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu pendek. Saya biasa menggunakan judul antara 5 sampai 7 kata.

Kenapa jangan terlalu panjang? Karena semakin banyak kata di dalam judul anda, maka setiap kata akan mendapatkan poin yang semakin kecil.

Lalu kenapa jangan terlalu pendek? Jika terlalu pendek, maka itu artinya anda hanya akan bisa bersaing di kata kunci pendek yang persaingannya sangat keras. Jika anda menggunakan kata kunci long tail keyword, maka anda bisa mengoptimasi keduanya, baik varian long tail keywords ataupun kata kunci pendeknya.

Tapi sebelum anda memasukkan judul-judul yang SEO ready, maka ada baiknya anda menggunakan plugin Yoast SEO ini untuk memastikan struktur jadi judul anda SEO ready.

Cara mengedit struktur dari judul di setiap halaman cukup mudah:

  1. Masuk ke YOAST SEO >> SEARCH APPEARANCE >> PILIH TAB CONTENT TYPE
  2. Silahkan edit struktur dari judul untuk POS dan LAMAN

Tampilannya seperti di bawah ini:

Judul Pos

Jika anda berniat menggunakan judul long tail keyword di artikel anda, maka sebaiknya anda menghapus tiga elemen yang saya beri kotak merah di dalam gambar di bawah ini. Supaya judul anda tidak terlalu panjang….

judul laman

Terapkan juga pengaturan di atas pada bagian LAMAN dari website anda.

Jadi sampai di sini anda sudah memasukkan Sitemap ke SEARCH CONSOLE dan merapikan judul dari setiap halaman di dalam website anda. Apakah masih ada hal yang bisa dilakukan oleh YOAST SEO untuk anda?

Untuk pengaturan lebih lanjut kita bisa masuk ke halaman editor postingan.

PENGATURAN YOAST SEO PADA EDITOR POS

Jika anda sudah memasang YOAST SEO, maka anda akan bisa melihat bahwa pada bagian bawah dari kolom editor postingan anda terdapat kolom pengaturan YOAST SEO. Ada beberapa hal yang bisa anda atur di sini. Jadi mari kita lihat satu per satu.

READABILITY

Plugin Yoast SEO akan memasang sensor readability pada editor pos anda. Fitur ini akan memberitahukan anda seberapa mudah dan nyaman artikel anda untuk dibaca. Anda bisa scroll layar editor anda ke bawah dan melihat READABILITY ANALYSIS ini.

readability

Fitur dari plugin Yoast SEO ini akan menilai penyebaran subheading, panjang paragraf, dan panjang dari setiap kalimat yang anda tuliskan. Jadi ini bisa membantu anda mengetahui apakah tulisan anda sudah cukup nyaman untuk pembaca.

EDIT SNIPPET

Fitur edit snippet dari plugin Yoast SEO ini juga akan membantu anda untuk mengedit jika tampilan hasil pencarian anda di Google belum sesuai keinginan anda. Di sini anda bisa mengubah JUDUL, SLUG URL, dan META DESCRIPTION dari halaman yang sedang anda buat. Sama sekali tidak masalah jika ternyata judul artikel anda sedikit berbeda dengan judul yang anda masukkan di SNIPPET EDITOR ini.

snippet editor

FOCUS KEYWORD

Focus Keyword pada Yoast SEO ini akan membantu anda untuk melakukan penyebaran kata kunci di dalam artikel. Ini bukanlah hal yang wajib anda ikuti, karena sebenarnya setiap kata kunci mempunyai kisaran kepadatan yang berbeda. Jika anda mau menggunakan fitur ini, maka silahkan memasukkan kata kunci yang anda targetkan pada kolom yang sudah disediakan.

focus keyword

Anda bisa melihat ada beberapa poin yang akan menyala hijau, orange dan merah di bawah kolom kata kunci yang anda isi. Ini addalah hal-hal yang direkomendasikan Yoast untuk anda perbaiki. Jika rekomendasi sudah terpenuhi, maka akan berwarna hijau. Tapi sekali lagi saya katakan semua rekomendasi ini bukan sesuatu yang wajib, tapi akan membantu Google mengenali dan menilai artikel anda dengan tepat jika anda melakukannya.

=============================

Kurang lebih ini adalah hal-hal mendasar yang perlu anda lakukan jika anda hendak melakukan optimasi SEO pada WordPress menggunakan plugin YOAST SEO ini. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda melakukan optimasi onpage pada website anda dengan benar.

Kategori: SEOWordpress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *