Banyak pemula yang berpikiran bahwa dengan melakukan pemasangan backlink maka pasti ranking mereka akan membaik. Secara logika itu cukup masuk akal, karena masuknya backlink pasti akan menambah poin otoritas dari suatu halaman. Namun faktanya tidak sesederhana itu.

pasang backlink peringkat jatuh

Jika anda sudah pernah melakukan optimasi untuk banyak website, maka anda pasti akan melihat ada website yang bisa naik dengan mudah dan adapula website yang tidak bergerak rankingnya. Malah dalam beberapa kasus ada halaman yang justru akan mengalami penurunan peringkat.

Kenapa bisa seperti itu? Jawabannya sederhana sekali, karena ranking saat ini ditentukan oleh interaksi antara backlink, on-page, dan E-A-T.

Jadi kali ini kami mau membuat sedikit pembahasan tentang kondisi-kondisi yang bekerjasama dengan backlink. Hal-hal ini bisa menentukan apakah website anda akan mengalami kenaikan peringkat, atau diam di tempat, atau malah terjun bebas.

Pasang Backlink Peringkat Naik

Jika anda berada di persaingan sangat ringan hingga ringan, maka ini adalah hal yang lumrah. Meskipun onpage halaman anda sangat minimalis tetap saja berpeluang untuk mengalami kenaikan peringkat dengan melakukan pemasangan backlink atau bahkan mendapakan natural backlink.

Jika anda berada di persaingan menengah, maka biasanya website yang rankingnya membaik mempunyai hal-hal di bawah ini….

  • Kualitas konten yang baik. Usahakan konten anda unik dan lebih lengkap dari pesaing anda. Jika perlu anda melampirkan gambar yang lebih menunjang dan juga sebuah video.
  • Navigasi yang terstruktur akan sangat membantu optimasi anda di level persaingan ini.
  • Kecepatan muat website yang memuaskan pengunjung
  • Hindari eksternal link sebelum konten utama. Jadi jangan memasang external link di header website anda meskipun itu adalah halaman sosial media anda sendiri.
  • Fokus di satu niche akan sangat menolong optimasi anda.
  • Nama Domain sendiri dan bukan menumpang di domain atau hosting gratisan.
  • Mobile Friendly

Jika anda menghadapi persaingan berat, maka sudah WAJIB memenuhi semua hal yang dimiliki website persaingan menengah di atas…. plus beberapa hal di bawah ini…. Jika tidak, maka backlink mungkin tidak akan bisa membantu menaikkan peringkat website anda.

  • Kecepatan server website anda sangat prima
  • Rajin membagikan halaman website anda di sosial media
  • Karena persaingan berat biasanya bersifat komersil, maka sebaiknya anda sudah mendaftar ke Google My Business
  • Di level persaingan berat ini sebaiknya anda sudah rutin melakukan update. Jadi carilah perkembangan terbaru yang terjadi di niche anda setiap saat.

Persaingan Berat YMYL adalah level yang mempunyai tingkat kesulitan yang tertinggi dalam optimasi SEO saat ini. Jika anda bergerak di niche kesehatan, keuangan, jual beli, hukum, dan niche YMYL lainnya, maka anda harus bersiap menghadapi tuntutan E-A-T yang lebih tinggi.

Ada banyak sekali website jual obat herbal yang tewas setelah Google masuk ke dalam era YMYL. Bukan karena backlink tidak berfungsi, namun tuntutan onpage yang diharapkan dari website YMYL ini terlalu tinggi untuk dipenuhi oleh pemilik website yang bermain solo. Jadi usahakan beberapa hal di bawah ini.

  • Buatlah halaman ABOUT US yang menjelaskan tentang siapa anda. Usahakan dalam halaman tersebut anda memasukkan email dan nomor HP yang anda gunakan untuk mendaftarkan nama domain. Jadi sebaiknya tidak memproteksi data WHOIS anda.
  • Website yang ada di level YMYL ini biasanya adalah website besar yang dikelola secara tim. Jadi tidak cukup hanya rutin melakukan update tetapi juga dengan frekuensi yang tinggi. Anda harus melakukan update dalam jumlah yang signifikan… jadi buatlah teamwork.
  • Buka kolom komentar, dan sebaiknya anda responsif dalam menjawab kolom komentar ini.

Jadi seringkali sulit untuk tidak geleng kepala melihat gaya dari webmaster pemula. Mereka membuat website banyak niche, dan semua nichenya adalah YMYL … tapi cuma bermain seorang diri. Mungkin mereka berpikir ini akan menjadi gunung emas jika mereka bisa menaklukkan kata-kata kunci di dalamnya.

Tapi itu mimpi yang kejauhan buat seorang single fighter bro n sis. Jika mau cepat melihat hasil, maka sebaiknya fokus di satu niche saja. Membuat website dengan niche campuran itu seperti mengoptimasi banyak website dalam waktu bersamaan.

Yang lebih parah lagi, jika konten-konten yang tidak relevan satu sama lain bercampur di sidebar website. Itu justru akan menurunkan nilai relevansi setiap halaman. Website berita saja harus bisa melakukan segmentasi niche dengan rapi untuk mempermudah SEO mereka.

Pasang Backlink Tapi Peringkat Diam Di Tempat

Relevansi Lemah

Untuk mereka yang peringkatnya diam di tempat biasanya yang menjadi masalah adalah relevansi dari halaman. Mau seberapa banyak pun anda memasang backlink jika relevansi yang menjadi masalahnya, maka backlink tidak akan memperlihatkan hasil.

Poin backlink yang masuk seperti menunggu di depan pintu sampai anda memperbaiki masalah relevansi ini. Untungnya poin-poin ini tidak hilang dan hanya menunggu penyesuaian saja dari anda.

Masalah relevansi ini biasanya berupa judul yang tidak mengedepankan kata kunci, atau kepadatan kata kunci terlalu rendah sehingga Google beranggapan halaman anda lebih fokus ke hal yang lain.

Tidak Melakukan Update

Masalah umum lainnya adalah website anda tidak rutin melakukan update sedangkan pesaing lainnya mempunyai halaman terindeks yang lebih banyak dan rutin melakukan update. Selama ini website yang menghadapi pesaing dengan jumlah halaman besar biasanya tidak akan mengalami kenaikan peringkat jika tidak berusaha melakukan update yang rutin.

Optimasi Halaman Yatim

Yang dimaksud dengan halaman Yatim adalah halaman yang tidak mendapatkan internal link dari halaman lain. Jika anda memasang backlink ke halaman seperti ini, maka poinnya akan mengalir ke halaman lain yang linknya terpasang di header dan sidebar. Poin yang tersebar dari halaman ini tidak akan kembali ke halaman yang dioptimasi, karena tidak ada link di halaman lain yang bisa menjadi jalur balik.

Biasanya halaman yang dioptimasi mempunyai link di sidebar atau di menu header, karena biasanya halaman yang dioptimasi adalah halaman yang penting dari website tersebut. Jadi jika anda mengoptimasi backlink sebuah halaman, maka usahakan linknya bisa terpasang di sidebar.

Terlalu Banyak Internal Link

Sudah merupakan dasar dari algoritma Google untuk membagi poin ke setiap halaman yang terhubung oleh link. Jadi semakin banyak jumlah halaman yang harus dialiri backlink, maka nilai poin rata-rata di setiap halaman akan semakin rendah.

Bagi anda yang baru memulai optimasi website lebih direkomendasikan agar membatasi jumlah internal link di dalam halaman agar tidak melebih 50 link.

Hal lain yang perlu diperhatikan dari internal link adalah jumlah kata yang ditambahkannya di dalam halaman. Jika halaman website anda mempunyai 200 internal link, dan setiap internal link memakai teks jangkar sepanjang 3 kata; maka internal link itu akan menambah 600 kata yang kemungkinan akan duplikat di semua halaman. Jika konten utama di setiap halaman sangat minim, maka ini akan menjadi masalah.

Masalah lain dari internal link adalah terlalu banyak internal link di menu header. Terkadang ada website yang memasang begitu banyak kategori dan sub kategori dalam link header, sehingga 100 kata pertama di dalam setiap halaman akan duplikat. Sebaiknya batasi saja link di dalam menu header tidak lebih dari 10 link.

Pasang Backlink Tapi Peringkat Malah Turun?

Jelas sekali tersangka utamanya adalah anda melakukan kesalahan dalam pemasangan backlink sehingga website anda tertangkap algoritma Google ataupun manual penalti. Jadi pada saat anda melakukan pemasangan backlink pastikan itu beragam dalam segala hal; baik itu nama domain, platform, kata kunci, narasi, dll.

Tersangka kedua adalah halaman yatim. Bisa saja anda mengoptimasi halaman yang sebelumnya masih ditampilkan di homepage pada saat pengindeksan terakhir; namun pada saat dioptimasi halaman ini sudah keluar dari index homepage.

Jika kondisi ini yang terjadi, maka pada saat Google merayapi backlink dan mengunjungi ulang halaman ini … mereka akan menemukan bahwa halaman ini sudah yatim. Jadi posisi awal akan diturunkan. Tapi ini masalah yang bisa diatasi dengan memasang link menuju halaman ini di menu header atau sidebar.

Biasanya ini terjadi pada website yang sudah berumur dan lama tidak dioptimasi. Jadi halaman yang dioptimasi mempertahankan reputasi lamanya.  Pada saat mendapatkan backlink segar, maka seluruh poin pada website ini akan dihitung ulang. Tapi masalah ini pada umumnya bisa diselesaikan dengan beberapa perbaikan onpage (tergantung masalah pada website tersebut)….

===============

Jadi itu yang terjadi pada saat anda melakukan optimasi backlink. Peringkat pada umumnya akan membaik jika anda melakukan pemasangan dengan benar dan serius merawat website anda. Namun jika website anda tidak dirawat sebaik pesaing lainnya, maka anda harus sadar bahwa diluar sana ada banyak sekali orang yang mau merebut posisi itu dari anda.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *