Google baru saja mengumumkan bahwa mereka menggunakan sistem baru di dalam algtoritma mereka. Saat ini komunitas SEO menyebutnya sebagai passage ranking.

passage ranking

Apa itu Passage Ranking?

Passage Ranking adalah fitur baru Google yang memungkinkan Google untuk menentukan ranking hasil pencarian berdasarkan bagian-bagian tertentu dari suatu halaman website. Google akan langsung menampilkan bagian tersebut sehingga pengguna Google tidak perlu lagi repot mencari bagian yang diperlukannya.

Google Tetap Mengindeks Seluruh Isi Halaman

Banyak orang di dalam komunitas SEO yang salah memahami passage ranking sebagai passage indexing. Sehingga muncul rumor bahwa Google hanya akan mengindeks bagian-bagian tertentu saja dari sebuah halaman website.

Google sudah membantah hal ini. Mereka mengatakan bahwa pengindeksan tetap berjalan seperti biasa, namun mereka mengubah cara mereka dalam menilai isi konten yang ada di dalam suatu halaman.

Jika dulu Google menilai kualitas konten dengan menilai keseluruhan isi halaman, maka sekarang ini Google berencana untuk menilai relevansi konten pada bagian-bagian tertentu saja dari isi website.


Jadi nanti Google akan menampilkan bagian tertentu dari isi suatu website di hasil pencariannya (seperti yang terlihat d bawah ini)…

twitter Google

Apakah Passage Ranking ini menguntungkan atau merugikan SEO?

Ini yang membuat banyak praktisi SEO menjadi sangat kuatir tentang passage indexing atau passage ranking ini. Google mengkonfirmasi bahwa input baru ini akan bisa mempengaruhi sekitar 7% dari hasil pencarian.

7% ini adalah angka yang sangat besar sekali. Jadi akan ada pergeseran besar-besaran dari ranking yang ada jika ini benar-benar diterapkan.

Kenapa pergeseran dalam skala yang cukup besar ini bisa terjadi?

Begini; dulu Google hanya menilai relevansi konten secara keseluruhan. Jadi konten-konten yang membahas suatu topik dengan sangat lengkap dan menyeluruh bisa saja kalah di topik-topik yang sangat spesifik. Hal itu dikarenakan kata kunci yang spesifik itu kurang signifikan di dalam kontennya.

Tapi sekarang berbeda … Google bisa melihat bagian yang tadinya kurang signifikan itu sebagai bagian yang berdiri sendiri dan sangat relevan atau bahkan sangat berkualitas.

Jadi bisa saja halaman-halaman website yang sebelumnya bukan pesaing kita … sekarang menjadi pesaing utama kita. Ini akan menjadi masalah jika ternyata kita kalah bersaing dengan sekumpulan website yang tiba-tiba menjadi sangat relevan di dalam perhitungan algoritma baru.

Hal ini cukup mungkin terjadi, karena di setiap niche ada ratusan atau bahkan ribuan halaman yang sebenarnya cukup berkualitas, namun bermasalah dalam signifikansi kata kunci.

Hal yang paling mengkuatirkan adalah Google langsung menyajikan bagian yang paling relevan di hasil pencarian. Jadi ada kemungkinan sebagian pengguna Google akan merasa sudah tidak ada lagi gunanya mengunjungi website kita.

Apakah ini sama saja dengan Google semakin parah dalam menggunakan konten website lain?

=============

Di sisi lain; tentunya kita juga mendapatkan peluang untuk bisa ranking di kata-kata kunci yang sebelumnya gagal kita dapatkan.

Hal ini selalu berulang setiap kali Google melakukan update algoritma besar-besaran. Akan ada yang kalah dan akan ada yang menang.

Jika anda berada di sisi yang kalah; jangan terlalu panik. Dari pengalaman selama ini kita selalu bisa melakukan penyesuaian-penyesuaian untuk mendapatkan kembali kata kunci yang lepas saat update algoritma.

Begitu juga jika anda menang; jangan terlalu senang dulu …. Kemenangan saat update algoritma tidak akan bertahan lama jika anda tidak tahu faktor apa yang membuat anda menang.

Kapan Google Passage Ranking Ini Dimulai?

Google mengatakan sistem ini akan berjalan di akhir tahun ini. Mereka akan memulai sistem Google Passage Ranking ini di Amerika, dan penerapan global akan menyusul kemudian.

Jadi kita di Indonesia masih punya cukup waktu untuk memperbaiki kualitas konten yang ada di website kita.

Apakah Ada Yang Bisa Kita Lakukan?

Dari contoh yang ditampilkan Google; kita bisa melihat kalau Passage Ranking ini akan difokuskan pada kata kunci yang menjawab pertanyaan-pertanyaan singkat.

Jadi mungkin kita bisa mulai membiasakan membuat jawaban-jawaban singkat di dalam website kita sebelum kita membahasnya di dalam jawaban yang panjang.

Kondisi konten yang seperti ini lebih berpeluang untuk bertahan jika Google melakukan update algoritma passage indexing ini.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *