Pada dasarnya ada banyak Website yang kuatir jika konten mereka diduplikat oleh website lain, akan mempengaruhi peringkat mereka. Hal ini bisa jadi benar, karena Usia Halaman adalah salah satu sinyal yang digunakan Google untuk menentukan peringkat. pencuri kontenMasalahnya adalah Google menggunakan waktu perayapan pertama kali sebagai usia untuk dokumen yang mereka indeks. Ini bisa menjadi masalah kalau website anda diduplikat oleh website yang otoritasnya lebih besar dari anda.

Kenapa bisa seperti itu? Sederhananya begini, Google akan lebih cepat mengindeks website yang otoritasnya lebih besar dari anda. Jadi walaupun anda yang menulis artikel tersebut, mereka yang akan terindeks lebih dulu. Ini bisa membuat anda berada pada posisi yang tidak diuntungkan.

Seandainya pengindeksan artikel anda lebih cepat dari website lain, maka pencurian konten itu tidak akan menjadi masalah, karena website anda akan mengungguli artikel tersebut. Tapi kalau yang terjadi sebaliknya, maka besar peluangnya website pencuri konten anda akan ranking lebih tinggi dari anda.

Ini bisa benar-benar merusak SEO dari website anda. Hal yang seperti ini cuma bisa diatasi dengan melaporkan website tersebut. Satu-satunya yang bisa anda perlihatkan sebagai bukti adalah jika pada website tersebut ada banyak konten dari website lain yang juga dicuri.

Untuk melakukan ini anda harus menggunakan halaman LAPORAN DMCA GOOGLE

Jika anda tidak tahu caranya, maka anda bisa membaca panduan cara melaporkan DMCA ini ke Google.

Kalau laporan anda ini diterima, maka mungkin halaman-halaman website pelaku pencurian konten ini akan deindex pada konten-konten yang anda laporkan. Tapi jika Google menemukan seluruh websitenya adalah duplikat konten, maka bisa saja Google menghapus website tersebut.

Dulu saya pernah melaporkan banyak sekali website yang melakukan pencurian konten dari blog saya. Hasilnya ada puluhan blog yang dihapus oleh Google, dan saya mendapatkan banyak musuh saat itu. Blog saya dibom backlink yang berkualitas rendah.

Tapi tenang saja sekarang negative SEO sudah tidak akan berpengaruh ke website anda. Jadi laporkan saja jika ada orang yang mencuri konten anda.

KEBAL DARI EFEK PENCURIAN KONTEN

Kalau anda mau mempunyai website yang kebal dari efek pencurian konten, maka anda harus membuat website yang rajin melakukan update. Hanya saja anda perlu memastikan bahwa selama proses menambah konten dalam jumlah besar ini dilakukan tidak ada yang mencuri konten anda.  Jika ada yang melakukannya, maka anda harus melaporkan website tersebut sebelum merusak SEO website anda.

Kalau website anda sudah mempunyai banyak sekali artikel, misalnya di atas 1000 artikel, maka biasanya website anda akan sangat tahan terhadap efek pencurian konten. Biasanya ini terjadi karena website anda mempunyai frekuensi update yang tinggi, jadi website anda akan mendapatkan rate perayapan yang tinggi juga.

Jadi website anda akan cenderung terindeks lebih dulu. Selain itu frekuensi update yang teratur ini akan menaikkan otoritas dari website anda di mata Google. Jadi Google akan lebih mengutamakan website anda jika ada artikel yang duplikat….

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *