Ada banyak sekali faktor SEO yang dipertimbangkan Google untuk menentukan peringkat sebuah website di hasil pencarian. Salah satu hal yang sering dipertimbangkan oleh seorang pemilik website adalah pemilihan nama domain. Kali ini kami akan membahas hal-hal apa saja yang diperhitungkan Google dalam sebuah nama domain, dan seberapa besar pengaruhnya untuk SEO itu sendiri.

Faktor SEO dalam nama domain

Jadi langsung saja kita lihat beberapa faktor SEO yang melekat pada sebuah nama domain.

Faktor SEO Dalam Nama Domain

Usia Domain

Banyak pemilik website yang menanyakan apakah usia nama domain berpegaruh di dalam usaha mereka melakukan SEO. Untuk itu kita harus merujuk pada¬† pernyataan Matt Cutts sewaktu masih bekerja di Google. Dia mengatakan bahwa “perbedaan antara website berusia 6 bulan dan 1 tahun tidak sebesar yang dipikirkan orang”.

Jadi kita bisa menyimpulkan bahwa usia domain mempunyai pengaruh, namun tidak besar. Jadi hanya karena seseorang mempunyai nama domain berusia 20 tahun, bukan berarti websitenya pasti ranking. Apalagi kalau websitenya tidak diurus sama sekali.

Jadi keunggulan usia domain bisa memberikan keuntungan, hanya jika pemiliknya memanfaatkan keunggulan itu untuk mengembangkan websitenya…

Kata Kunci Dalam Nama Domain

Jika anda melakukan optimasi pada kata kunci ringan dan menengah, anda akan melihat bahwa website yang menggunakan kata kunci di dalam nama domain akan lebih mudah untuk ranking. Moz.com mengatakan besarnya pengaruh kata kunci ini juga bergantung dari posisinya di dalam nama domain. Jadi pengaruh terbesar dari kata kunci ini bisa dirasakan jika kata kunci tersebut diletakkan di depan nama domain.

Tapi semakin berat kata kunci yang harus dioptimasi, maka semakin kecil pengaruh yang dirasakan. Jadi jika anda mengoptimasi website untuk persaingan menengah ke atas, maka sebaiknya anda memakai nama domain yang berisi brand saja. Setidaknya nama domain ini bisa anda pergunakan untuk proses branding website anda nantinya.

Panjangnya Masa Registrasi Nama Domain

Patent Google atau lebih tepatnya bagian dari Algoritma Google mengatakan bahwa “Website yang mempunyai legitimasi biasanya akan didaftarkan untuk beberapa tahun. Sedangkan website yang tidak mempunyai legitimasi atau bahkan dibuat dengan niat tidak baik akan didaftarkan lebih dari setahun. Jadi kita bisa menggunakan panjangnya masa registasi untuk menentukan legitimasi sebuah website.”

Jadi ini bisa menjadi salah satu hal yang bisa anda lakukan jika anda bersaing di kategori YMYL dan harus berhadapan dengan website-website yang mempunyai authority yang tinggi. Mendaftarkan website anda selama beberapa tahun bisa menaikkan TRUST dari Google.

Kata Kunci Dalam Subdomain

Moz.com mengatakan bahwa kata kunci yang diletakkan di dalam sebuah subdomain juga bisa membantu optimasi website anda. Tapi pengaruhnya kurang lebih sama dengan kata kunci di dalam nama domain. Untungnya fungsi branding bisa kita letakkan sepenuhnya di dalam nama domain. Jadi anda bisa menggunakan kata kunci dalam subdomain untuk memperjelas konteks dari website yang anda buat di subdomain tadi.

Sebagai contoh, jika anda membuat banyak niche di dalam nama domain anda, dan memutuskan untuk melakukan pembedaan berdasarkan subdomain untuk masing-masing niche. Jelas penggunaan kata kunci di dalam subdomain akan membantu kita untuk mengidentifikasi topik apa yang dibahas di dalam masing-masing website.

Nama Domain Sering Berpindah Tangan

Jika sebuah nama domain berpindah kepemilikan beberapa kali (yang terlihat dari whois), maka Google bisa saja mengambil keputusan untuk menghapus riwayat dari nama domain tersebut dan menghitungnya sebagai nama domain baru. Jadi backlink yang ada pada website tersebut bisa saja ditiadakan dari perhitungan Google.

Inilah salah satu alasan kenapa kami sering mengatakan bahwa tidak ada gunanya membeli premium domain. Karena jika backlink tidak relevan dengan isi konten yang anda buat, maka Google tidak akan menghitung backlink yang masuk walaupun dari website besar dengan reputasi yang kuat. Apalagi jika kepemilikan nama domainnya sampai berubah.

Jelas moz.com tetap akan menampilkan Domain Authority yang besar. Tapi Domain Authority dari moz.com ini sama sekali tidak berpengaruh dalam sistem penilaian Google.

Private & Public Whois

Ada beberapa pemilik website yang memilih untuk menjadikan data kepemilikan websitenya sebagai sesuatu yang private. Kepointernet juga membuat data WHOIS private. Data WHOIS yang private adalah sinyal yang menandakan bahwa ada sesuatu yang ditutupi. Oleh karena ini hanyalah sinyal, maka ini tidak akan otomatis memberikan pengaruh buruk pada peringkat website anda.

Sebuah sinyal memerlukan sinyal-sinyal lainnya untuk memperkuat kecurigaan sebelum diambil tindakan. Hanya saja, biasanya website dengan sinyal whois yang dirahasiakan akan benar-benar sulit bersaing di kategori YMYL, karena kategori ini mengharuskan penanggung jawab atas semua konten dibuat sejelas-jelasnya.

======================

Jadi kurang lebih inilah faktor-faktor SEO yang melekat pada sebuah nama domain. Mudah-mudahan ini bisa membantu anda dalam memaksimalkan optimasi SEO anda. Walaupun faktor-faktor SEO yang melekat pada sebuah nama domain ini bukanlah sesuatu yang dominan, namun bisa mempengaruhi beberapa hal yang penting sebagai sinyal untuk otoritas, relevansi, dan trust.

 

 

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *