Konten duplikat adalah topik yang sudah cukup lama di dunia optimasi website, dan pengaruhnya ke SEO terlihat berubah dari waktu ke waktu. Jadi bagaimana pengaruh konten duplikat ini di tahun 2019?

pengaruh konten duplikat

Ada dua jenis konten duplikat yang biasa dimaksudkan di dalam dunia SEO. Yang pertama adalah konten yang duplikat di dalam website yang sama. Sedangkan yang kedua adalah konten yang duplikat di website yang berbeda.

Konten duplikat di dalam website yang sama biasanya memberikan efek yang tidak terlalu serius di mana kemungkinan Google hanya akan bingung menentukan versi mana yang akan dihidangkan untuk pengunjung dari website anda.

Berbeda dengan konten duplikat dengan website lain. Hal itu akan membuat website anda kehilangan keunikan kontennya sehingga akan bisa mempengaruhi ranking dari website anda.

Di tahun 2017, dan awal 2018 sepertinya masalah konten duplikat dengan banyak website bukan masalah yang serius, karena Google cukup bisa menggenali website mana yang lebih dulu mempublikasikan konten tersebut.

Hanya saja masalah ini sepertinya mulai cukup menggangu setelah berkali-kali update besar di tahun 2018.

Di tahun 2018 kita bisa melihat ada banyak sekali website besar yang kehilangan peringkatnya, dan posisi mereka digantikan oleh website-website yang sebelumnya tidak ranking sama sekali.

Salah satu perbedaan paling menonjol antara website yang drop dengan website baru yang ranking adalah konten mereka unik, dan jumlah artikel yang cukup banyak. Tentunya ini hanya salah satu faktor saja. Jadi hanya karena artikel anda sudah diedit jadi unik, belum tentu website anda akan ranking.

Di era Algoritma RankbrainĀ  dan YMYL ini memang optimasi beberapa website akan menjadi sangat berat dibandingkan sebelumnya. Jadi hal-hal seperti keunikan konten ini akan sangat membantu dalam persaingan di level menengah ke atas.

Ini yang menjadi alasan dari banyaknya pemilik website yang antipati ke para pelaku AGC atau copas, karena perbuatan ini merugikan trafik ke website mereka….

Untuk mengurangi tingkat copas dari website anda, maka sangat direkomendasikan anda menggunakan script anti klik kanan. Selain itu, jika website anda mempunyai feed maka usahakan menggunakan feed singkat. Jangan menampilkan semua isi konten anda di feed tersebut.

Ini tidak akan menghentikan orang yang benar-benar mau mengambil konten anda, tapi ini bisa mencegah copas dari blogger yang malas dan tidak mau ribet.

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *