Pada umumnya pemilik website menginginkan agar website mereka terdaftar menggunakan TLD .com atau .id. Namun seringkali nama domain yang mereka inginkan sudah tidak tersedia lagi untuk TLD tersebut. Jadi mereka bertanya-tanya apakah TLD yang lain bisa mempengaruhi SEO dari website mereka.

pengaruh TLD untuk SEO

Untuk itu kami akan membahas apa saja pengaruh dari penggunaan TLD untuk website anda.

TLD Umum Yang Dikaitkan Dengan Spam

Ada banyak sekali TLD yang muncul belakangan ini, namun tidak semuanya bisa digunakan untuk umum ataupun bisnis. Jadi kali ini kita akan membahas TLD umum dan TLD negara saja.

Google sendiri mengklaim bahwa TLD tidak mempengaruhi SEO, tapi persepsi terhadap TLD bisa mempengaruhi penilaian pengguna sehingga CTR ataupun konversi dari website anda bisa lebih rendah jika anda menggunakan TLD ini.

Ada beberapa TLD umum yang biasanya dikaitkan dengan spam, yaitu zip, country, cricket, kim, work, review, biz, info, party, dan link…. Tapi TLD yang paling spammy saat ini bisa anda lihat dari gambar yang ada di bawah ini.

spammy TLD

TLD Negara Membantu Geo-Targeting

Selain TLD umum; kita juga mengenal TLD negara. Google memberikan prioritas yang lebih besar bagi website yang menggunakan ccTLD atau TLD negara untuk bisa ranking di negara bersangkutan.

Hal ini cukup terasa di dalam optimasi yang kami lakukan selama ini. Website-website yang memakai TLD .id ataupun co.id biasanya akan mendapatkan peringkat yang baik saat dioptimasi.

Tentu saja ini bisa sangat bias karena SEO selalu memperhitungkan banyak faktor secara bersamaan. Jadi hanya karena anda memakai TLD .id … bukan berarti anda pasti masuk halaman pertama Google.

Untuk memaksimalkan efek dari geo targeting ini anda bisa melakukan 2 hal berikut ini:

  • Lakukan pengaturan geo targeting di Search Console
  • Pilih hosting lokal
  • Jika anda mempunyai bisnis lokal, maka pastikan untuk mendaftarkan bisnis tersebut di Google My Business dan daftarkan website anda sebagai website resmi.

Mengatur Geo Targeting Di Search Console

Untuk benar-benar mendapatkan prioritas trafik dari dalam negeri anda bisa menggunakan fitur INTERNATIONAL TARGETING yang ada di Search Console Google. Fitur ini  bisa anda dapatkan di bagian LEGACY TOOLS AND REPORTS.

International targeting

Anda bisa membuka tab COUNTRY dan memilih Indonesia dari pilihan yang tersedia.

pilih negara target

Pilih Hosting Lokal

Walaupun anda memakai TLD negara Indonesia, tapi jika server anda berada di luar negeri … tetap saja anda akan sulit untuk ranking di Indonesia. Jadi sangat direkomendasikan bagi anda yang benar-benar hanya menargetkan pengunjung dari Indonesia untuk menggunakan server dalam negeri.

Jika anda sudah terlanjur menggunakan server luar negeri, maka sebaiknya anda memindahkan server anda ke dalam negeri…. Kalau anda tidak bisa melakukan ini, maka sangat direkomendasikan agar anda menggunakan CDN … dan melakukan setting geo targeting search console.

Daftarkan Website Bisnis di Google My Business

Jika anda sedang mengembangkan website bisnis, maka sangat direkomendasikan agar anda mendaftarkan website anda ke Google My Business. Keuntungan apa yang anda dapatkan dari melakukan hal ini antara lain adalah:

Anda bisa melakukan verifikasi alamat bisnis dan mendapatkan kepercayaan dari Google. Ini akan membuat anda ranking lebih mudah.

Anda bisa memunculkan bisnis anda di peta dan mendapatkan kunjungan bisnis langsung

Anda bisa menentuan daerah-daerah pemasaran dan target utama di Indonesia dengan lebih spesifik. Jadi anda bisa mengecualikan daerah-daerah yang tidak masuk dalam layanan anda, dan mendapatkan prioritas untuk daerah layanan anda.

Kesimpulan

Setelah anda membaca penjelasan singkat di atas; anda sudah bisa melihat bahwa TLD bisa mempengaruhi SEO website anda dengan cara yang berbeda-beda. TLD bisa mempengaruhi TRUST dari pengunjung website anda. TLD juga bisa membantu penargetkan lokasi pengunjung dan mendapatkan prioritas ranking di daerah-daerah tertentu.

Tapi sekali lagi kami ingatkan agar anda tidak terjebak dengan pandangan bahwa memakai TLD tertentu akan bisa membuat website anda ranking. TLD ini tidak lebih dari salah satu faktor di antara banyak faktor yang bisa anda pergunakan untuk mengumpulkan poin optimasi SEO.

Tapi TLD tidak menyediakan poin yang sangat besar. Jika di dalam daerah target optimasi anda terjadi persaingan yang sangat berat, maka tidak ada cara lain untuk memenangkan persaingan selain konten dan backlink yang lebih berbobot dari pesaing lainnya.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *