Content marketing adalah sebuah pengetahuan yang akan sangat membantu proses SEO dari website anda. Hal itu dikarenakan konten merupakan salah satu faktor SEO yang terpenting.

Apa itu content marketing?

content marketing dan SEO

Pada dasarnya content marketing adalah usaha anda untuk melakukan pemasaran dengan menyediakan artikel-artikel yang berkualitas. Teknik pemasaran ini sudah terbukti sangat membantu meningkatkan penjualan.

Contoh sederhananya seperti ini: anggap saja anda sedang menjual obat herbal untuk kesehatan jantung. Jadi anda akan berusaha membuat sebanyak mungkin konten yang berkualitas tentang kesehatan jantung. Orang-orang yang semula datang untuk membaca konten anda mungkin akan tertarik untuk membeli produk herbal.

Jadi pada saat anda hendak menjual suatu produk jangan cuma membuat landing page saja.

Nah, untuk membuat konten anda bisa ranking di hasil pencarian Google maka anda akan memerlukan SEO. Jadi di sinilah saya bisa membantu content marketing anda.

Lalu bagaimana content marketing bisa membantu anda?

Peranan konten marketing untuk SEO

Jika anda berniat untuk melakukan content marketing, maka tentunya anda akan berusaha membuat banyak konten yang berkualitas. Inilah yang menjadi faktor penunjang dari optimasi website anda.

Anda akan menjadi lebih sering melakukan update postingan. Rutinnya sebuah website melakukan update akan menjadi indikasi bahwa website tersebut adalah website yang ahli pada topik tersebut. Ini akan menaikkan nilai otoritas dari website.

Di sisi lain artikel anda yang berkualitas akan memberikan sinyal user experience yang positif kepada algoritma mesin pencari. Ini sangat penting anda lakukan, karena user experience merupakan salah satu dari tiga faktor SEO terpenting untuk mesin pencari Google.

Gabungan kedua hal inilah yang akan menaikkan nilai trust dari website anda.

Jadi bagaimana cara melakukan content marketing ini untuk menunjang optimasi SEO dari website anda?

Utamakan kualitas konten anda

Yang dimaksud dengan konten berkualitas adalah sebuah konten yang bisa menyelesaikan permasalahan dari pengunjung halaman tersebut. Jadi pada saat anda membuat sebuah konten anda harus memikirkan tujuan pencarian atau search intent dari pengguna mesin pencari.

Setelah anda memahami tujuan pencarian dari pengguna Google, maka tahap selanjutnya adalah anda membuat konten yang menyediakan informasi yang lengkap.

Jangan menyalahartikan konten yang lengkap dengan konten yang panjang dan bertele-tele. Ada banyak kasus dimana sebuah konten yang hanya berisi 700 kata berhasil menggeser konten yang berisi 2000 kata.

Hal itu dikarenakan semua kata-kata penting yang harusnya ada di dalam artikel tersebut sudah termuat di dalam 700 kata tadi. Jadi menuliskan artikel sepanjang 2000 kata hanya menjadi pemborosan waktu saja, karena orang malas membaca tulisan yang sangat panjang jika hanya berisi informasi yang diulang-ulang.

Jadi content marketing itu mengutamakan kualitas dari konten dan bukan panjang artikelnya. Anda bisa mencoba melakukan spin content hingga 50.000 kata dan tetap saja anda akan melihat bahwa halaman anda tidak rangking sama sekali.

Lakukan update tanpa mengorbankan kualitas

Frekuensi update yang baik akan memberi kesan kepada Google bahwa website anda adalah website yang dikelola dengan profesional. Jauh dari kesan bahwa website anda ditelantarkan. Hanya saja jangan lebih mengutamakan update dibandingkan kualitas konten anda.

Akan menjadi sia-sia jikalau anda lebih mengutamakan update daripada kualitas isi konten anda. Ada banyak website yang hanya mempunyai puluhan artikel tetapi mendapatkan puluhan ribu kunjungan setiap bulannya. Hal itu dikarenakan artikelnya benar-benar dibuat dengan mempertimbangkan kualitas dan manfaat dari isi konten tersebut.

Walaupun kualitas konten adalah yang utama, namun bukan berarti anda bisa mengabaikan update dari website anda. Kami sudah mengoptimasi ribuan website dan website yang mempunyai 1000 artikel biasanya lebih mudah dioptimasi dari website yang mempunyai 10 artikel.

Tentu satu artikel berkualitas jauh lebih baik dari 10 artikel sampah. Tapi 10 artikel berkualitas jelas lebih baik dari 1 artikel berkualitas. Mudah-mudahan anda bisa paham apa yang saya maksudkan.

Perhatikan penggunaan kata kunci

Di dalam SEO penggunaan kata kunci jelas penting. Jadi ada beberapa hal aturan dalam penggunaan kata kunci ini yang perlu anda perhatikan.

  1. Hindari penumpukan kata kunci karena selain tidak nyaman untuk pembaca hal itu juga akan membuat Google memberi label spam pada konten anda. Usahakan kepadatan kata kunci anda berada pada kisaran yang aman, misalnya antara 2% hingga 5%. Jika kata kunci anda terlalu sedikit, misalnya di bawah 1%, maka Google akan beranggapan bahwa konten anda kurang fokus membahas masalah tersebut. Sebaliknya jika kepadatan kata kunci anda jauh lebih tinggi dari pesaing lainnya, maka Google bisa beranggapan bahwa anda sedang berusaha melakukan spam.
  2. Optimasi long tail keyword biasanya akan lebih mudah dibandingkan jikalau anda melakukan optimasi kata kunci pendek. Jadi jika anda melakukan optimasi long tail keyword anda akan lebih cepat melihat traffic.
    Usahakan satu halaman untuk satu long tail keyword. Jangan membahas topik yang sama berulang-ulang di banyak halaman. Hal itu akan membuat otoritas dari kata kunci tersebut menjadi tersebar ke banyak halaman. Anda harus memfokuskan otoritas sebuah kata kunci pada satu halaman saja.
  3. Hindari kata kunci yang search intent-nya tidak sesuai dengan website. Misalnya, jika website anda hanyalah sebuah blog dan bukan toko online maka anda sebaiknya tidak perlu mengincar kata-kata kunci transaksi. Misalnya kata kunci JUAL DRONE, karena Google akan lebih merekomendasikan toko online yang memang menjual drone. Sangat sia-sia jikalau anda melakukan optimasi kata kunci dengan tidak memperhatikan search intent ini.

Jadi sampai di sini anda sudah bisa melihat bagaimana sebuah proses content marketing akan memudahkan optimasi SEO dari website anda. Dan begitu juga sebaliknya bagaimana sebuah optimasi SEO akan membantu anda mendapatkan hasil dari konten marketing yang anda lakukan. Anda harus melakukan kedua hal ini jika ingin bertahan di kata-kata kunci persaingan berat yang ada saat ini.

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *