Ada banyak sekali orang di luar sana yang mengatakan bahwa mereka tidak melakukan SEO. Mereka hanya rajin memposting artikel saja dan ternyata mereka bisa ranking. Jadi di sini saya mau memberitahukan ke anda bahwa rajin menulis artikel itu adalah bagian dari optimasi konten.

Sedangkan optimasi konten sendiri merupakan salah satu dari 3 faktor utama SEO. Jadi sebenarnya tanpa sadar itu adalah proses optimasi SEO itu sendiri.

rutin update postingan

Sebuah riset dari hubspot mengatakan bahwa perusahaan yang melakukan posting lebih dari 16 kali per bulan akan membuat websitenya mendapatkan trafik yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak melakukan itu.

hubspot

Sumber: How Often Should Companies Blog? [New Benchmark Data]

Jadi ini adalah alasan kenapa saya sering mendorong teman-teman di facebook untuk rajin melakukan update artikel. Sayangnya masukan ini sering dianggap angin lalu….

Khususnya blogger pemula. Banyak yang berharap kalau rahasia SEO itu ada pada trik atau tools. Padahal rahasia SEO sebenarnya itu ada pada kerja keras yang disiplin.

Sulit?

Iya memang sulit, makanya hanya sedikit saja yang bisa sukses. Jangan terlalu tergoda dengan mereka yang sibuk jualan seminar atau tools, karena mereka itu heboh sesaat dan sudah itu tenggelam entah ke mana. Kalau anda tidak percaya silahkan habiskan 1 tahun hidup anda untuk melihat buktinya….

Hanya mereka yang rajin dan disiplin posting yang grafiknya konstan naik dan tidak kembang kempis. Tentunya ini akan semakin hebat lagi jika mereka bisa melakukan content marketing dan mendapatkan backlink dari marketing itu.

Backlink akan meringankan beban on-page atau akan memperkuat hasil dari optimasi on-page.

Kenapa Update Rutin penting Untuk SEO?

Salah satu faktor penting untuk SEO adalah E-A-T (Expertise – Authority – Trustworthy) atau bisa disebutkan dalam bahasa indonesia adalah KEAHLIAN – OTORITAS – TERPERCAYA. Jika anda rajin melakukan posting di suatu niche, maka itu akan mendorong poin dari ketiga hal di atas.

Kenapa?

  • Karena semakin mendetil pembahasan anda akan suatu topik, maka anda akan dipandang AHLI di bidang tersebut
  • Karena semakin lengkap pembahasan anda, maka akan semakin banyak yang merujuk ke anda untuk niche tersebut, dan ini akan menaikkan otoritas anda.
  • Karena semakin rajin anda melakukan update artikel yang unik dan berkualitas, maka akan semakin bisa anda dipercaya oleh Google. Para penipu/scam dan pelaku spam tidak ada yang mau menghabiskan waktu untuk membuat artikel berkualitas dalam jumlah yang banyak.

Jadi apakah sudah jelas? Semakin banyak isi blog anda, maka akan semakin tinggi nilai TRUST dari website anda dan akan semakin sering website anda direkomendasikan oleh Google.

Ini seharusnya menjadi kabar gembira bagi anda yang tidak terlalu tahu cara mencari backlink dan tidak punya uang untuk memakai layanan jasa backlink, karena ternyata dengan rutin update saja anda akan bisa mendapatkan trafik dari Google….

Kecuali untuk yang malas melakukan apapun dan bermimpi bisa sukses tanpa pengorbanan …. Ini jelas kabar buruk untuk mereka…. 😀

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *