Salah satu hal yang bisa membuat website anda menjadi sangat sulit untuk ranking di hasil pencarian Google adalah kegagalan googlebot dalam merayapi website anda. Jadi pastikan website anda bisa dirayapi dengan baik oleh Google sebelum anda melakukan optimasi SEO.

perayapan Google

Untuk memastikan website anda bisa dirayapi oleh Google sangatlah mudah. Anda bisa memanfaatkan fitur URL Inspection yang ada di Search Console.

Anda cukup login ke dalam akun webmaster yang anda miliki; dan masukkan URL yang mau anda cek perayapannya ke dalam kolom yang tersedia; setelah itu tekan enter untuk memulai pemeriksaan.

URL Inspection

Hasil dari analisa akan terlihat seperti di bawah ini….

test live URL

Dari gambar di atas kita bisa melihat ada 2 opsi yang tersedia, yaitu: TEST LIVE URL dan REQUEST INDEXING. Jika anda mau menguji apakah website anda bisa dirayapi, maka silahkan klik TEST LIVE URL. Tunggu beberapa saat sampai hasil pengujian diperoleh. Hasil pengujian akan terlihat seperti di bawah ini….

Sekarang anda bisa melihat di bagian Availability; jika hasilnya adalah URL can be indexed, maka itu berarti website anda tidak bermasalah dalam perayapan. Untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci, silahkan klik panah kecil di samping URL can be indexed tadi. Anda akan mendapatkan dropdown seperti di bawah ini.

perayapan sukses

Tapi kalau tampilannya seperti di bawah ini, maka kemungkinannya website anda mempunyai masalah dalam perayapan Google….

URL tidak bisa dirayapi
Jadi apa saja faktor yang bisa menjadi penyebab Google tidak bisa merayapi atau mengindeks halaman website anda? Berikut ini adalah beberapa penyebab yang cukup umum terjadi:

  1. Website anda diblokir oleh robots.txt atau meta robots
  2. Website anda mempunyai crawl errors tertentu. Silahkan mengecek ini di webmaster tools / search console di bagian CRAWL > CRAWL ERRORS
  3. Jika anda pengguna wordpress harap dicek apakah anda mengaktifkan pengaturan PRIVATE di konten anda. Atau mungkin saja di menu PENGATURAN anda lupa atau tidak sengaja pernah mengatur agar website anda tidak bisa diindeks oleh Google
  4. Situs anda diblokir oleh htaccess
  5. Server anda lambat
  6. Server anda down

Hal-hal di atas ini bisa membuat website anda bermasalah dalam perayapan ataupun pengindeksan yang dilakukan oleh Google.

Jika anda mengalami masalah gagal perayapan ini, maka anda bisa mencoba melakukan proses identifikasi terlebih dahulu. Proses ini bertujuan untuk melihat apakah hanya halaman tertentu saja yang mengalami gagal perayapan, atau semua halaman di dalam website anda tidak bisa dirayapi.

Untuk kasus di mana semua halaman website anda tidak bisa dirayapi, maka kemungkinan masalahnya ada di layanan server yang anda gunakan. Mungkin saja pengelolanya tidak sengaja memblokir robot Google. Anda harus melakukan konsultasi dengan pengelola server jika mengalami masalah ini.

Tapi jika perayapan website anda hanya bermasalah pada halaman-halaman tertentu saja, maka masalahnya mungkin ada pada pengaturan yang tidak sengaja anda lakukan pada privasi, atau robots.txt website anda. Sebaiknya anda memeriksa bagian-bagian ini untuk memperbaiki masalah perayapan Google di website anda.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *