Belakangan ini di grup Facebook blogger Indonesia, ada beberapa teman blogger yang mulai melemparkan pemikiran “Pilih Jadi Blogger atau Youtuber?” Banyak yang berpikiran kalau jadi blogger itu kere dan jadi youtuber itu kaya raya. Jadi di sini kami coba menjelaskan pendapat kami tentang masalah youtuber dan blogger ini….

Belakangan ini gambar Atta Halilintar di bawah ini menjadi viral di dunia IM, di mana ada status yang membandingkan antara Atta dan praktisi IM di facebook. Jadi gambar ini cukup untuk merepresentasikan kesuksesan seorang youtuber.

Youtuber Atta Halilintar

Tapi dari sisi blogger sendiri ada Mas Dian yang pernah muncul dan memamerkan foto tumpukan uang yang trending di internet. Jumlah uang yang diperlihatkan juga tidak sedikit…. dan mas Dian ini hanya satu dari beberapa blogger Indonesia yang bisa menumpuk uang di atas meja seperti ini.

Kalau blogger Internasional tentulah banyak yang kelas penghasilannya lebih besar lagi….

tumpukan uang
JADI LEBIH ENAK BLOGGER ATAU YOUTUBER?

Masalah lebih enak itu setiap orang berbeda bro? Akan ada yang lebih suka jadi blogger dan akan ada yang suka jadi Youtuber. Kenapa bisa seperti itu? Ya karena karakter setiap orang berbeda. Ada yang nyaman dengan popularitas, dan ada yang terganggu dengan itu….

Biasanya, mereka yang serius menulis mempunyai sisi introvert yang lebih dominan dibandingkan dengan mereka yang eksis di depan kamera. Jadi ini lebih seperti kucing dan ikan, ikan akan lebih suka di air, sedangkan kucing akan lebih memilih di darat saja.

Apakah blogger lebih kere? Blogger yang kere itu benar banyak sekali, tapi youtuber yang kere juga benar banyak sekali….

Apakah Blogger Bisa Jadi Youtuber?

Tentu saja bisa. Semua orang bisa jadi apa saja asalkan punya modal yang diperlukan untuk bersaing. Jadi buat teman-teman blogger yang sekarang belum melihat hasil di blog dan mencoba terjun ke dunia youtuber; …. saya kasih beberapa tips untuk memastikan anda siap di dunia baru….

 

1. Miliki Karakter Yang Diperlukan

Dunia youtube adalah dunia yang mementingkan engagement atau interaksi dengan sebanyak-banyaknya user. Jadi anda harus mempunyai konten yang sangat menarik, karena kebanyakan pengguna internet saat ini belum mau menghabiskan kuota mereka memutar video jika dari awal video anda tidak menimbulkan ketertarikan….

Jika anda adalah seorang yang perform atau tampil di depan kamera, maka sebaiknya anda menjadi orang yang sangat interaktif dan mempunyai penampilan yang menarik perhatian. Jika anda introvert dan hanya bergumam saja orang tidak akan bertahan di video anda (kecuali video anda video tutorial dan anda mempunyai satu-satunya konten yang dibutuhkan user).

Lihat gambar Atta Halilintar di bawah ini. Anak muda dengan subscribers youtube terbesar saat ini di Indonesia….

atta halilintar

Penampilan Atta bisa jadi tidak lazim bagi banyak orang, tapi penampilannya ini sangat menarik perhatian mata…. dan tidak semua orang bisa atau mau tampil seperti ini….

Pernah ada fesbuker yang ngomong di grup, padahal kontennya begitu saja. Semua orang juga bisa bikin video seperti itu….

Ini komentar yang sangat kebablasan….

Konten dari Atta memang terlihat ringan, tapi semuanya terkonsep sangat rapi. JANGAN LIHAT PENAMPILANNYA YANG SERBA RAME …. KARENA ANAK MUDA INI BENAR-BENAR SUPER SERIUS.

Atau kalau kalian jadi youtuber bayangan yang hanya menjual vokal saja tapi ngak pernah muncul di gambar, ya setidaknya intonasi dan nada bicara yang dipergunakan harus ringan dan menarik pendengar….

 

2. Miliki Skill Yang Diperlukan

Setidaknya anda harus menguasai video editing untuk membuat tampilan video anda terlihat menarik. Kalau video anda buram, atau resolusi rendah, atau audionya jelek, maka anda akan sangat sulit untuk menaikkan jumlah subscriber.

Saat ini anda bisa melihat channel-channel youtube top di Indonesia rata-rata mempunyai gaya pengeditan yang sudah profesional. Jadi setidaknya anda harus menguasai teknik edit video dan audionya.

 

3. Miliki Kreatifitas

Salah satu masalah yang selalu disebutkan oleh pemilik channel youtube yang populer adalah PENCARIAN IDE. Mereka tiap malam selalu berpikir topik apa lagi yang harus mereka bahas keesokan harinya. Kenapa mereka harus berpikir kreatif setiap malam? Karena kunci dari mempercepat pertambahan subscriber di youtube adalah konsistensi mengupload video (ternyata ngak beda jauh dengan SEO 😀 )

Nah, kalau ada di antara anda yang menjadi tukang copas, maka anda harus berpikir berkali-kali untuk sukses di dunia youtuber ini. Dunia yang satu ini memerlukan kreatifitas yang lebih diasah dibandingkan menjadi seorang blogger….

Kenapa seperti itu? Karena mengedit video itu lebih berat dari mengetik artikel. Jika mengetik artikel saja sudah dirasa sulit, apalagi proses pengambilan gambar, dan proses editingnya.

Kecuali mau yang asal jadi ya silahkan shoot pakai android dan upload seadanya saja…. Tapi ini hanya bisa berhasil kalau anda mempunyai kepribadian yang benar-benar mencolok….

Atau mau pakai teknik video orang dipasangi watermark? Ya silahkan dicoba deh…. 😀

 

4. DISIPLIN

Nah, di atas sudah dibahas bagaimana susahnya mencari ide dan mewujudkannya ke dalam video yang menarik. Masalah selanjutnya adalah “Bisakah anda melakukan itu rutin setiap hari?”

Kalau anda menjadi blogger saja mengeluh sudah tidak tahu mau menulis apalagi hari ini, bisa jadi itu adalah pertanda dunia youtube bukan untuk anda….

Dunia youtube itu menuntut peralatan, kepribadian, skill, kreatifitas, dan kedisiplinan yang lebih besar daripada menjadi seorang blogger. Jika anda gagal menjadi blogger, apa yang membuat anda berpikir bisa lebih sukses menjadi seorang youtuber? Fenomena tiktok?

Tapi kalau anda merasa punya semua hal di atas dan merasa akan lebih produktif di platform Youtube, ya silahkan dihajar Om dan Tante. Maju terus!

Kategori: cari uang online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *