Saat ini ada banyak sekali orang yang membeli nama domain yang expired. Biasanya di antara nama domain yang expired ini ada beberapa yang menjadi premium expired domain. Kenapa bisa premium? Ya karena reputasi yang melekat pada nama domain tersebut dari kepemilikan yang sebelumnya.expired domain

Reputasi ini seperti domain authority, page authority, trust, dan lain-lainnya.

Apakah reputasi yang melekat pada nama domain ini bisa memberikan manfaat untuk kita?

Belakangan ini ada beberapa website yang membeli expired domain yang bertumbuh menjadi website dengan trafik yang besar. Jadi banyak yang beranggapan bahwa itu adalah faktor dari expired domainnya. Sebenarnya ini adalah pandangan yang terlalu menyederhanakan masalah.

Kenapa? Karena bukan hanya cerita sukses saja yang ada di luar sana. Cerita gagalnya juga ada. Jadi tidak selamanya anda akan mendapatkan trafik yang besar jika anda membeli expired domain. Biasanya website yang benar-benar mendapatkan trafik yang besar hingga puluhan ribu atau ratusan ribu per hari adalah website yang memang rutin melakukan postingan artikel.

Berbeda dengan website-website yang justru sepi. Artikelnya memang jarang diupdate, atau artikelnya memang tidak berkualitas.

Tidak ada gunanya anda membeli premium expired domain, jika website anda tidak bisa memenuhi ketiga faktor utama SEO. Untuk anda yang belum tahu apa saja ketiga faktor utama SEO silahkan baca di artikel berikut:

TOP 3 FAKTOR SEO YANG HARUS ANDA PERHATIKAN

Jadi yang menjadi masalah adalah “APAKAH HARUS MEMBELI EXPIRED DOMAIN?”

Tentu saja tidak harus. Expired domain bisa jadi mempunyai backlink yang berkualitas, tetapi berkualitas dalam konteks untuk kontennya pada saat masih aktif. Jika anda mendapatkan website motogp, maka tentu backlink yang masuk ke website tersebut akan penuh dengan kata kunci seputar moto gp.

Lalu apa yang terjadi jika anda mengisi website itu dengan makanan atau fotografi? Ya jelas kata kunci yang masuk menjadi tidak relevan. Backlink yang banyak itu tetap akan bermanfaat memberikan frekuensi perayapan yang baik. Hanya saja tidak akan memberi poin yang besar untuk ranking di kata kunci yang memang tidak relevan.

Kalau saya sendiri harus memilih antara membeli premium expired domain, atau optimasi dari awal. Saya lebih suka optimasi dari awal. Saya bisa mendapatkan backlink yang lebih relevan dengan harga yang lebih murah daripada membeli premium expired domain.

Selain itu untuk menginput ribuan artikel itu memerlukan waktu yang cukup lama, dan waktu yang cukup lama ini sudah lebih dari cukup untuk mengumpulkan Domain Authority yang setara dengan premium expired domain tadi…. Saya lebih suka memakai kelebihan harga premium expired domain untuk membayar orang mengetik artikel untuk website saya.

Tapi, kalau anda tetap mau beli premium expired domain, ya silahkan saja. Mungkin anda punya pertimbangan lain… :v

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *