Salah satu penyakit pemula dalam melakukan optimasi adalah mudah panik jika rankingnya drop. Misalnya dia sudah ranking di peringkat 23 … tiba-tiba besoknya terjun ke ranking 72. Dia langsung panik dan mencari tahu apa yang salah, baca tutorial sana-sini dan sibuk melakukan ini dan itu untuk memperbaiki rankingnya.ranking jatuh

Ini seringkali berujung pada sesuatu yang fatal untuk website tersebut. Jadi, kalau ranking anda terjun bebas, jangan buru-buru panik. Toh panik juga tidak akan memperbaiki ranking anda.Kalau anda panik, anda justru akan melakukan hal-hal yang mungkin membuat Google menyadari bahwa optimasi anda adalah buatan….

Penyebab Ranking Berubah

Hal yang perlu anda pelajari adalah apa penyebab dari jatuhnya ranking tersebut. Ada beberapa hal yang bisa membuat ranking anda berubah, yaitu:

Average Position Belum Maksimal

Kalau anda belum mencapai average position 1 maka ranking anda pasti masih akan berubah. Anda bisa melihat average position untuk masing-masing kata kunci di Search Console. Misalnya Average Position anda adalah 7,2 itu berarti ranking anda kadang-kadang di 5, kadang-kadang di 9, tapi seringkali di 7.

Pergeseran ini adalah sesuatu yang wajar terjadi … jadi tidak ada kesalahan di dalam optimasi anda. Hanya average position 1 yang tidak berubah posisinya, karena nilainya sudah mutlak….

Anda hanya perlu memastikan agar average position anda terus membaik dari waktu ke waktu. Karena itu yang menunjukkan bahwa optimasi anda berhasil

Halaman Kedua dst Biasa Terjun Bebas

Kalau website anda masih ada di halaman kedua, maka terjun bebas itu adalah hal yang biasa. Tapi begitu juga sebaliknya … tiba-tiba saja naik peringkat dalam jumlah hal besar. Biasanya Google melakukan ini untuk mencoba mengorbitkan beberapa halaman yang dirasa relevan ke peringkat-peringkat atas.

Setelah website-website baru ini dicoba dan mendapatkan respon yang cukup baik, maka biasanya akan diturunkan lagi, namun ke posisi yang lebih tinggi dari sebelumnya. Sebaliknya jika ternyata sewaktu diorbitkan respon yang diperoleh tidak begitu baik, maka saat turun akan lebih rendah dari sebelumnya.

Perubahan ini biasa disebut Google Dance atau juga dipengaruhi oleh Google honeymoon dari website baru.

Terkena Penalti

Untuk mengetahui ini biasanya anda bisa melakukan pengecekan pada Search Console. Jika anda mendapatkan penalti, maka biasanya akan ada pesan yang masuk di akun search console anda. Kalau benar website anda mendapatkan penalti, maka anda harus melihat terlebih dahulu, apakah yang terkena hanya halaman-halaman tertentu saja atau keseluruhan website…

Kalau hanya halaman-halaman tertentu saja, maka biasanya anda hanya perlu menghapus halaman tersebut, maka tidak akan ada masalah lebih lanjut. Tapi kalau terkena untuk seluruh nama domain, maka trafik akan lebih cepat pulih jika anda mengangkut semua konten anda ke nama domain baru, dibandingkan anda berusaha memulihan nama domain tersebut.

Hanya saja pada saat anda pindah ke nama domain baru … sebaiknya lebih berhati-hati dalam melakukan optimasi website.

===================

Jadi mudah-mudahan sekarang anda sudah bisa memahami bahwa pada dasarnya fluktuasi ranking itu adalah sesuatu yang biasa saja terjadi di hasil pencarian Google. Jangan terlalu reaktif jika hal itu terjadi. Pemilik website yang panik justru cenderung melakukan hal-hal yang tidak terlihat alami di penilaian algoritma Google, dan akhirnya websitenya malah benar-benar terkena penalti.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *