2 tahun terakhir ini ada banyak sekali website yang mengeluh kehilangan trafik karena update algoritma Google. Tentunya hal ini membuat banyak pemilik website yang menyerah dalam mengembangkan websitenya.Jika anda juga mengalami hal yang serupa, maka mungkin anda bertanya-tanya bagaimana caranya agar website anda bisa kebal terhadap update algoritma?

ranking drop karena algoritma Google Update

Ini adalah pertanyaan yang sulit dijawab, karena dalam update bulan Desember yang lalu ada banyak sekali website yang mempunyai trafik di atas 10 juta per bulan yang terkena dampaknya. Jadi website besar sekalipun tidak kebal terhadap dampak perubahan update algoritma Google.

Jadi yang perlu anda ketahui adalah bagaimana cara untuk beradaptasi setelah perubahan algoritma terjadi. Anda tidak akan bisa melakukan hal ini jika anda tidak melakukan optimasi dasar dengan benar.

Konten Unik dan Berkualitas

Saat ini hal yang paling dasar dalam melakukan optimasi SEO adalah membuat konten yang unik dan berkualitas. Jika anda tidak melakukan ini, maka kemungkinan besar peringkat website anda tidak bisa pulih dari dampak update algoritma Google.

Jadi sekarang anda sudah tahu bahwa membuat konten yang unik dan berkualitas tidak membuat website anda kebal dari update algoritma. Tapi setidaknya anda mempunyai peluang yang besar untuk pulih jika ranking anda drop karena update algoritma Google.

Mengenal Cara Kerja Algoritma Google

Saya tidak akan membahas aspek teknik dari algoritma Google, karena jelas saya tidak tahu bagaimana desain dari algoritma Google. Jadi di sini saya hanya akan memberikan gambaran algoritma secara umum yang digunakan oleh Google.

Algoritma Google tidak lebih dari serangkaian perhitungan yang sangat kompleks yang melibatkan banyak faktor di dalamnya. Ada yang berfungsi linear, ada yang eksponensial, dan ada yang beradaptasi menggunakan kecerdasan buatan.

Yang bisa kita lakukan hanyalah membuat website yang bisa memenuhi tuntutan dari faktor-faktor di dalam algoritma Google ini.

Nilai dari faktor-faktor algoritma Google ini tidak statis. Google selalu merubah nilai faktor-faktor ini dari waktu ke waktu. Bahkan nilai antar niche berbeda satu sama lain. Algoritma yang paling berperan dalam merubah nilai persentase faktor-faktor SEO ini adalah algoritma rankbrain.

Satu-satunya cara untuk pulih dari hantaman algoritma Google adalah menyesuaikan website anda dengan selera terbaru Google.

Cara Menyesuaikan Website Anda Dengan Algoritma Baru

Jangan Panik

Biasanya Google memerlukan waktu sekitar 2 minggu untuk melakukan rolling algoritma baru. Sangat direkomendasikan untuk menjaga laju optimasi anda tetap normal selama 2 minggu ini.

Ada kemungkinannya anda akan melihat website anda kembali naik di hasil pencarian Google dalam kurun waktu 2 minggu ini.

Penurunan peringkat yang sifatnya sementara ini bisa terjadi karena Google melakukan perhitungan ulang untuk semua website yang ada di dalam indeksnya.

Beberapa website bahkan akan mendapatkan ranking yang lebih baik dari sebelumnya. Jangan sampai anda merusak peluang anda untuk mendapatkan ranking yang lebih baik hanya karena anda panik.

Riset Top 10

Setelah menunggu selama 2 minggu dan ternyata website anda tidak kembali ke permukaan, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah meneliti website-website yang ada di TOP 10 hasil pencarian Google yang terbaru.

Anda perlu mencatat bagaimana karakteristik website-website tersebut untuk hal-hal berikut ini:

  • Search Intent (apakah toko online, artikel blog, portal berita, landing page, dll)
  • Panjang artikel
  • Apakah semua konten unik atau masih ada yang duplikat?
  • Jumlah link di dalam halaman (internal dan external)
  • Jumlah halaman terindeks di dalam setiap website
  • Jumlah backlink
  • Profil backlink (Tipe, dan sebaran kata kunci)
  • Usia website
  • Gambar dan media lain yang digunakan
  • Penggunaan external link menuju website apa saja
  • Websitenya ranking menggunakan homepage atau halaman artikel
  • Apakah halaman pertama dipenuhi website korporasi besar (media, startup kesehatan, startup wisata, marketplace, dll)?
  • Apakah ada website individu yang berhasil menembus halaman pertama?

Kurang lebih inilah yang harus anda cek dari website-website penghuni halaman pertama untuk mengenali selera terbaru Google.

Mungkin saja anda akan menemukan bahwa website anda sekarang menghadapi persaingan yang sangat berat. Persaingan yang tidak akan mungkin anda menangkan tanpa kerja keras, tanpa mengeluarkan biaya yang  besar, dan tanpa harus menunggu waktu yang lama.

Jadi riset Top 10 ini bisa membantu anda memahami cara untuk bisa kembali bersaing di halaman pertama; … atau bisa juga membantu anda memahami bahwa persaingan sudah jadi terlalu berat untuk anda.

 

 

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *