Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang juga sering ditanyakan oleh pemula. Kenapa ranking mereka stabil tapi jumlah pengunjung naik turun dengan sangat tidak beraturan?ranking di Google stabilSEO tidak sesederhana itu. Jumlah pengunjung tidak harus berjalan lurus dengan ranking. Ada banyak hal yang mempengaruhi jumlah pengunjung di website anda. Tapi sebelumnya anda harus menyadari satu hal yang sangat penting…

Stabil itu belum tentu stabil

Loh kok? Bagaimana maksudnya? Bagaimana bisa stabil belum tentu stabil?

Pernahkah anda membuka search console dari website anda? Apa yang bisa anda pelajari dari data search console Performance untuk website anda? Sekarang saya perlihatkan salah satu tampilan search console dari seorang klien di bawah ini….

data google search console

Grafik di atas berasal dari kata kunci komersil dengan pencarian yang tidak besar. Jadi untuk pemilik websitenya tentu setiap kunjungan terasa sangat penting; makanya mereka mau jadi ranking 1 di kata kunci tersebut.

Pemiliknya mengaku bahwa ranking mereka stabil di peringkat 4 sampai 6, dan memang data pengecekan di SERP checker memang terlihat seperti itu. Tapi data di search console memperlihatkan kalau ranking bermain dari 5 sampai 21.

Bukankah itu terasa aneh? Stabil di browser anda, dan stabil juga di SERP checker, tapi ternyata data yang anda terima bisa seperti di atas? Kenapa ranking yang ditampilkan ternyata tidak stabil seperti dugaan kita?

Di sisi lain anda bisa melihat bahwa hanya karena peringkat turun bukan berarti klik berkurang. Bisa saja klik yang masuk justru bertambah saat ranking dan penayangan justru berkurang. Jadi ada terlalu banyak faktor yang terlibat di sini.

Faktor Google Dance

Google selalu mengangkat halaman-halaman web baru untuk menguji apakah halaman web baru bisa memperlihatkan sinyal yang lebih baik yang memenuhi keinginan pengguna mereka.

Jadi Google berusaha menjaga posisi ranking tetap stabil untuk masing-masing pengguna, tapi setiap pengguna mendapatkan posisi stabil yang berbeda-beda. Kenapa bisa berbeda-beda untuk setiap pengguna? Baca lebih lanjut …

Faktor Lokasi

Jika anda melakukan pencarian kata kunci lokal seperti Cuci Sofa Jakarta, maka posisi saat anda melakukan pencarian akan sangat menentukan hasil yang anda terima. Pada umumnya kata kunci bisnis saat ini sudah dikaitkan dengan Google My Business. Jadi Google berusaha menghidangkan hasil pencarian dengan alamat terdekat dari posisi anda.

Jadi kalau pemilik website yang berada di Jakarta utara memeriksa hasil pencarian mereka, maka bisa jadi rankingnya cukup tinggi. Soalnya mereka melakukan pengecekan dari dalam kantornya.

Tapi hasil akan berbeda jika orang yang berada di Jakarta Timur yang melakukan pencarian untuk kata kunci tersebut. Bisa jadi ranking website tadi turun berapa peringkat, karena ada website dengan jarak yang lebih dekat yang direkomendasikan oleh Google.

Faktor Riwayat Online

Biasanya orang-orang yang secara konsisten membutuhkan produk atau layanan jasa di suatu niche akan membuka beberapa website yang berbeda yang terkait dengan niche tersebut. Website-website yang mereka buka ini akan meninggalkan riwayat di browser mereka.

Jika di dalam kata kunci yang mereka cari ada link dari website-website yang pernah mereka kunjungi, maka itu akan mempengaruhi peringkat dari website-website tersebut. Jadi bisa saja ada beberapa website yang sebelumnya ada di bawah anda akan ditampilkan di posisi yang lebih tinggi untuk pengguna tersebut.

Jadi itu adalah salah satu alasan kenapa ada banyak orang yang mengiklankan website mereka di social media. Mereka berharap riwayat penjelajahan website mereka tersimpan di banyak browser, sehingga bisa mempengaruhi ranking di hasil pencarian…. Apakah anda sudah pernah memikirkan untuk mengiklankan website anda di social media?

=====

Sampai di sini … apakah anda sudah bisa memahami bahwa ranking website anda tidak selalu stabil seperti perkiraan anda.

Jumlah Pencari Itu Tidak Stabil

Misalnya anda jualan sepeda. Bukankah terlalu aneh jika jumlah orang yang mencari sepeda setiap harinya selalu stabil. Hari ini 1000, besok 1000, lusa 1000, dst? Perilaku manusia tidak seperti itu dan sangat random. Hari ini bisa 1230, besoknya bisa 1564, lusa bisa 459, dll.

Apa saja yang mempengaruhi hal ini?

Faktor rotasi mingguan

Setiap minggu anda akan bisa melihat ada momen di mana jumlah kunjungan naik dan turun. Biasanya ini dipengaruhi faktor hari kerja dan hari libur. Bahkan di dalam satu hari juga akan ada jam ramai dan jam yang kurang ramai untuk website anda.

Faktor bulanan

Jika klien anda kebanyakan pegawai atau orang yang menerima upah, maka puncak trafik anda jelas akan naik di awal bulan dan akhir bulan. Pembelian di website anda akan mengalami kenaikkan pada saat para pegawai menerima gaji mereka.

Faktor musiman/tahunan

Ada beberapa kebutuhan yang berotasi setahun sekali, atau 6 bulan sekali. Sayangnya sebagian besar bisnis seperti ini sedang terkena hantaman pandemi Covid-19, jadi rotasinya agak terhambat saat ini. Jadi kalau anda saat ini berjualan seragam sekolah, paket wisata, dan lain sebagainya; maka mungkin website anda akan sangat sepi walaupun peringkat anda stabil di halaman pertama.

Faktor Trend/Viral

Ini adalah faktor yang tidak jelas kapan munculnya dan kapan perginya. Pandemi Covid-19 membuat beberapa trend yang sebelumnya tidak ada menjadi ada. Sebagai contoh di awal pandemi orang ramai-ramai mencari masker, sudah itu mencari hand sanitizer, dan sekarang ramai-ramai mencari sepeda.

Jadi walaupun peringkat anda stabil, tapi trafik bisa saja mengalami kenaikan yang pesat saat terjadi pergeseran trend….

======

Kesimpulan

Hal-hal inilah yang mempengaruhi jumlah trafik kunjungan di website anda…. Jadi jangan heran kalau tiba-tiba peringkat anda naik 3 peringkat, tapi trafik justru berkurang 30%. Bisa saja saat peringkat anda naik, justru terjadi penurunan drastis di jumlah orang yang melakukan pencarian.

Begitu juga sebaliknya…. saat jumlah pencarian kembali membumbung tinggi, bisa jadi peringkat rata-rata anda malah drop.

Hal itu bukan karena anda sedang sial, tapi pencarian baru biasanya tidak mempunyai riwayat di browser mereka. Sehingga pertambahan pencari baru justru akan menggeser posisi rata-rata anda ke posisi yang lebih rendah.

Atau, pertambahan jumlah pencarian ini juga akan menambah jumlah pengguna yang lokasinya jauh dari wilayah bisnis anda. Hal seperti ini juga bisa menggeser ranking rata-rata dari website anda di hasil pencarian Google.

 

 

 

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *