Tanggal 10 September 2019, Google memperkenalkan aturan baru mereka dalam merespon rel nofollow. Jika dulu Google memperlakukan rel=nofollow sebagai perintah untuk tidak mengikuti, maka sekarang itu hanya menjadi “petunjuk” saja bagi mereka untuk membuat keputusan mengenai spam dan ranking.rek nofollowDaripada berspekulasi, langsung saja saya terjemahkan dari blog resmi Google:

Hari ini, kami mengumumkan dua atribut link baru yang memberikan cara tambahan kepada webmaster untuk mengidentifikasi ke Google Penelusuran sifat link tertentu. Keduanya bersama dengan nofollow, dirangkum di bawah ini:

  • rel = “sponsored”: Gunakan atribut yang SPONSORED untuk mengidentifikasi link di situs Anda sebagai bagian dari iklan, sponsor, atau perjanjian berbayar lainnya.
  • rel = “ugc”: UGC adalah singkatan dari User Generated Content, dan nilai atribut ugc direkomendasikan untuk link di dalam konten yang dibuat pengguna, seperti komentar dan posting forum.
  • rel = “nofollow”: Gunakan atribut ini untuk kasus-kasus di mana Anda ingin menautkan ke suatu halaman tetapi tidak ingin menyiratkan segala jenis dukungan, termasuk meneruskan kredit peringkat ke halaman tersebut.

Saat nofollow diperkenalkan, Google tidak menghitung link apa pun yang ditandai dengan nofollow sebagai sinyal untuk algoritma pencarian kami. Ini sekarang telah berubah. Semua atribut link – sponsored, UGC, dan nofollow – diperlakukan sebagai petunjuk tentang link mana yang perlu dipertimbangkan atau dikecualikan dalam Pencarian. Kami akan menggunakan petunjuk ini – bersama dengan sinyal lain – sebagai cara untuk lebih memahami bagaimana menganalisis dan menggunakan link dengan tepat dalam sistem kami.

Mengapa tidak mengabaikan sepenuhnya link seperti itu sebagaimana halnya dengan nofollow? link berisi informasi berharga yang dapat membantu kami meningkatkan pencarian, seperti bagaimana kata-kata dalam link menggambarkan konten yang mereka tuju. Melihat semua link yang kami temui juga dapat membantu kami lebih memahami pola link tidak wajar. Dengan beralih ke model petunjuk, kami tidak lagi kehilangan informasi penting ini, sambil tetap mengizinkan pemilik situs untuk menunjukkan bahwa beberapa link tidak boleh diberi bobot dukungan pihak pertama.

Kami tahu atribut baru ini akan menghasilkan pertanyaan, jadi inilah FAQ yang kami harap mencakup sebagian besar dari itu.

Apakah saya perlu mengubah nofollows yang ada?

Tidak. Jika saat ini Anda menggunakan nofollow sebagai cara untuk memblokir link sponsor, atau untuk menandakan bahwa Anda tidak menjamin halaman yang Anda tautkan, itu akan terus didukung. Sama sekali tidak perlu mengubah link nofollow yang sudah Anda miliki.

Bisakah saya menggunakan lebih dari satu nilai rel pada link?

Ya, Anda dapat menggunakan lebih dari satu nilai rel pada link. Misalnya, rel = “sponsored ugc” adalah atribut yang benar-benar valid yang mengisyaratkan bahwa link berasal dari konten yang dibuat pengguna dan sponsored. Ini juga berlaku untuk menggunakan nofollow dengan atribut baru – seperti rel = “nofollow ugc” – jika Anda ingin kompatibel dengan layanan yang tidak mendukung atribut baru.

Jika saya menggunakan nofollow untuk iklan atau link sponsor, apakah saya perlu mengubahnya?

Tidak. Anda dapat tetap menggunakan nofollow sebagai metode untuk menandai link tersebut untuk menghindari kemungkinan hukuman skema link. Anda tidak perlu mengubah markup yang ada. Jika Anda memiliki sistem yang menambahkan ini ke link baru, mereka dapat terus melakukannya. Namun, kami menyarankan beralih ke rel = “sponsored” jika atau ketika itu sesuai.

Apakah saya masih perlu menandai iklan atau link sponsor?

Iya. Jika Anda ingin menghindari kemungkinan tindakan skema link, gunakan rel = “sponsored” atau rel = “nofollow” untuk menandai link ini. Kami lebih suka menggunakan “sponsored,” tetapi keduanya akan diperlakukan sama, untuk tujuan ini.

Apa yang terjadi jika saya menggunakan atribut yang salah pada link?

Tidak ada atribut yang salah kecuali dalam hal link sponsor. Jika Anda menandai link UGC atau link non-iklan sebagai “sponsored,” kami akan melihat petunjuk itu tetapi dampaknya kami mungkin tidak menghitung link sebagai kredit untuk halaman yang lain.

Dalam hal ini, itu tidak berbeda dengan status quo dari banyak UGC dan link non-iklan yang sudah ditandai sebagai nofollow.

Ini adalah masalah sebaliknya. link apa pun yang jelas merupakan iklan atau sponsored harus menggunakan “sponsored” atau “nofollow,” seperti dijelaskan di atas. Menggunakan “sponsored” lebih disukai, tetapi “nofollow” juga dapat diterima.

Mengapa saya harus repot menggunakan atribut baru ini?

Menggunakan atribut baru memungkinkan kita untuk memproses link yang lebih baik untuk analisis web. Itu dapat mencakup konten Anda sendiri, jika orang yang menautkan Anda menggunakan atribut ini.

Tidakkah mengubah Nofollow menjadi “petunjuk” akan mendorong link spam dalam komentar dan konten UGC?

Banyak situs yang memungkinkan pihak ketiga untuk berkontribusi pada konten sudah menghalangi link spam dalam berbagai cara, termasuk alat moderasi yang dapat diintegrasikan ke dalam banyak platform blogging dan ulasan manusia. Atribut link “ugc” dan “nofollow” akan terus menjadi pencegah lebih lanjut.

Dalam kebanyakan kasus, pemindahan ke model petunjuk tidak akan mengubah sifat cara kami memperlakukan link tersebut. Kami umumnya akan memperlakukan mereka seperti yang kami lakukan dengan nofollow sebelumnya dan tidak mempertimbangkannya untuk ranking. Kami masih akan terus menilai dengan cermat bagaimana menggunakan link dalam Penelusuran, seperti yang selalu kami lakukan dan seperti yang harus kami lakukan untuk situasi di mana tidak ada atribusi yang disediakan.

Kapan atribut dan perubahan ini mulai berlaku?

Semua atribut link, sponsored, ugc, dan nofollow, sekarang berfungsi hari ini sebagai petunjuk bagi kami untuk menggabungkannya untuk tujuan peringkat. Untuk keperluan perayapan dan pengindeksan, nofollow akan menjadi petunjuk pada 1 Maret 2020.

Mereka yang bergantung pada nofollow semata-mata untuk memblokir halaman agar tidak diindeks (tidak disarankan) harus menggunakan salah satu mekanisme yang jauh lebih kuat yang tercantum pada Pelajari cara memblokir URL dari halaman bantuan Google.

 

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *