Saat ini search console Google sedang menonaktifkan request indexing. Hal ini dilakukan karena fitur ini menambah beban di sisi pengindeksan Google. Sebagai akibatnya ada banyak halaman yang gagal diindex selama periode September – Oktober.

request indexing Google

Tentunya hal ini membuat bingung banyak pemilik website yang selama ini mengandalkan fitur ini. Mereka jadi tidak bisa mempercepat pengindeksan halaman baru atau halaman yang diedit.

Jadi ada banyak sekali orang yang bertanya … “Apakah ada cara untuk mengatasi ini? Atau adakah alternatif yang lainnya?”

Sayangnya tidak ada cara untuk mengatasi masalah ini dan tidak ada alternatif lainnya yang tersedia. Banyak yang memprediksi bahwa Google saat ini sedang mempersiapkan transisi besar-besaran. Jadi mereka sedang mengurangi beban di sistem mereka agar proses transisi ini bisa berjalan lancar.

Banyak yang menduga ini terkait dengan penambahan sistem passage ranking dan sistem layout terbaru. Jadi buat anda yang sedang mengembangkan website; ada baiknya anda mulai mencari informasi tentang sistem terbaru Google ini.

Solusi Index Dari Google

Google tidak memberikan banyak solusi saat ini selain penggunaan sitemap. Sitemap ini yang akan memastikan Google bisa merayapi semua halaman yang ada di dalam website anda. Jika anda tidak memasang sitemap di website anda, maka ada kemungkinan Google akan melewatkan beberapa halaman di dalam website anda.

Penggunaan sitemap ini sangat direkomendasikan untuk website dengan frekuensi update yang tinggi seperti situs berita. Di bulan September dan Oktober 2020; ada banyak website berita yang mengeluhkan halaman-halaman mereka tidak masuk ke dalam index Google.

Hal ini terjadi karena frekuensi update konten yang tinggi membuat halaman tersebut sudah keluar dari halaman homepage atau halaman kategori sebelum dirayapi Google.

Backlink & Frekuensi Update

Sitemap memang berfungsi untuk mencegah ada halaman yang gagal perayapan. Tapi tingkat perayapan yang dilakukan Google di website anda sangat ditentukan oleh jumlah backlink dan frekuensi update.

Jika anda jarang memposting artikel-artikel yang baru, maka frekuensi perayapan ini juga akan lebih lambat.

Frekuensi update dan backlink juga mempunyai dampak yang tergolong besar dalam menaikkan ranking di hasil pencarian Google. Website yang rutin melakukan posting info terbaru di nichenya akan mendapatkan prioritas untuk ranking.

============================

Untuk sementara ini sistem index Google memang sedang bermasalah. Tapi Google memberikan gambaran bahwa sistem request indexing ini masih akan dipertahankan dan diaktifkan kembali nanti. Jadi kita hanya bisa menunggu.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *