Kata kunci adalah sesuatu yang sangat penting dalam optimasi mesin pencari atau search engine. Tujuan utama dari optimasi mesin pencari adalah menguasai kata kunci yang mempunyai pencarian yang terbanyak atau yang paling komersial.

Untuk bisa melakukan ini anda harus mengetahui cara melakukan riset kata kunci yang terbaik untuk SEO website anda.

cara riset kata kunci

Cara melakukan riset kata kunci sebenarnya sangat mudah dan bisa gratis walaupun anda tidak mempunyai akun Google Adwords. Tapi ada beberapa hal di dalam riset kata kunci ini yang perlu anda perhatikan…. Hal-hal tersebut antara lain adalah:

  • Mengukur Persaingan Kata Kunci
  • Strategi Kata Kunci
  • Cara Riset Kata Kunci

 

Mengukur Persaingan Kata Kunci

Pada saat anda melakukan riset kata kunci; hal yang paling penting yang perlu anda perhatikan adalah persaingan dari kata kunci yang anda inginkan. Sayangnya tidak semua orang mengetahui cara mengukur persaingan kata kunci yang ditargetkannya.

menghitung persaingan kata kunci

Untuk bisa menilai persaingan dari sebuah kata kunci; anda harus mempunyai pengetahuan yang lengkap tentang SEO. Karena pada dasarnya; menilai persaingan kata kunci adalah proses menilai seberapa hebat kemampuan optimasi SEO dari pemilik website saingan anda.

Jika ternyata semua pesaing anda tidak menguasai teknik SEO yang benar, maka anda tidak perlu merasa kuatir tentang persaingan kata kunci … seberapa banyak pun pesaing yang ditampilkan oleh Google.

Sedangkan untuk anda yang memerlukan pengetahuan tentang cara menilai persaingan kata kunci secara cepat; … di bawah ini ada beberapa langkah sederhana yang bisa anda praktekkan:

  1. Masukkan kata kunci yang anda inginkan di kolom pencarian Google.
  2. Buka halaman website dari 3 pesaing teratas di kata kunci tersebut, dan setelah ketiga halaman tersebut terbuka lakukan beberapa riset di bawah ini
    1. Kapan nama domain pesaing anda didaftarkan?
    2. Seberapa lengkap isi konten halaman pesaing anda?
    3. Seberapa banyak halaman terindeks dari website pesaing anda di Google?
    4. Seberapa cepat halaman website pesaing anda terbuka pada sebuah perangkat gadget mobile

1.1 Kapan Nama Domain Pesaing Di Daftarkan?

Untuk mengetahui usia dari nama domain pesaing anda, silahkan membaca panduan dari artikel berikut ini: CARA MENGETAHUI USIA NAMA DOMAIN

 

1.2 Seberapa Lengkap Konten Pesaing Anda?

Untuk mengetahui seberapa lengkap isi konten pesaing anda, maka anda harus membaca isi konten dari pesaing anda tersebut. Di era algoritma Google terbaru saat ini sangat penting untuk memiliki artikel yang lengkap dan unik. Jadi kalau pesaing anda mempunyai konten yang panjang dan unik, maka sangat direkomendasikan untuk mengembangkan website yang seperti itu.

 

1.3 Seberapa Banyak Halaman Terindeks Dari Pesaing Anda?

Untuk mengetahui jumlah halaman terindeks dari website pesaing anda caranya sangat mudah. Anda bisa menggunakan pencarian Google dan masukkan site:namadomain ke dalam kolom pencarian. Contohnya: site:https://www.kepointernet.com/ dan anda akan melihat hasil seperti di bawah ini.

hasil pencarian google

 

1.4 Seberapa Cepat Muat Halaman Pesaing

Saat ini Google sangat mengedepankan user experience, jadi website yang bisa dimuat dengan sangat cepat akan menghasilkan user experience yang sangat baik. Kalau pesaing anda mempunyai website dengan waktu muat yang sangat cepat, maka sebaiknya anda juga membuat website dengan waktu muat yang sangat cepat.

Semakin lama website anda dimuat, maka akan semakin banyak pengunjung yang meninggalkan website anda. Hal ini yang akan membuat ranking anda diam di tempat atau malah turun.

Jadi empat hal ini sangat penting anda perhatikan dari pesaing anda saat melakukan riset kata kunci. Jika anda jauh lebih baik dari pesaing anda dalam keempat hal ini, maka optimasi SEO website anda akan mudah. Tapi jika sebaliknya, maka sebaiknya anda melakukan perbaikan-perbaikan untuk mengatasi kelemahan website anda.


 

2. STRATEGI KATA KUNCI

Ada beberapa hal yang harus anda putuskan saat anda melakukan riset kata kunci. Keputusan ini yang akan menentukan seberapa mudah optimasi SEO yang akan anda lakukan … Jadi strategi anda dalam memilih kata kunci ini sangatlah penting. Beberapa hal yang perlu anda putuskan dalam menyusun strategi optimasi anda adalah:

  1. Apa kata kunci utama dari website anda?
  2. Apa saja kata kunci long tail (panjang) yang ingin anda kuasai?
  3. Apakah pencariannya banyak?
  4. Apakah pencarian itu bersifat komersil?
  5. Apakah persaingannya berat?

 

2.1 Kata Kunci Utama

Pada saat anda mengembangkan sebuah website, sebaiknya anda memulai dengan menentukan kata kunci paling utama yang ingin anda menangkan dari website tersebut. Setiap niche bisanya mempunyai beberapa kata kunci utama yang bisa ditargetkan, kecuali websitenya adalah website berita yang sangat tergantung pada trend.

Yang menjadi masalah adalah kata-kata kunci utama ini biasanya mempunyai tingkat persaingan yang berat. Jadi ini sebaiknya anda jadikan target jangka panjang anda. Coba anda set goal untuk memenangkan kata kunci ini dalam 3 bulan sampai 6 bulan ke depan.

 

2.2 Kata Kunci Panjang (Long Tail Keyword)

Mungkin ada di antara anda yang merasa kuatir jika harus mengembangkan kata kunci utama dalam 3 bulan sampai 6 bulan ke depan, apakah itu berarti anda tidak akan melihat trafik ke website anda? Sebenarnya jawabannya adalah IYA. Anda tidak akan melihat pengunjung dalam jumlah yang lumayan sebelum anda memenangkan peringkat 5 besar di hasil pencarian.

Jadi kalau anda mau cepat melihat banyak pengunjung datang ke website anda; sebaiknya anda mulai menargetkan banyak kata kunci panjang. Kata kunci panjang ini biasanya persaingannya rendah jadi lebih mudah untuk dikuasai. Masalahnya adalah jumlah pencarinya sedikit, jadi anda perlu menguasai kata kunci panjang dalam banyak variasi untuk mendapatkan pengunjung yang cukup signifikan.

Perlu anda ingat, semakin banyak kata kunci panjang yang anda kuasai maka akan semakin mudah anda memenangkan kata kunci utama.

 

2.3 Kata kunci yang pencariannya banyak

Perlu anda ketahui bahwa pada umumnya kata kunci utama itu mempunyai jumlah pencarian yang banyak, sedangkan kata kunci turunannya mempunyai pencarian yang lebih sedikit. Tapi ini juga sangat dipengaruhi oleh niche yang anda targetkan.

Ada niche yang tidak begitu populer, sehingga walaupun anda menguasai kata kunci utamanya tidak akan mendatangkan banyak pengunjung ke website anda. Sebaliknya, ada juga niche yang sangat populer sehingga dengan menguasai kata kunci turunannya saja anda sudah bisa mendapatkan trafik yang lumayan banyak.

Jadi pada saat anda melakukan riset kata kunci di niche anda; sangatlah perlu untuk mengurutkan kata kunci tersebut menurut banyaknya jumlah pencarian. Kata-kata kunci yang jumlah pencariannya paling banyak menjadi prioritas utama anda untuk dibuatkan artikelnya. Sedangkan kata kunci yang mempunyai pencarian yang lebih sedikit bisa anda buat belakangan.

 

2.4 Kata Kunci Komersil

Tidak semua kata kunci yang banyak pencariannya itu bersifat full komersil. Banyak kata kunci yang bersifat informasional itu mempunyai banyak pencari, tapi sangat sulit untuk dikonversi menjadi uang.

Misalnya kata kunci CARA REGISTRASI KARTU. Ada ratusan ribu orang yang mencari kata kunci ini setiap bulannya. Tapi kata kunci ini bukanlah kata kunci yang komersil. Memangnya kita bisa jualan apa ke mereka yang sekedar ingin meregistrasi kartu saja?

Biasanya kata kunci informasional seperti ini ditargetkan oleh para pelaku adsense yang sekedar berharap dari trafik yang besar ini akan ada klik iklan yang menjadi penghasilan buat mereka.

Jadi jika anda berniat untuk mendapatkan penghasilan dari aktifitas blogging anda, maka sangat direkomendasikan untuk terlebih dahulu merancang sistem atau strategi menghasilkan uang dari website tersebut sebelum anda melakukan riset kata kunci. Jika anda sudah punya gambaran bagaimana website tersebut akan memberikan penghasilan untuk anda, maka anda akan jauh lebih tertarget dalam memilih kata kunci.

 

2.5 Persaingan Kata Kunci

Cara mengukur persaingan kata kunci sudah disampaikan dalam poin-poin di atas. Jadi kurang lebih anda bisa menilai mana yang merupakan kata kunci persaingan berat dan mana yang ringan. Sangat penting untuk mengerjakan artikel persaingan kata kunci berat anda di awal optimasi SEO, karena artikel kata kunci utama biasanya memerlukan waktu yang lebih lama dan penilaian yang lebih mendalam dari Google.


 

3. CARA MELAKUKAN RISET KATA KUNCI

Untuk melakukan riset kata kunci ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, tapi cara yang paling praktis dan gratis menurut saya adalah menggunakan addon keywords everywhere di browser anda atau bisa juga dengan memakai tools keyword ubersuggest …

3.1 Memasang Addon Keywords Everywhere

Untuk memasang addon keywords everywhere di browser anda  silahkan mengikuti panduan di bawah ini:

  • Kunjungi halaman addon keywords everywhere untuk chrome dan firefox
  • Dalam tutorial ini saya akan menggunakan chrom, jadi klik TAMBAHKAN KE CHROME
    menambahkan keywords everywhere ke chrome
  • Akan muncul pop up untuk mengkonfirmasi pemasangan. Silahkan klik TAMBAHKAN EKSTENSI
    klik tambahkan ekstensi
  • Setelah itu akan muncul layar untuk memasukkan alamat email anda. jadi silahkan masukkan alamat email anda dan centang kolom “I Agree To Terms Of Service & Privacy Policy”
    masukkan alamat email
  • Cek email masuk untuk mendapatkan link menuju halaman API KEY seperti yang ada dalam gambar di bawah ini
    link API KEY
  • Halaman API KEY anda akan terlihat seperti di bawah ini. Silahkan sorot kode angka dan huruf yang menjadi API KEY anda
    kode API KEY
  • Setelah anda meng-copy kode yang anda peroleh, silahkan klik icon keywords everywhere yang ada di bagian atas browser anda
    icon keywords everywhere
  • Akan muncul dropdown. Silahkan klik UPDATE SETTINGS
    update settings
  • Masukkan kode API KEY di kolom yang tersedia dan klik VALIDATE
    Dengan ini pemasangan addon keywords everywhere ke browser anda sudah selesai. Addon ini akan memunculkan jumlah pencarian bulanan dari setiap kata kunci yang anda cari di Google; jika datanya tersedia….Seperti gambar di bawah ini; Keywords everywhere akan menampilkan KATA KUNCI TERKAIT dan kata kunci lainnya yang juga dicari oleh pengguna Google (lengkap dengan data volume pencarian bulanannya), saat anda melakukan pencarian di Google.
    hasil pencarian terkait

 

3.2 Menggunakan Ubersuggest

Ini adalah tool riset kata kunci gratisan yang bisa anda pakai untuk mendapatkan banyak rekomendasi kata kunci. Cara menggunakan tools ini untuk riset kata kunci sangatlah mudah.

  • Kunjungi alamat https://neilpatel.com/ubersuggest/
  • Masukkan kata kunci yang anda inginkan, pilih lokasi/bahasa, dan klik LOOK UP.
    ubersuggest
  • Alat ini akan memberikan anda sederet kata kunci lengkap dengan data volume pencarian bulanan
    daftar kata kunci

Sekedar info, saat anda melakukan riset kata kunci ini anda akan melihat ada kolom data persaingan atau competition. Abaikan saja kolom ini dan lakukan riset persaingan seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Data persaingan yang diberikan tools ini adalah data persaingan di antara para pemasang iklan adwords saja. Jadi tidak memperlihatkan kondisi persaingan sebenarnya di pencarian organik Google.


 

BUAT DATA EXCEL ANDA

Rekomendasi saya adalah anda membuat file excel yang menyimpan hasil riset kata kunci anda. Sebaiknya anda mengorganisir kata kunci pendek, dan panjang. Untuk membantu anda mengingat tingkat persaingan, tingkat pencarian dan tingkat komersil dari semua kata kunci tersebut.

Mudah-mudahan panduan cara riset kata kunci ini bisa membantu anda melakukan mengelola website anda dengan lebih teratur dan lebih tertarget.