Kata kunci adalah sesuatu yang sangat penting dalam optimasi mesin pencari atau search engine. Tujuan utama dari optimasi mesin pencari adalah menguasai kata-kata kunci yang mempunyai jumlah pencarian yang terbesar atau yang paling komersial.

Untuk bisa melakukan ini anda harus mengetahui cara melakukan riset kata kunci. Riset kata kunci adalah aktifitas yang anda lakukan untuk mengumpulkan kata-kata kunci yang terbaik untuk website anda.

cara riset kata kunci

Cara melakukan riset kata kunci sebenarnya sangat mudah dan bisa gratis walaupun anda tidak mempunyai akun Google Adwords. Saat ini sudah ada beberapa tools gratisan yang bisa membantu anda melakukan riset kata kunci yang cukup mendalam.

Jika anda tertarik untuk melakukan riset kata kunci, maka ada 3 aktifitas dasar yang perlu anda lakukan di dalamnya, yaitu:

  • Cara Riset Kata Kunci
  • Cara Mengukur Persaingan Kata Kunci, dan
  • Strategi Penerapan Kata Kunci

 

1. CARA RISET KATA KUNCI

Gunakan Ubersuggest

Sekarang ini addon Keyword Everywhere sudah menjadi addon premium dan memerlukan poin atau kredit di dalam penggunaannya. Jadi browser addon ini sudah tidak akan kami masukkan di dalam panduan ini. Di sini kami hanya akan menjelaskan cara melakukan riset kata kunci dengan menggunakan Ubersuggest.

Ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan riset kata kunci menggunakan Ubersuggest ini, yaitu:

  1. Dengan memasukkan kata kunci dasar, dan
  2. Dengan memasukkan URL Pesaing anda

Adapun tampilan awal dari tool Ubersuggest akan terlihat seperti di bawah ini….

ubersuggest

Memasukkan Kata Kunci Dasar

Jika anda memasukkan KATA KUNCI DASAR, maka Ubersuggest akan memberikan banyak kata kunci turunan dengan jumlah pencariannya. Dalam contoh kasus di bawah ini, saya akan memakai kata kunci dasar MOBIL HONDA.

Jika anda menggunakan menu Keyword Ideas, maka tool Ubersuggest ini akan memberikan banyak rekomendasi kata kunci yang bisa anda pertimbangkan sebagai varian dari kata kunci dasar yang anda masukkan.

Ubersuggest juga akan menampilkan volume dari masing-masing kata kunci. Jadi anda bisa memilih kata kunci yang mempunyai volume pencarian yang terbesar hingga yang terkecil. Biasanya ini akan sangat mempengaruhi tingkat persaingan kata kunci yang anda targetkan.

KEYWORD IDEAS

Memasukkan Nama Domain

Jika anda memasukkan nama domain di awal pencarian, maka alat ini akan memperlihatkan kata-kata kunci apa saja yang sudah dimenangkan oleh nama domain tersebut. Ini akan membantu anda untuk menargetkan kata-kata kunci yang sudah dimenangkan pesaing anda.

Dalam contoh kasus di bawah ini, kami akan memasukkan nama domain dari website JALANTIKUS…. Setelah hasilnya ditampilkan; anda bisa mengklik ORGANIC KEYWORDS untuk melihat kata kunci apa saja yang menjadi andalan dari website jalantikus ini.

ubersuggest 2

Dari data di atas bisa terlihat bahwa website jalantikus.com ini menguasai banyak sekali kata kunci persaingan berat dengan jumlah pencarian jutaan per bulannya.

Walaupun saya menampilkan kata-kata kunci tersebut di artikel ini; hal itu sama sekali tidak akan menjadi masalah bagi jalantikus.com. Bukan hal yang mudah untuk bisa mengejar pencapaian website ini.

=====

Sampai di sini anda sudah mengetahui 2 langkah dasar untuk mengumpulkan ide-ide kata kunci dengan menggunakan tool ubersuggest.

Cari Long Tail Keyword

Ok, jadi sekarang anda sudah mengumpulkan kata kunci anda. Apakah anda akan langsung mengoptimasi kata-kata kunci ini begitu saja? Apakah anda yakin bisa memenangkan kata kunci yang panjangnya 2 kata hingga 4 kata saja?

Jika anda benar-benar seorang pemula, maka itu berarti anda akan memerlukan waktu yang sangat panjang untuk memenangkan kata-kata kunci ini. Anda tidak akan melihat trafik dari Google untuk jangka waktu yang sangat lama sampai website anda bisa masuk ke halaman pertama.

Oleh karena itu kami sangat merekomendasikan agar anda mencoba untuk mengumpulkan long tail keyword sebanyak-banyaknya. Long tail keyword ini biasanya bisa dikuasai dalam waktu yang sangat singkat.

Sayangnya jumlah pencarian long tail keyword memang sangat sedikit. Jadi sebaiknya anda mengoptimasi banyak kata kunci panjang sekaligus. Untuk bisa melakukan ini, biasanya anda harus memposting banyak artikel dalam waktu yang singkat.

Ini memang akan sangat merepotkan. Tapi melakukan update artikel dalam jumlah yang besar ini akan sangat menguntungkan optimasi website anda. Google biasanya akan memberikan poin yang besar untuk website yang aktif melakukan update konten yang unik.

Jadi bagaimana cara untuk mengumpulkan lomg tail keyword ini?

Gunakan Google Auto Complete

Jika anda memasukkan kata kunci pencarian di Google, maka biasanya Google akan memberikan beberapa rekomendasi kata kunci untuk memudahkan anda melakukan pencarian. Fitur ini adalah fitur auto complete dari pencarian Google, jadi anda bisa menggunakan ini untuk melakukan pencarian kata-kata kunci panjang di niche anda.

Google Auto Complete

Perhatikan Search Intent/Tujuan Pencarian

Jika anda merasa bingun dalam mengembangkan variasi long tail keywords ini … anda bisa mencoba untuk mengembangkan kata kunci berdasarkan search intent atau tujuan pencarian.

Adapun pengelompokkan long tail keyword berdasarkan search intent ini bisa kita bagi ke dalam 4 kelompok utama, yaitu:

  1. Informasi,
  2. Navigasi,
  3. Transaksi, dan
  4. Investigasi Komersil

Dengan menggunakan search intent ini, anda bisa lebih mudah membuat variasi kata kunci…. Tapi sebelumnya, anda perlu mengetahui apa saja perbedaan di antara keempat search intent ini….

KATA KUNCI INFORMASI

Kata kunci informasi adalah kata kunci yang ditujukan untuk mencari informasi tertentu. Biasanya kata kunci ini ditandai dengan beberapa bentuk pertanyaan seperti apa, kapan, di mana, siapa, kenapa, bagaimana, berapa, panduan, tutorial, tips, dll.

Namun tidak selamanya kata tanya itu digunakan, seringkali pencari justru memakai bentuk yang lebih pendek…. Misalnya untuk kata kunci “berapa harga mobil honda jazz”, biasanya pengguna Google hanya akan mengetikkan¬† kata kunci “harga mobil honda jazz”.

KATA KUNCI NAVIGASI

Kata kunci navigasi adalah kata kunci yang diketikkan oleh pencari yang ingin menemukan website dari suatu brand tertentu, atau mencari website milik pribadi. Biasanya kata kunci seperti ini bukanlah kata kunci yang bisa anda jadikan target untuk website anda.

Kecuali pemilik brand tersebut tidak melakukan banyak hal untuk menguasai kata kunci brand-nya sendiri. Tapi untuk kata kunci brand yang sudah sangat terkenal seperti bank mandiri, Nikon, Sharp, dan lain sebagainya; Anda benar-benar tidak akan punya kesempatan untuk memenangkan kata kunci seperti ini.

KATA KUNCI TRANSAKSIONAL

Kata kunci transaksional adalah kata kunci yang digunakan oleh orang-orang yang sangat ingin membeli sesuatu. Biasanya di dalam kata kunci ini akan ditemukan kata “jual” ataupun kata “harga”. Ini adalah kata-kata yang biasanya mempunyai persaingan yang sangat tinggi, karena potensi nilai komersialnya sangat besar.

Orang-orang yang datang dengan menggunakan kata kunci transaksional ini biasanya akan sangat mudah untuk dikonversi menjadi pembeli. Jadi siapa saja yang bisa memenangkan kata kunci ini; akan meningkatkan potensi penghasilannya dari internet.

INVESTIGASI KOMERSIL

Kata kunci investigasi komersil adalah kata kunci yang sering digunakan oleh mereka yang ingin membeli sesuatu, namun belum memutuskan merek ataupun tipe apa yang akan dibelinya. Biasanya kata kunci ini akan memuat kata REVIEW ataupun kata TERBAIK. Misalnya: Review HP Vivo V19, atau HP terbaik harga 4 jutaan.

============

Anda bisa menggunakan tips-tips di atas untuk mengembangkan kata kunci panjang atau long tail keyword yang akan dioptimasi di website anda.

Sangat direkomendasikan agar anda mengumpulkan semua kata-kata kunci ini dalam sebuah file excel. Hal ini akan membantu anda untuk mengingat semua kata-kata kunci ini; sehingga optimasi di website anda menjadi lebih terorganisir.

Setelah anda mengumpulkan kata kunci yang anda inginkan; … langkah selanjutnya adalah mengenali tingkat persaingan dari kata-kata kunci tersebut.

2. Mengukur Persaingan Kata Kunci

Pada saat anda melakukan riset kata kunci; hal yang paling penting yang perlu anda perhatikan adalah persaingan dari kata kunci yang anda inginkan. Sayangnya tidak semua orang mengetahui cara mengukur persaingan kata kunci yang ditargetkannya.

menghitung persaingan kata kunci

Untuk bisa menilai persaingan dari sebuah kata kunci; anda harus mempunyai pengetahuan yang lengkap tentang SEO. Kenapa seperti itu? …

Untuk bisa menilai persaingan sebuah kata kunci, anda harus bisa mengenali seberapa baik pesaing anda melakukan optimasi website. Anda tidak akan bisa melakukan itu jika anda tidak paham apapun tentang SEO.

Jika pesaing anda ternyata tidak tahu apapun tentang teknik SEO, maka itu berarti kata kunci yang anda targetkan adalah kata kunci persaingan yang ringan.

Begitu juga sebaliknya, jika pesaing anda mempunyai website yang sangat SEO ready, konten yang berkualitas tinggi, frekuensi update konten yang sangat rutin, dan backlink dalam jumlah yang besar; …. itu berarti anda harus bersiap-siap untuk bekerja keras dalam waktu yang sangat lama untuk memenangkan kata kunci tersebut.

Anda tidak mempunyai pengetahuan SEO?

Jika anda tidak mempunyai pengetahuan SEO yang memadai; … anda bisa menggunakan metode di bawah ini untuk mendapatkan gambaran tingkat persaingan kata kunci yang anda inginkan…

  1. Masukkan kata kunci yang anda inginkan di kolom pencarian Google.
  2. Buka halaman website dari 3 pesaing teratas di kata kunci tersebut, dan setelah ketiga halaman tersebut terbuka lakukan beberapa riset di bawah ini
    1. Kapan nama domain pesaing anda didaftarkan?
    2. Seberapa lengkap isi konten halaman pesaing anda?
    3. Apakah artikelnya unik?
    4. Seberapa banyak halaman terindeks dari website pesaing anda di Google?
    5. Seberapa cepat halaman website pesaing anda terbuka pada sebuah perangkat gadget mobile?
    6. Berapa domain authoritynya?
    7. Berapa jumlah backlinknya?
    8. Bagaimana profil backlinknya?

2.1 Kapan Nama Domain Pesaing Di Daftarkan?

Untuk mengetahui usia dari nama domain pesaing anda, silahkan membaca panduan dari artikel berikut ini: CARA MENGETAHUI USIA NAMA DOMAIN

2.2 Seberapa Lengkap Konten Pesaing Anda?

Untuk mengetahui seberapa lengkap isi konten pesaing anda, maka anda harus membaca isi konten dari pesaing anda tersebut. Dalam algoritma Google yang terbaru; sangat penting untuk memiliki artikel dengan pembahasan yang lengkap.

Jadi walaupun belum ada pesaing yang membuat artikel yang lengkap; sangat direkomendasikan agar anda membuat artikel dengan pembahasan yang selengkap mungkin…. Ini akan membuat website anda lebih mudah untuk ranking, dan juga akan membuat website anda lebih sulit untuk digeser oleh pesaing.

2.3 Apakah Artikelnya Unik?

Google memberi poin yang sangat berbeda antara artikel yang unik dan yang duplikat atau nyaris duplikat (spin). Artikel-artikel duplikat tidak akan banyak membantu anda di persaingan berat walaupun anda punya banyak backlink.

Untuk membantu mengecek apakah pesaing anda menggunakan artikel yang unik atau duplikat; anda bisa menggunakan tools berikut:

https://smallseotools.com/plagiarism-checker/

Anda cukup mengcopy beberapa paragraf dari artikel pesaing anda ke kolom yang disediakan; lalu tekan CHECK PLAGIARISM….

2.4 Seberapa Banyak Halaman Terindeks Dari Pesaing Anda?

Sangat mudah untuk mengetahui jumlah halaman terindeks dari website pesaing. Anda bisa menggunakan pencarian Google dan masukkan site:namadomain ke dalam kolom pencarian. Contohnya: site:https://www.kepointernet.com/ dan anda akan melihat hasil seperti di bawah ini.

hasil pencarian google

 

2.5 Seberapa Cepat Muat Halaman Pesaing

Saat ini Google sangat mengedepankan user experience. Jadi website yang bisa dimuat dengan sangat cepat akan menghasilkan user experience yang sangat baik. Kalau pesaing anda mempunyai website dengan waktu muat yang sangat cepat, maka sebaiknya anda juga membuat website dengan waktu muat yang sangat cepat.

Semakin lama website anda dimuat, maka akan semakin banyak pengunjung yang meninggalkan website anda. Hal ini yang akan membuat ranking anda diam di tempat atau malah turun.

2.6 Berapa Domain Authoritynya

Domain Authority bukanlah metrik dari Google. Ini adalah hasil pengukuran dari moz.com untuk meniru sistem pagerank yang sekarang disembunyikan nilainya oleh Google. Oleh karena ini adalah metrik Moz, maka belum tentu metrik ini menggambarkan kondisi sebenarnya dari penilaian Google.

Penilaian Domain Authority akan melewatkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Penalti
  2. Backlink yang mengalami Devalue/Tidak Dihitung
  3. Backlink yang disangkali saat penalti

Walaupun tidak akurat, namun kita masih bisa menggunakan nilai Domain Authority ini untuk mendapatkan gambaran tentang kondisi suatu website. Semakin tinggi nilai DA sebuah website, maka kemungkinan jumlah backlink yang menuju website tersebut pun semakin besar.

Jadi ini bisa memberikan gambaran seberapa berat persaingan anda nantinya….

Untuk melakukan penilaian ini, maka anda harus selalu memasang addon Mozbar di browser anda… Masukkan kata kunci yang anda targetkan ke Google, dan addon ini akan menampilkan nilai Domain Authority dari semua website yang ada di halaman hasil pencarian Google. (lihat gambar di bawah)

moz domain authority

2.7 Berapa Jumlah Backlink Pesaing Anda

Untuk melihat jumlah backlink pesaing anda, maka anda bisa menggunakan tool https://ahrefs.com/backlink-checker

Di sini anda bisa melihat berapa jumlah backlink yang masuk, dan berapa varian nama domain yang menjadi referral dari backlink yang masuk. Jika anda melihat Domain Authority yang tinggi, namun jumlah backlink yang masuk tidak terlalu banyak, maka itu berarti backlink yang masuk rata-rata berkualitas tinggi.

2.8 Kenali Profil Backlink Yang Masuk Ke Pesaing

Jika anda sudah melihat jumlah backlink yang masuk, maka sekarang anda bisa mencoba untuk membuka sekitar 50 backlink yang masuk ke pesaing anda. Lihat apakah backlink tersebut berasal dari blog comment, forum, PBN, atau bahkan natural backlink yang sangat relevan.

Jika backlink dari pesaing anda sangat relevan, maka itu berarti anda akan menghadapi persaingan yang berat.

Jadi delapan hal ini sangat penting anda perhatikan dari website pesaing anda. Jika website anda jauh lebih baik dari website pesaing untuk kedelapan hal ini, maka optimasi SEO anda bisa berjalan dengan mudah. Tapi jika pesaing anda yang jauh lebih baik, … maka sebaiknya anda bersiap untuk melakukan optimasi yang berat….

 

3. STRATEGI KATA KUNCI

OK … sekarang anda sudah menyelesaikan proses pengumpulan kata kunci dan pengenalan kompetisi. Jadi apa lagi yang bisa anda lakukan di dalam riset kata kunci ini?

Langkah selanjutnya dari riset kata kunci ini adalah membuat perencanaan atau strategi dalam pengembangan website anda. Jika anda tidak melakukan perencanaan ini di awal, maka biasanya anda akan mengerjakan website anda secara serampangan.

Apa saja yang harus anda rencanakan di dalam strategi kata kunci anda ini?

  1. Tentunya anda harus membuat daftar kata kunci PRIORITAS
  2. Menentukan jadwal posting anda
  3. Menentukan tipe konten yang tepat
  4. Menerapkan kata kunci dengan tepat di dalam konten anda

Untuk membantu anda melakukan ini, maka silahkan membaca artikel-artikel di bawah ini:

Menentukan Prioritas Kata Kunci Di Website Anda

Pentingnya Rutin Melakukan Update Artikel Untuk SEO

Membuat Konten Yang Tepat Sesuai Dengan Search Intent

Cara Menggunakan Kata Kunci Di Dalam Konten

Jadi inilah panduan lengkap dalam melakukan riset kata kunci. Riset kata kunci ini merupakan tahapan yang paling sering diabaikan oleh blogger pemula. Akibatnya mereka bekerja serampangan dan tidak melihat hasil sama sekali.

Ingat, senjata rahasia para webmaster yang sukses meraup penghasilan dari websitenya adalah SIKAP DISIPLIN dan KERJA KERAS….¬† Anda akan sangat kesulitan untuk bisa disiplin dalam mengembangkan website anda; jika anda tidak membuat perencanaan dengan matang.