Pada saat anda akan melakukan optimasi SEO untuk Google, maka mendaftarkan website anda di search console Google adalah suatu hal yang harus anda lakukan. Tentunya anda juga harus tahu cara menggunakan search console Google update terbaru di tahun 2020 ini. Karena ada beberapa pembaruan yang dilakukan oleh Google.

search console terbaru

Jadi kali ini kami akan membahas selengkap mungkin cara daftar di search console dan memberikan panduan cara menggunakannya untuk anda.

Alasan Mendaftar Search Console Google

Tentunya anda tidak mau jika optimasi website anda tidak bisa terpantau. Anda tentunya mau mengetahui hal-hal apa saja yang bisa anda tingkatkan, dan hal-hal apa saja yang harus anda hindari jika mau ranking di mesin pencari paling populer ini.

Search console Google akan memberikan anda akses untuk melakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Mengamati performa setiap kata kunci yang sudah anda dapatkan
  2. Mengecek apakah URL anda bisa dirayapi dan mendaftarkan URL yang belum terindeks
  3. Mengamati kesalahan perayapan jika ada
  4. Mendaftarkan peta situs untuk membantu perayapan halaman baru
  5. Menghapus URL yang tidak anda inginkan dari indeks Google
  6. Mengamati kecepatan website anda dari sudut pandang Google
  7. Mengamati performa website anda di gadget mobile
  8. Mengamati fungsi breadcrumbs website anda di hasil pencarian
  9. Mengamati performa markup hasil pencarian
  10. Mendapatkan informasi jika website anda terkena penalti manual
  11. Mendapatkan informasi jika ada masalah keamanan website
  12. Menentukan lokasi target pengunjung anda
  13. Mengetahui aktifitas perayapan Google di website anda
  14. Memantau pesan performa di Google Search Console
  15. Membatasi URL duplikat di indeks Google
  16. Akses ke berbagai kumpulan alat bantu lainnya
  17. Mengamati pertumbuhan backlink dan internal link website anda

Jadi ini adalah hal-hal yang bisa anda lakukan di Google Search Console. Inilah alasan kenapa anda harus tahu cara menggunakan search console yang disediakan oleh Google ini.

Cara Daftar Google Search Console

Tentunya sebelum anda bisa menggunakan Google Search Console anda harus mendaftarkan website anda terlebih dahulu. Cara untuk mendaftarkan website anda sangat mudah. Silahkan mengunjungi URL berikut ini – https://search.google.com/search-console/about?hl=en

Sebelumnya anda harus login menggunakan akun Google yang anda miliki.

Setelah anda login akan ada dua pilihan yang harus anda pilih. Apakah mau mendaftarkan website anda per domain atau per website. Pilihan ini adalah update terbaru yang disediakan Google di tahun 2020 ini. Jika anda memilih untuk daftar per domain, maka semua website di dalam domain dan sub-sub domainnya akan digabung jadi satu. Sedangkan jika anda mendaftar per prefix, maka hanya website yang ada di bawah prefix (subdomain atau direktori) itu saja yang dikelola.

memilih nama domain atau prefix untuk pengelolaan

Karena saya menyukai pengelolaan terpisah untuk setiap website, maka saya memilih URL prefix. Saya masukkan nama domain dan klik CONTINUE

download file HTML untuk verifikasi

Selanjutnya anda akan diminta untuk klik tombol download di mana anda akan mengunduh sebuah file HTML yang akan anda pergunakan untuk verifikasi kepemilikan anda atas website tersebut.

masuk ke cpanel dan file manager

Setelah anda mendownload file tersebut, maka sekarang waktunya untuk mengupload file HTML tadi ke website yang anda daftarkan. Cara yang bisa anda gunakan adalah melalui File Manager di CPanel website anda.

memilih direktori upload file HTML

Terlebih dahulu anda memilih folder PUBLIC HTML atau folder lain jika website anda berada di direktori atau subdomain. Setelah anda memilih folder website anda silahkan klik tautan UPLOAD di bagian atas halaman.

pilih file

Silahkan pilih file yang akan anda upload dengan mengklik SELECT FILE. Cari file yang tadi anda download di folder penyimpanan file-file download di komputer anda. Setelah anda memilih file-nya harap tunggu beberapa saat sampai upload selesai 100%.

Download file HTML untuk verifikasi Search Console

Download file HTML untuk verifikasi Search Console

 

Setelan anda selesai melakukan upload file di hosting anda, maka sekarang anda bisa kembali ke halaman pendaftaran search console tadi dan klik VERIFY untuk melakukan verifikasi kepemilikan.

Verifikasi selesai

Jika verifikasi berhasil, maka anda akan melihat tampilan di atas. Silahkan klik GO TO PROPERTY untuk membuka dasbor search console anda. Tapi anda tidak akan melihat apa-apa di sana. Perlu 3 hari bagi Google Webmaster Tools atau Search Console ini untuk mengumpulkan data sebelum melaporkannya untuk anda.

Cara Menggunakan Search Console

Ok, sekarang anda sudah mendaftar search console. Berarti sekarang waktunya anda untuk belajar cara menggunakan search console ini. Dasbor search console akan terlihat seperti di bawah ini.

tampilan dasbor search console Google

Tampilan dasbor search console Google

Anda bisa lihat di sebelah kiri layar ada sidebar berisi menu-menu yang akan menjadi fungsi dari search console ini. Jadi mari kita lihat satu-satu fungsi dari search console ini dan cara menggunakannya….

URL INSPECTION

Melalui fungsi ini anda bisa mencari tahu apakah URL anda sudah ada di dalam indeks Google dan apakah Google bisa merayapi URL anda tersebut. Untuk menggunakan URL Inspection ini cukup dengan memasukkan URL yang ingin anda periksa ke kolom pencarian yang tersedia di bagian atas halaman search console lalu tekan ENTER.

URL Inspection di Search Console

URL Inspection di Search Console

Jika ternyata URL anda belum terindeks, maka anda akan melihat tampilan di bawah ini. Anda bisa meminta halaman anda segera diindeks oleh Google dengan mengklik Request Indexing.

Meminta pengindeksan di Google Untuk Halaman Baru

Meminta pengindeksan di Google Untuk Halaman Baru

Tunggu sampai permintaaan Index selesai diproses

Tunggu sampai permintaaan Index selesai diproses

Jadi ini adalah salah satu manfaat mendaftar Google Search Console. Anda bisa mengajukan permintaan khusus agar suatu halaman diindeks oleh Google.

PERFORMANCE

Di menu Performance ini anda bisa mengamati bagaimana performa dari website anda untuk setiap kata kunci yang sudah anda dapatkan. Tampilan dari halaman performance adalah seperti ini.

Anda bisa mengamati performa dari website anda

Anda bisa mengamati performa dari website anda

Di menu ini anda bisa mengamati performa dari masing-masing kata kunci…. Anda perlu mencentang Average Position jika anda ingin melihat posisi rata-rata dari setiap kata kunci. Yang dimaksud dengan posisi rata-rata adalah posisi tengah, karena terkadang suatu kata kunci tampil di ranking yang lebih tinggi atau lebih rendah.

Posisi kata kunci

Gambar jumlah klik dan posisi dari masing-masing kata kunci

Tips: Dari performa setiap kata kunci dalam search console di atas; … anda akan bisa menilai mana kata kunci yang belum maksimal, atau sudah hampir maksimal. Anda bisa memilih untuk memaksimalkan kata-kata kunci tersebut berdasarkan jumlah pencarian yang terbesar jika anda ingin cepat melihat trafik.

COVERAGE

Dalam menu COVERAGE anda bisa melihat jika terjadi kesalahan atau error di dalam perayapan. Anda juga bisa melihat berapa jumlah halaman yang diindeks dan juga jumlah halaman yang dirayapi tapi tidak dimasukkan dalam index (karena pengaturan robots.txt). Fungsi ini akan memberitahu anda jika ada masalah dalam perayapan website anda, jadi cek fungsi ini secara berkala minimal sebulan sekali.

Menu Coverage search console

Menu Coverage search console

SITEMAPS

Sitemaps atau peta situs adalah fungsi dari search console di mana anda bisa memasukkan peta situs yang akan dirayapi secara berkala oleh robot Google. Ini akan memastikan semua halaman yang anda posting akan dirayapi oleh Google. Tentunya waktu perayapan itu bergantung dari sistem Google. Hanya karena anda melakukan submit di search console bukan berarti halaman otomatis terindeks.

Masukkan peta situs di search console Google

Masukkan peta situs di search console Google

Jika anda memakai Yoast SEO, maka peta situs website anda bisa anda temukan di menu GENERAL > TAB FEATURES > Klik tanda tanya pada XML SITEMAPS dan klik SEE THE XML SITEMAP.

REMOVALS

Jika ada URL yang ingin anda hilangkan dari hasil pencarian Google, maka ini adalah menu yang bisa anda pergunakan. Anda bisa masuk ke menu REMOVALS dan klik tombol NEW REQUEST. Setelah itu masukkan URL anda dan tentukan apakah anda mau menghapus URL itu saja atau semua URL yang ada di bawah URL tersebut.

Tools Untuk Menghapus URL tertentu dari indeks Google

Tools Untuk Menghapus URL tertentu dari indeks Google

SPEED

Speed adalah fitur di mana anda bisa melihat performa kecepatan website anda dari sudut pandang Google. Ini akan membantu anda mengetahui apakah website anda sudah memenuhi standar kecepatan yang direkomendasikan oleh Google. Jika standar kecepatan ini belum bisa anda penuhi maka kemungkinan anda akan sulit ranking di hasil pencarian mobile.

Tampilan dari halaman SPEED terlihat seperti di bawah ini.

Tampilan Laporan Speed

Tampilan Laporan Speed

Anda bisa mengklik OPEN REPORT jika anda mau melihat tampilan yang lebih detil lagi. Anda bisa melihat laporan di atas yang memperlihatkan semua halaman saat ini dalam kecepatan moderate. Itu berarti masalah kecepatan sepenuhnya ada pada server atau tema yang digunakan dan bukan konten per artikel.

Jadi jika website anda merah untuk semua halaman ada baiknya anda melakukan cek kecepatan server dengan menginstal website sederhana pada server tersebut. Jika ternyata website sederhana tersebut juga lambat, maka itu berarti ada masalah dengan hosting anda. Tapi jika website sederhana itu cepat, maka itu berarti website anda yang sekarang mempunyai tema yang berat.

MOBILE USABILITY

Sekarang ini sangat penting untuk mempunyai website yang mobile friendly. Untuk itu search console sudah menyiapkan laporan mobile usability yang bisa membantu anda mengamati jika ada halaman website anda yang tidak memenuhi standar mobile friendly.

Tampilan Mobile Usability

Tampilan Mobile Usability pda search console

BREADCRUMBS

Website biasanya menampilkan breadcrumbs yang merupakan navigasi atau hirarki di dalam website tersebut. Anda akan bisa melihat breadcrumbs ini ditampilkan di hasil pencarian Google jika anda memakai tema yang mendukung breadcrumbs ini.

Adapun tampilan dari breadcrumbs ini akan terlihat hijau semua jika halaman di dalam website anda valid breadcrumbs.

valid breadcrumbs di search console

Valid breadcrumbs di search console

Contoh tampilan breadcrumbs di mesin pencari Google

Contoh tampilan breadcrumbs di mesin pencari Google

SITELINKS SEARCH BOX

Jika anda memasang markup di website anda dengan tujuan memberikan tampilan yang kaya pada hasil pencarian di Google, maka anda bisa mendapatkan laporan valid tidaknya markup yang anda lakukan dari menu SITELINKS ini.

Semua halaman markup valid di Search Console

Semua halaman markup valid di Search Console

MANUAL ACTIONS

Jika sebuah website melakukan optimasi webspam secara berlebihan, maka biasanya website tersebut akan mendapatkan tindakan manual atau penalti manual dari Google. Jika anda melihat ada beberapa kata kunci anda yang jatuh peringkatnya, maka ini adalah halaman yang paling pertama yang harus anda cek. Jika anda mendapatkan penalti manual, maka ada 3 opsi yang bisa anda lakukan:

  1. Mencari semua backlink spam dan menghapus sebisa anda, setelah itu ajukan peninjauan ulang
  2. Jika penaltinya di halaman tertentu saja, maka anda bisa menghapus halaman tersebut, dan membuat halaman pengganti yang dioptimasi dari awal.
  3. Jika penaltinya seluruh website, maka anda bisa menghapus website anda dari indeks Google. Setelah itu backup semua kontennya dan pindahkan ke website baru. Tentu anda harus mengoptimasi backlink dari awal, namun kali ini lebih cepat karena konten sudah cukup banyak. Ini biasanya lebih cepat pulih daripada bolak balik nego dengan peninjauan ulang.
Tidak ada penalti manual yang terdeteksi

Tidak ada penalti manual yang terdeteksi

SECURITY ISSUES

Google sangat peduli dengan keamanan penggunannya. Jadi mereka akan berusaha mencegah website yang mempunyai masalah keamanan untuk dihidangkan di hasil pencarian. Jika website anda mempunyai security issues atau masalah keamanan, maka anda akan mendapatkannya dari menu ini. Ada beberapa type masalah keamanan yang biasanya ditampilkan di dalam search console ini.

Google security Issues

Google security Issues

Anda harus segera menyelesaikan masalah-masalah keamanan ini dan melaporkan bahwa masalahnya sudah diperbaiki.

LEGACY TOOLS & REPORTS

Di dalam menu legacy tools & reports ini anda akan mendapatkan semua peralatan yang penting yang bisa anda pergunakan untuk melakukan pengaturan atau pengujian pada website anda. Beberapa hal yang bisa anda lakukan pada menu ini antara lain adalah….

MENGATUR TARGET LOKASI PENGUNJUNG

Jika anda menggunakan server luar negeri atau memakai CDN, sedangkan target pengunjung yang anda inginkan berasal dari Indonesia, biasanya anda akan mengalami masalah. Masalah itu terjadi karena Google tidak akan memprioritaskan website anda untuk ranking di Indonesia. Untuk mengatasi masalah ini anda harus menandai lokasi target anda di Indonesia.

Masuk ke menu INTERNATIONAL TARGETING di Search Console anda dan pilih TAB COUNTRY. Pilih negara Indonesia dari kolom yang sudah disediakan.

Memilih target users dari Indonesia

Memilih target users dari Indonesia

MEMANTAU STATISTIK PERAYAPAN

Jika anda mau memantau anda berapa kali website anda dirayapi oleh Google dalam setiap harinya, maka anda bisa membuka laporan di menu CRAWL STATS. Tidak banyak yang bisa anda lakukan di sini selain mendapatkan informasi perayapan di website anda.

Tampilan Statistik Perayapan Google Di Website Anda

Tampilan Statistik Perayapan Google Di Website Anda

MENERIMA LAPORAN PERFORMA

Di menu MESSAGES anda akan mendapatkan laporan performa bulanan dari website anda. Di dalam laporannya anda akan bisa mendapatkan informasi berapa banyak orang yang mengklik website anda, dan halaman mana saja yang memberikan performa terbaik. Dari menu MESSAGES SEARCH CONSOLE ini juga anda akan mendapatkan pemberitahuan jika ada masalah di dalam pengindeksan website anda

Kolom Laporan Search Console Google

Kolom Laporan Search Console Google

URL PARAMETERS

Ini adalah tools yang bisa anda pergunakan untuk membatasi halaman-halaman yang duplikat di dalam website anda. Yang dimaksud dengan halaman-halaman duplikat adalah halaman-halaman yang memuat konten yang sama, namun untuk versi yang berbeda. Misalnya website anda menyediakan tampilan versi print ataupun versi pdf.

Jika anda hanya membuat website biasa saja tanpa berbagai versi tampilan, maka sebaiknya anda mengabaikan menu URL parameters ini.

WEB TOOLS

Ini adalah kumpulan alat webmaster tools yang bisa anda pergunakan untuk melakukan beberapa hal di website anda.

  • Ad Experience Reports untuk melihat laporan iklan yang ditampilkan di website anda, baik itu versi mobile maupun desktop.
  • Abusive Experience menyediakan laporan jika website anda dilaporkan melakukan pelanggaran terhadap ketentuan Google
  • Testing Tools menyediakan 3 peralatan yaitu:
    • Peralatan untuk menguji markup data terstruktur untuk tampilan rich di hasil pencarian
    • Peralatan untuk membantu anda membuat kode markup yang bisa anda masukkan di dalam website anda
    • Peralatan untuk memvalidasi data terstruktur dalam HTML email anda
  • Tools lainnya menyediakan beberapa akses ke peralatan yang cukup umum kita gunakan
    • Google My Business
    • Google Merchant Center
    • Pagespeed Insight
    • Custom Search
    • Google Domain
    • Webmaster Academy
    • Google Ads
    • Google Analytics

Saya tidak akan membahas tools ini di sini, karena akan ada pembahasan untuk masing-masing tools ini nantinya.

LINKS

Ini adalah menu di mana anda bisa mengamati pertumbuhan backlink dan internal link di dalam website anda. Sayangnya sampai saat ini Google belum menyediakan laporan realtime untuk backlink, jadi kita tidak bisa mengetahui dengan pasti apakah angka yang ditampilkan di menu Links ini adalah angka yang sama dengan yang dipergunakan untuk penentuan peringkat.

Jadi jika nanti anda melihat angka di menu LINKS search console anda ini menjadi 0 …. Anda tidak perlu langsung panik, karena biasanya itu tidak akan berpengaruh apapun pada peringkat anda. Itu tidak lebih dari bugs atau perbaikan di dalam sistem laporan search console saja.

Sayang sekali sistem laporan Search Console setelah update terbaru di tahun 2020 ini sudah tidak menyediakan laporan backlink yang terakhir diindeks. Padahal laporan ini yang biasanya kita cek jika terjadi penalti manual untuk membuat perkiraan backlink yang mana yang memicu penalti manual itu.

Penutup

Jadi inilah beberapa fungsi dari search console. Anda bisa menggunakan search console ini untuk melihat performa kata kunci dan menentukan langkah optimasi anda yang selanjutnya. Search console juga akan memberitahukan ke anda jika ada  masalah yang terjadi dengan website anda.

Mudah-mudahan sekarang anda sudah punya gambaran bagaimana cara menggunakan search console ini untuk merencanakan optimasi website ke depannya. Anda sudah tahu di mana harus mengamati pertumbuhan trafik dan kata kunci. Anda juga sudah tahu di mana harus melakukan pengecekan jika performa website anda di hasil pencarian memburuk.

Mudah-mudahan anda bisa sukses dalam melakukan optimasi website dengan bantuan Search Console ini.

 

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *