Jadi sekali lagi perlu ditekankan bahwa sebenarnya tidak ada istilah SEO Off-page Black Hat. Hanya saja istilah ini yang lebih dikenal di dunia internet, jadi kita gunakan saja di dalam artikel ini. Sebenarnya istilah yang benar itu adalah SEO dan WEBSPAM.

seo-offpage-black-hat

Jadi apa yang dimaksud dengan SEO Off-page Black Hat atau Webspam ini?

Sebenarnya ini adalah teknik untuk membuat website kita terkesan mempunyai otoritas di suatu niche dengan melakukan hal-hal yang dilarang mesin pencari seperti Google. Jadi apa saja yang dilarang oleh Google?

Teknik SEO Off-page black hat atau webspam yang dilarang oleh Google:

  1. PBN (Private Blog Networks)
  2. Paid Review
  3. Spam komentar, spam bookmark, spam profil, spam forum, dan spam lainnya di mana anda bisa memasang link menuju website anda.

Google terus saja memperbaiki algoritmanya untuk menangkap website yang melakukan teknik SEO black hat ini. Jadi saat anda mencoba melakukan teknik black hat ini sebaiknya anda melakukannya dengan benar agar terkesan sangat alami.

Apa yang bisa membuat teknik black hat anda terlihat alami di penilaian algoritma Google?

  1. Keacakan nama domain
  2. Keacakan kata kunci
  3. Keacakan IP Server
  4. Berada dalam konteks yang relevan
  5. Menghindari pola (jangan menggunakan software)

Jika anda bisa menjaga profil anda tetap beragam seperti di atas, maka website anda akan baik-baik saja. Tentunya untuk waktu yang tidak bisa ditentukan; karena tidak ada yang tahu kapan Google mengeluarkan update yang benar-benar kompleks yang bisa membedakan mana backlink yang benar-benar diberikan orang lain secara sukarela dan mana yang dipasang sendiri atau dibeli.

Tapi sebelum Google bisa melakukan itu, maka teknik webspam akan terus saja mempunyai penggemarnya. Jadi metode apa saja yang bisa kita lakukan di dalam webspam atau SEO black hat ini? Dan bagaimana cara melakukannya?

PBN (Private Blogs Network)

Ini adalah metode di mana anda menggunakan kekuatan finansial untuk membuat banyak website, dan memposting website-website tersebut, seolah-olah website tersebut mendukung website utama anda. Biasanya anda akan memerlukan puluhan website PBN jika anda ingin ranking di kata kunci berat.

Teknik optimasi SEO Off-page ini harus memperhatikan keberagaman nama domain, keberagaman platform, keberagaman IP web server, dan juga kesinambungan isi konten. Jika anda tidak melakukan ini, maka Google akan mudah mengenali bahwa backlink anda adalah PBN. Atau bisa juga pesaing anda yang mengenali itu dan melaporkan anda ke Google.

PAID REVIEW (REVIEW BERBAYAR)

Ini adalah metode di mana banyak pelaku SEO off-page black hat akan menyiapkan budget yang cukup besar (antara 5 juta sampai 10 juta) untuk membayar website-website yang masih satu niche dengan mereka untuk mereview websitenya.

Besarnya biaya Review sangat tergantung dari reputasi website. Jika website tersebut hanya kebetulan 1 niche tapi bukan merupakan website yang cukup populer, maka anda biasanya cukup membayar Rp.100.000 sampai Rp.150.000 untuk mendapatkan review dari website-website ini. Dengan begini anda bisa mendapatkan hingga 100 backlink yang sangat relevan.

Tapi jika anda menargetkan website yang sudah sangat terkenal, maka biasanya biayanya tidak akan kurang dari Rp.500.000 untuk sekali review. Ini pun jika websitenya tidak begitu fokus pada niche anda. Biasanya website yang sudah besar di niche anda akan melihat anda sebagai pesaing, jadi anda harus mengeluarkan biaya ekstra.

SPAM KOMENTAR, FORUM, DLL

Untuk melakukan ini biasanya anda bisa menggunakan tools LINK EXPLORER yang ada di ahrefs, moz, majestic, ataupun semrush. Kalau anda hanya memakai akun gratisan, maka biasanya akan sangat dibatasi. Jadi anda bisa mengumpulkan saja link-link yang menurut anda bisa ditanami backlink dengan memasukkan URL-URL pesaing anda ke dalam tools di atas.

Setelah anda menemukan website-website yang bisa ditanami backlink, anda bisa mengcopas komentar yang anda anggap spam. Copy komentar ini sepanjang 1-2 kalimat, dan masukkan ke Google dengan diapit tanda kutip.

Contoh: “terima kasih untuk artikel ini. Artikel ini sudah banyak membantu saya dalam menyelesaikan masalah yang saya temui”

Istilah umum untuk kata kunci dalam tanda kutip ini adalah footprint atau jejak. Jadi ini adalah senjata utama bagi para pelaku SEO off-page black hat dalam menemukan website-website yang bisa dipasangkan backlink.

Jangan sampai lupa menggunakan tanda kutip saat mencari di Google ya….

Tanda kutip ini akan membuat Google memperlihatkan halaman-halaman mana saja yang memuat kalimat yang persis sama, yang kemungkinan besar adalah halaman backlink spam yang didapatkan oleh orang tersebut.

SEO Off-page Black Hat Yang Terkuat

Ada banyak yang menanyakan mana teknik SEO off-page black hat atau webspam yang paling kuat saat ini? Menurut saya teknik black hat yang paling kuat saat ini masih PAID REVIEW. Karena dalam mendapatkan backlink anda bisa memilih website-website yang sehat, yang memang satu niche dengan website anda

PBN berada di urutan selanjutnya, karena PBN ini bisa memberikan banyak poin yang relevan. Walaupun frekuensi update biasanya tidak sehat, karena sangat sulit melakukan update konten unik untuk puluhan website. Jadi ini adalah tantangan bagi para pemilik PBN untuk membuat websitenya terlihat alami.

Selanjutnya adalah blog comment, tapi ini harus di halaman yang mempunyai page authority yang tinggi. Selain itu link harus diapit di dalam narasi yang relevan, setidaknya 2 atau 3 kalimat. Jika tidak seperti ini maka blog comment-nya tidak akan memberikan efek yang kuat ke halaman yang dioptimasi

Selanjutnya adalah backlink dari halaman profil, atau halaman forum. Karena walaupun backlink ini berasal dari website dengan DA yang tinggi, biasanya halamannya adalah halaman baru yang mempunyai page authority yang rendah. Khusus backlink dari halaman profil biasanya backlinknya akan kurang kontekstual.

Masih ada beberapa lagi teknik SEO off-page black hat, tapi metode-metode yang paling umum dan paling menghasilkan adalah metode yang sudah dijabarkan di atas.

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *