SEO Off-page adalah semua usaha yang kita lakukan agar halaman website kita bisa ranking di hasil pencarian Google, tanpa mengedit website kita. Jadi singkat kata ini adalah optimasi yang tidak menyentuh halaman-halaman web kita.apa itu seo off-page

Bagaimana Google bisa menilai bahwa halaman website kita berkualitas atau relevan selain menimbang isi dari halaman-halaman web kita? Mudah saja, Google mencari seberapa sering website kita disebutkan atau dijadikan referensi di halaman-halaman website lain yang membahas niche kita. Penyebutan ini biasa kita kenal dengan istilah co-citation, sedangkan referensi halaman ini lebih kita kenal dengan istilah backlink.

Jika website kita sering dijadikan rujukan, maka itu berarti website kita sangat berkualitas untuk niche tersebut. Sekarang masalahnya adalah bagaimana cara kita mendapatkan co-citation dan backlink ini? Nah itulah inti dari optimasi SEO Off-page, untuk mendapatkan co-citation dan backlink yang berkualitas untuk halaman-halaman website kita.

Ada banyak sekali orang yang menyerah melakukan SEO Off-page, karena setelah sekian lama mencoba mereka tidak bisa mendapatkan co-citation dan backlink yang mereka harapkan. Di mana kesalahan mereka saat melakukan optimasi SEO Off-Page ini?

Perlu anda ketahui bahwa ada 2 cara untuk mendapatkan co-citation dan backlink ini, yaitu white hat dan black hat.

 

Apa Itu SEO Off-page White Hat?

SEO off-page white hat artinya anda melakukan hal-hal yang diperbolehkan oleh mesin pencari seperti Google untuk mendapatkan backlink dan co-citation anda. Lalu backlink dan co-citation seperti apa yang disukai oleh Google?

Backlink dan co-citation yang disukai oleh Google, adalah backlink dan co-citation yang diberikan oleh sukarela oleh website lain, tanpa bayaran, tanpa paksaan, dan tanpa tukaran backlink/co-citation. Jadi anda mendapatkannya murni karena konten anda disukai oleh orang lain.

Masalahnya bagaimana caranya membuat konten anda disukai oleh orang lain?

Ada tahapan-tahapan sebelum website anda bisa disukai banyak orang dan mendapatkan backlink secara white hat.

  1. Website anda harus dikenal banyak orang
  2. Website anda harus memberikan solusi atau jawaban yang diperlukan oleh orang-orang tersebut
  3. Website anda konsisten memberikan info terkini terkait apa saja di niche tersebut

 

MEMPROMOSIKAN WEBSITE ANDA

Jadi sekarang anda sudah tahu bahwa misi pertama anda adalah membuat orang mengetahui keberadaan website anda. Langkah-langkah optimasi SEO Off-page apa saja yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan website anda ke market di niche anda?

promosikan website anda di media sosial

Langkah yang paling umum dilakukan oleh orang-orang adalah beriklan di sosial media, atau media massa lainnya. Tujuan dari beriklan ini adalah membiasakan orang-orang dengan brand anda. Untuk iklan facebook, biaya bisa jadi sangat murah jika anda mampu menargetkan market yang sangat spesifik. Biaya iklan bahkan bisa di bawah Rp.10 jika targetnya benar-benar relevan dengan iklan anda.

Itu berarti jika anda mempunyai budget iklan senilai Rp.1.000.000, setidaknya anda bisa mendapatkan 100.000 kunjungan menuju website anda. Tapi itu kalau anda bisa membuat iklan yang relevan. Kalau ternyata iklan anda tidak relevan ya biasanya bisa jadi lebih mahal…

Kalau anda merupakan bisnis lokal, maka anda bisa membuat pamflet, atau brosur yang bisa anda sebar ke rumah-rumah di daerah anda. Jangan lupa untuk memasukkan alamat website anda di dalam pamflet tersebut. Jika anda bisa rutin melakukan ini selama 6 bulan, maka website anda akan mempunyai brand yang kuat untuk niche tersebut.

 

MEMASTIKAN WEBSITE ANDA MEMBERIKAN SOLUSI

Sebelum anda melakukan promosi, anda harus memastikan bahwa konten paling dasar dari website anda sudah siap. Karena jika konten dasarnya belum siap, anda hanya akan membuat kesal orang yang datang ke website anda. Sangat disayangkan jika kita mengeluarkan budget beriklan hanya untuk membuat orang kapok datang ke website kita.

Kalau website anda adalah website informasi, maka anda harus membuat isi konten yang sangat lengkap untuk informasi yang anda tawarkan. Tapi jika website anda adalah website jual beli atau jasa, maka anda harus memastikan bahwa produk anda selalu update dengan permintaan pasar.

Pastikan juga harga produk anda tidak kalah saing dengan penyedia barang sejenis.

Sangat penting untuk memberikan kesan yang baik dan kepuasan untuk pengunjung website anda jika anda ingin optimasi SEO off-page yang dilakukan memberikan hasil yang sepadan.

 

Website Selalu Update

Semakin sering website anda update dan memberikan informasi terkini, maka akan semakin mudah website anda mendapatkan pengunjung reguler. Cara untuk melipatgandakan jumlah kunjungan anda adalah dengan mempertahankan pengunjung lama dan selalu mencari pengunjung baru.

Kalau website anda isinya tidak diupdate, maka tentunya pengunjung akan malas datang mengunjungi website anda.

Hal ini juga berlaku di dunia bisnis online khususnya fashion, karena toko anda akan menjadi langganan dari banyak orang jika selalu ada saja model terbaru yang anda tampilkan.

 

Mencari External Broken Link Website Lain

Jika anda sangat yakin dengan kualitas dari pembahasan anda, maka anda bisa melakukan metode optimasi SEO Off-page ini. Dalam metode ini anda bertujuan mencari website-website yang masih satu niche yang mempunyai broken link di dalamnya. Tujuannya yaitu untuk merekomendasikan website anda sebagai pengganti tautan external yang broken tadi.

Cara melakukan ini sangat sederhana:

  1. Kunjungi https://www.brokenlinkcheck.com/
  2. Masukkan URL website pesaing di kolom yang tersedia dan klik FIND BROKEN LINKS
  3. Masukkan Kode Keamanan
  4. Pilih Report all occurrences of each dead link (may be slower)
  5. Klik Find Broken Links Now
  6. Tunggu beberapa saat sampai tabel hasil ditampilkan….

Silahkan cari di tabel tersebut apakah ada URL yang tidak memakai nama domain dari website tersebut, dan lihat apakah itu adalah referensi eksternal yang broken. Jika Ya, maka anda bisa merekomendasikan website anda sebagai penggantinya. Tapi perlu kami ingatkan sejak awal, jika proses ini bisa sangat lama tanpa hasil yang memuaskan.

SEO off-page black hat saja memerlukan kesabaran, apalagi jika anda berniat melakukan yang white hat …. Jelas itu akan menuntut kesabaran ekstra dari anda.

 

Meminta Review Klien Anda

Jika anda adalah website jasa atau produk, maka anda bisa meminta klien anda untuk mereview layanan anda jika mereka mempunyai website atau blog. Tentunya untuk memudahkan anda melakukan ini anda bisa menawarkan promo, atau memberikan bonus, atau layanan ekstra ke klien anda.

Tentunya ini bisa dikatakan paid review terselubung, tapi Google tidak akan tahu hal seperti itu. Yang jelas backlink itu anda dapatkan karena pelanggan puas dengan layanan anda…

Jadi SEO Off-page itu juga tergantung kreatifitas kita. Tidak ada pakem yang baku harus seperti ini dan itu. Materi SEO off-page ini hanya memberikan masukan untuk dipertimbangkan saja.

 

SEO OFF-PAGE BLACK HAT

Kebalikan dari SEO Off-page white hat; metode black hat adalah metode yang tidak disukai oleh Google. Metode ini adalah cara mendapatkan co-citation dan backlink dengan cara yang tidak alami. Entah itu dengan memasang sendiri backlinknya, atau dengan membayar orang lain untuk memasangnya.

Metode black hat ini biasa juga disebut webspam dan tidak akan dibahas di sini. Soalnya metode SEO Off-page black hat ini mempunyai pembahasan yang cukup panjang sehingga lebih sesuai untuk dibahas tersendiri.

Untuk yang mau membaca SEO Off-page Black Hat silahkan ke artikel berikut:
SEO Off-page Black Hat

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *