SEO On-page adalah sesuatu yang sangat penting di dalam SEO. Website anda bisa sangat sulit untuk ranking di kata kunci persaingan menengah ke atas jika SEO On-page anda tidak maksimal.

SEO On-page untuk website andaJadi bagaimana SEO On-page yang terbaik untuk website anda?

Sebelum anda belajar lebih jauh tentang SEO On-page ini; anda perlu mengetahui bahwa setiap kata kunci menuntut on-page yang berbeda.

Kenapa bisa seperti itu? Karena harapan dan kebutuhan pengunjung untuk setiap kata kunci itu berbeda. Jadi anda harus mencari tahu apa yang paling dibutuhkan oleh pengunjung website anda.

Artikel ini tidak akan membahas lagi tentang faktor-faktor SEO On-page standar. Anda bisa mengunjungi halaman artikel cara optimasi SEO On-page untuk membaca faktor SEO On-page yang standar ini.

Di sini kami hanya akan membahas cara menyesuaikan on-page website anda untuk setiap kata kunci yang anda targetkan.

Lokasi Server

Dari pengalaman kami melakukan optimasi SEO selama 8 tahun ini; website yang dibuat dengan menggunakan hosting luar negeri sangat sulit untuk ranking di hasil pencarian Google dalam negeri. Beberapa tahun lalu tidak sesulit saat ini.

Jadi kemungkinan ada perubahan di dalam Algoritma Google. Atau bisa juga karena jumlah website yang di host di dalam negeri sudah bertambah dengan signifikan, sehingga website yang dihost di luar negeri semakin tidak diprioritaskan.

Anda bisa saja mengatur target lokasi di Search Console untuk menargetkan INDONESIA. Hanya saja dari data kami itu tidak akan banyak membantu. Sebaiknya sejak awal anda menggunakan hosting dalam negeri jika target market anda hanya market dalam negeri Indonesia.

Sesuaikan Search Intent

Pada saat anda baru akan memulai optimasi SEO On-page, anda perlu melihat tipe halaman apa yang memenuhi halaman pertama. Apakah itu blog, toko online, youtube, media berita, atau yang lainnya?

Tipe website yang mendominasi halaman pertama akan memberitahukan anda search intent atau tujuan pencarian dari pengguna Google.

Jika anda membuat website dalam tipe yang keliru, maka itu akan menambah faktor kesulitan website anda untuk ranking.

Jumlah Link

Tipe website biasanya sangat mempengaruhi jumlah link di dalam halaman. Website toko online biasanya mempunyai jumlah link yang lebih banyak dibandingkan artikel blog.

Sebaiknya anda membatasi jumlah link di halaman webste anda jika backlink anda masih sedikit, atau jumlah halaman anda belum terlalu banyak.

Kenapa seperti itu?

Jika backlink anda belum terlalu banyak, itu berarti poin yang masuk masih sedikit.  Jika halaman anda mempunyai banyak sekali link, maka poin akan mengalir keluar dari halaman itu dan hanya sedikit saja yang akan tersisa.

Semakin sedikit otoritas yang tersisa di halaman website yang anda optimasi, maka akan semakin sulit pula halaman tersebut untuk ranking.

Begitu juga jika halaman website anda masih sedikit. Banyaknya link dalam satu halaman akan membuat poin-poin tersebar cukup merata di semua halaman.

Sekilas mungkin ini kedengaran positif. Kalau poin tersebar merata berarti semua halaman bisa ranking kan?

Bukan seperti itu. Semakin merata penyebarannya … berarti poin yang tersisa di halaman utama website anda akan lebih sedikit dari seharusnya.

Halaman-halaman utama di dalam suatu website harus mendapatkan jumlah backlink yang lebih signifikan dari halaman-halaman lain yang ada di dalam website tersebut.

Fitur User Friendly

Jika anda bersaing hanya di search intent blog, maka tidak ada fitur yang perlu anda tambahkan selain kolom pencarian. Namun untuk website toko online ada beberapa fitur filter, ataupun fiter pembayaran yang bisa menjadi penambah poin untuk SEO On-page

Panjang Konten

Panjang konten yang diperlukan untuk setiap kata kunci itu berbeda. Jadi tidak bisa dikatakan panjang konten harus 2000 kata.

Konten itu harus lengkap dan memenuhi kebutuhan pengunjung dan itu saja yang penting.

Anda harus melihat website pesaing untuk mengetahui panjang konten yang tepat untuk website anda. Anda harus mengumpulkan semua konten dari website pesaing anda untuk membuat konten yang paling lengkap.

Konten kualitas rendah akan sangat sulit bersaing di kata kunci yang berat. Anda akan memerlukan backlink yang puluhan kali lebih banyak dari seharusnya jika kualitas konten sangat buruk.

Media

Anda juga harus memperhatikan gambar-gambar dan media lain yang digunakan oleh pesaing anda. Anda akan lebih mudah untuk ranking jika gambar yang anda gunakan itu unik buatan sendiri. Ini adalah salah satu metode SEO on-page yang banyak diabaikan oleh pemilik website.

Keunikan Konten

Dalam banyak bagian d website kepointernet ini kami mengatakan bahwa keunikan konten sangat penting. Namun kondisi itu tidak berlaku 100%.

Ada niche-niche yang tidak bisa menghindari masalah duplikat konten ini. Misalnya website yang memasang lirik lagu atau ayat-ayat kitab suci.

Untuk website seperti ini tidak ada masalah dengan duplikat konten, karena semua pesaing lainnya juga duplikat.

Masalah duplikat konten baru akan terjadi jika ada banyak pesaing anda yang menggunakan artikel yang unik; sedangkan website anda tidak unik sama sekali.

Penyesuaian Terus Menerus

Komposisi on-page ideal yang diterima oleh Google selalu berubah dari waktu ke waktu. Jadi anda harus melakukan pemantauan terus menerus untuk menyesuaikan dengan “selera” terbaru Google.

Sebaiknya anda tidak terlalu cepat panik jika peringkat anda jatuh. Berikan waktu sekitar 2 minggu untuk melihat apakah itu permanen atau hanya sementara saja.

Jika perubahan itu terlihat permanen, maka sangat direkomendasikan untuk melakukan penilaian ulang untuk faktor-faktor SEO On-page dari website yang ranking di halaman pertama.

SEO ON-PAGE itu dinamis jadi komposisi SEO ON-page yang terbaik untuk website anda pun akan terus berubah. Lakukan penilaian dengan seksama sebelum melakukan perubahan apapun. Jangan sampai perubahan yang anda lakukan justru merusak SEO On-page website anda.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *