Cara SEO On-page Google Terbaru Untuk 2019

Di dalam optimasi website kita mengenal 2 bagian utama dari SEO, yaitu SEO on-page dan SEO off-page. Kali ini kita akan khusus membahas tentang SEO on-page.

Kenapa SEO on-page itu penting untuk dipelajari? – SEO on-page sangat penting untuk dipelajari, karena dalam usaha kita untuk mendapatkan rangking di sebuah search engine seperti Google; SEO on-page memegang peranan yang sangat menentukan. Bahkan; saat ini Google memberikan poin yang lebih besar untuk SEO on-page dalam penentuan peringkat. Jadi tidak ada alasan untuk mengabaikan SEO on-page ini jika anda benar-benar ingin mendapatkan rangking di Google.

Apa Itu SEO On-page?

SEO on-page adalah segala sesuatu yang anda lakukan pada website anda yang ditujukan untuk memenangkan rangking di mesin pencari seperti Google. Pengetahuan SEO onpage ini mencakup banyak hal yang bersifat teknis. Jadi jika anda bukan seseorang yang menguasai bahasa html, maka mungkin anda akan memerlukan bantuan dalam mengerjakan SEO on-page ini.

Adapun yang akan kita bahas di dalam materi SEO on-page ini antara lain adalah:

  1. Judul dan meta deskripsi
  2. On-page Google Trust Rank
  3. URL
  4. Rel canonical
  5. Internal link dan external link
  6. Sistem heading
  7. Isi konten
  8. Aneka Media
  9. Mobile friendly
  10. Frekuensi update
  11. Tata letak elemen halaman
  12. Tentang Penulis
  13. Kecepatan Website

Semua materi ini harus dipelajari dengan seksama agar anda mendapatkan hasil yang maksimal untuk website anda. Saya akan mencoba untuk menjelaskan materi SEO on-page ini dengan sesederhana mungkin; sehingga teman-teman yang masih pemula bisa lebih memahami.

Jadi langsung saja kita bahas satu per satu poin dari faktor-faktor SEO on-page ini.

JUDUL DAN META DESKRIPSI

Judul adalah elemen SEO on-page yang paling penting. Banyak sekali pemula yang melakukan kesalahan mendasar pada saat membuat judul, yaitu dengan tidak memasukkan kata kunci ke dalam judul. Jika anda menargetkan suatu kata kunci, maka langkah awal anda dalam melakukan SEO on-page adalah dengan memasukkan kata kunci tersebut ke dalam judul.

Peletakan di dalam judul pun sebaiknya pada tiga kata pertama. Semakin jauh kata kunci anda letakkan di bagian belakang judul, maka akan semakin berkurang prioritas kata kunci tersebut. Hal lain yang perlu anda perhatikan pada saat membuat judul adalah jumlah kata. Jangan sampai anda membuat judul yang terlalu panjang. Usahakan judul yang anda gunakan tidak melebihi 7 kata.

Perhatikan gambar dibawah ini. Gambar dibawah ini adalah gambar dari hasil pencarian menggunakan Google. Di setiap hasil pencarian ada link berwarna biru dan itu pada umumnya adalah judul dari halaman tersebut. Jarang sekali kita menemukan judul yang berwarna biru ini tidak memuat kata kunci. Jadi pastikan untuk melakukan ini di dalam optimasi SEO on-page website anda.

hasil pencarian Google

Setelah anda membuat judul yang memuat kata kunci utama, maka sekarang waktunya anda membuat meta deskripsi yang memuat kata-kata kunci pembantu.

Pada saat anda membuat meta deskripsi usahakan meta deskripsi tersebut berisi kata-kata yang sangat erat kaitannya dengan kata kunci utama. Hal itu akan sangat membantu pada saat anda menargetkan kata-kata kunci panjang.

Sebagai contoh…

Di salah satu halaman web digunakan judul “Jasa pembuatan website murah”, dan untuk meta deskripsi-nya digunakan “layanan pembuatan website toko online, profil perusahaan, wallpaper, blog, dll dengan harga terjangkau dan berkualitas”.

Dengan menggunakan kombinasi judul dan meta deskripsi seperti ini untuk optimasi SEO On-page … kita bisa menargetkan kata kunci pendek seperti “jasa website” sekaligus menargetkan kata kunci panjang seperti “jasa pembuatan website toko online murah”. Jadi kombinasi ini akan memberikan kita banyak sekali varian kata kunci panjang dan pendek yang bisa dimenangkan.

Salah satu yang perlu anda ingat adalah setiap halaman di dalam website anda harus menggunakan judul yang berbeda. Jika tidak, maka akan terjadi duplikat title yang bisa membuat Google keliru menentukan halaman yang anda inginkan untuk masuk indeks. Ini adalah kesalahan SEO on-page yang akan sangat merugikan jika anda melakukan optimasi backlink nantinya.

Tapi duplikat title ini tidak masalah jika terjadi pada halaman yang terdiri dari beberapa seri halaman. Misalnya halaman index homepage biasanya mempunyai sub halaman 2, 3, 4, dst. Halaman yang menggunakan pagination seperti ini tidak masalah jika terjadi duplikat title.

Jadi jika anda ingin membahas suatu artikel yang judulnya hampir sama, maka coba pertimbangkan untuk membahasnya dalam 1 artikel saja. Jangan membuat artikel yang baru, hanya karena ada perubahan yang terjadi pada artikel yang lama. Sebaiknya anda lakukan saja pengeditan pada artikel yang lama untuk membuatnya lebih update.

Pada umumnya tema-tema wordpress sudah cukup SEO ready untuk judul dan meta deskripsi ini. Jadi saat ini anda mempunyai banyak pilihan tema yang sudah tidak memerlukan pengeditan lagi. Kalaupun diperlukan penyesuaian, biasanya plugin SEO seperti Yoast sudah sangat memadai untuk memperbaiki SEO On-page website anda.

Begitu juga di blogspot, sudah ada banyak sekali pilihan tema yang cukup SEO ready. Anda bisa melakukan googling untuk menemukan tema-tema SEO ready ini….

Terakhir, Google tidak menyukai judul yang lebay. Jadi bedakan saat anda membuat judul untuk konten yang viral dengan judul untuk optimasi website. Judul harus deskriptif apa adanya saja. Jangan buat judul seperti ini “Astaga Motor Yamaha terbaru ini punya banyak fitur luar biasa… Nomor 6 Aneh Banget!”. Judul untuk SEO harus sederhana, misalnya: “Fitur Motor Yamaha Terbaru Sangat Diminati”

ON-PAGE GOOGLE TRUST RANK

Trust rank adalah faktor-faktor yang bisa mempengaruhi seberapa besar kepercayaan atau TRUST dari Google ke website anda. Jika anda melalukan optimasi on-page untuk trust rank ini, maka website anda akan lebih mudah untuk ranking.

Berikut ini adalah tips yang bisa anda lakukan untuk menaikkan TRUST RANK anda di Google:

  1. Beli nama domain anda untuk jangka waktu lebih dari 2 tahun
  2. Jangan gunakan whois protection
  3. Buatlah halaman Contact Us atau Hubungi kami dengan data yang persis sama dengan data whois anda
  4. Buat halaman Tentang Kami, Privacy Policy, dan Terms of Services jika diperlukan
Jadi TRUST ini berbicara tentang kesan pertama Google saat melihat website anda. Jika website anda memakai nama domain yang diregistrasi singkat, atau bahkan subdomain gratisan, maka hal seperti itu bisa mengurangi trust yang didapatkan website anda. Ini juga sekalian menjadi bahan pertimbangan untuk anda yang mau berbisnis online atau membuat website tentang kesehatan/keuangan … JANGAN PAKAI BLOGSPOT atau blog gratisan lainnya.

Saat anda melakukan optimasi SEO On-page, anda juga harus memperhatikan bagaimana bentuk URL yang dipergunakan, apakah URL ini bisa membantu optimasi website anda atau tidak. Mungkin ada beberapa dari anda yang bingung apakah Google memperhatikan hal-hal seperti URL ini?

Google juga mempertimbangkan kata-kata yang berada di dalam URL untuk memutuskan apa isi utama dari konten halaman tersebut. Walaupun porsi URL ini dalam penilaian ranking tidak berpengaruh besar, tapi jika anda bermain di kata kunci persaingan berat ada baiknya anda mempertimbangkan hal ini.

Google sendiri mengklaim bahwa mereka bisa merayapi URL dinamis dan statis dengan sama baiknya. Jadi tidak ada masalah perayapan jika anda memakai URL dinamis seperti di bawah ini….

https://www.mydomain.com/story.php?id=2144752162511615

Hanya saja praktisi SEO melihat bahwa penggunaan static URL bisa memberikan keuntungan dalam optimasi website anda. Jadi penggunaan URL seperti di bawah ini bisa menguntungkan anda….

https://www.mydomain.com/resep-kue-kering/

Dalam hal pembuatan URL ini, sangat direkomendasikan anda menggunakan file name yang pendek saja seperti yang ada dalam contoh di bawah ini. Soalnya file name yang panjang biasanya bersifat spam….

File name pendek:
https://www.mydomain.com/asuransi-jiwa
 
File name panjang:
https://www.mydomain.com/jasa-asuransi-jiwa-terbaik-indonesia-polis-murah-jangka-panjang

Jadi sangat direkomendasikan anda menerapkan pratek penggunaan URL ini dalam optimasi SEO On-page anda. Hal ini juga dikatakan sangat baik untuk user experience menurut pernyataan Matt Cutts dari Google, karena selain tidak berkesan spam ini juga mudah diingat oleh pengguna yang sering mampir ke halaman anda.

rel="canonical"

Ini bukanlah sesuatu yang wajib terlibat di dalam proses SEO On-page anda. Hanya saja anda perlu mengenal rel=”canonical” ini; siapa tahu nanti anda memerlukannya. Rel=”canonical” adalah sebuah perintah yang digunakan untuk menghindari duplikat konten.

Jadi kalau anda mempunyai beberapa konten yang sangat mirip isinya, dan Google salah mengindeks halaman yang tidak anda inginkan, maka ini adalah solusinya.

google salah indeks halaman

Sebagai contoh, anda mempunyai halaman produk seperti di bawah ini:

  • https://www.kioscantikbanget.com/lotion-herbal-pemutih-kulit , dan juga
  • https://www.kioscantikbanget.com/lotion/pemutih-kulit

Kedua produk ini sama, dan Google memilih URL kedua untuk masuk di indeksnya, sedangkan anda menginginkan Google mengindeks URL yang pertama yang lebih pendek path-nya. Maka anda perlu memasang link canonical dari halaman non-canonical. Anda harus memasang ini di bagian <head> dari halaman.

Adapun bentuk link tersebut menurut contoh di atas adalah:

<link rel="canonical" href="https://www.kioscantikbanget.com/lotion-vaseline" />

Itu saja yang perlu anda lakukan, dan masalah kesalahan indeks yang dilakukan Google akan diperbaiki.

Internal Link & External Link

Salah satu faktor yang sangat penting untuk diperhatikan saat anda melakukan SEO On-page adalah link masuk dan link keluar dari halaman website anda. SEO on-page sangat dipengaruhi oleh link, karena link ini yang mengatur penyebaran poin yang masuk ke website tersebut.

Adapun link-link ini terbagi menjadi 2 jenis link, yaitu:

  • Internal link (link antar halaman dalam website anda)
  • External link (link menuju website lain)

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat anda memasang link di website anda, yaitu:

  1. Semakin di atas posisi link, maka akan semakin besar poin yang didapatkan
  2. Semakin banyak link menuju suatu halaman di dalam website, maka halaman tersebut akan dianggap semakin penting di dalam website tersebut.

Jadi berikut ini adalah beberapa praktek untuk internal link yang sebaiknya anda lakukan:

  • Pasang link menuju halaman penting di website anda pada menu header atau setidaknya pada sidebar
  • Pasang internal link yang sangat relevan di dalam artikel anda
  • Jangan gunakan rel=”nofollow” di dalam internal link website anda, karena akan membuat banyak poin anda “hangus”
  • Jangan memasang internal link dengan anchor text kata kunci yang anda inginkan untuk ranking di halaman tersebut. Misalnya: Anda ingin halaman A ranking untuk kata kunci “cara membuat website”. Jangan memasang link di halaman A dengan memakai anchor text “cara membuat website”. Hal itu akan membuat Google berpikir bahwa halaman A menyerahkan authority-nya ke halaman lain untuk kata kunci tersebut.

Untuk External link, sebaiknya dibatasi jumlahnya. Kalau tidak benar-benar perlu jangan digunakan. Hindari external link pada bagian header karena kebocoran poinnya akan sangat besar. Bahkan sebaiknya dihindari juga di sidebar dan footer, karena semuanya ini adalah elemen yang sitewide (ditampilkan di semua halaman).

Bahkan untuk di awal optimasi sebaiknya anda tidak memasang link keluar menuju sosial media. Pastikan semua link external anda berkualitas tinggi. Jangan sampai anda memasang link ke bad sites. Hal itu akan membuat website anda terkena efek yang merugikan.

Usahakan jumlah link sitewide ini tidak terlalu banyak. Ada website yang memasang lebih dari 200 link secara sitewide (muncul di semua halaman pada bagian header atau sidebar). Jadi dari lebih 200 link ini saja sudah menambah sekitar 500 kata yang duplikat di semua halaman. Ini saja sudah akan sangat merusak kepadatan kata kunci utama di setiap halaman.

Inilah alasan link yang bersifat sitewide harus dibatasi. Link sitewide sebaiknya hanya menampilkan kategori, artikel terbaru, dan artikel terpenting saja.

    Sistem Penajukan (Heading)

    Salah satu fakta yang tidak terbantahkan setelah update Algoritma Google yang terbaru adalah semakin sulitnya blog atau website jualan obat untuk ranking. Hal itu dikarenakan website atau blog jualan obat tergolong situs YMYL (Your Money or Your Life). Google sangat berhati-hati dalam memberikan rujukan halaman ke penggunanya untuk hal-hal yang menyangkut kesehatan dan pengelolaan keuangan.

    Saat ini semakin banyak website jualan yang mengadaptasi gaya blog supaya halaman mereka masih bisa ranking. Jadi banyak website yang mengganti tema toko online mereka dengan tema blog biasa, dan mulai membuat tulisan tips-tips yang panjang. Dan ternyata cara ini cukup berhasil.

    Untuk bisa membuat tulisan seperti blog profesional, anda harus membuat artikel tersebut dalam sistem penajukan atau heading. Sebuah artikel harus dipecah ke dalam beberapa poin pembahasan dan sub pembahasan. Usahakan beberapa heading mengandung kata kunci utama yang anda targetkan.

    heading dalam artikel

    Jalur cerita yang rapi ini akan memberikan anda poin ekstra di dalam optimasi SEO on-page website anda. Jadi kalau bisa anda sangat memperhatikan masalah heading atau penajukan ini dengan mengikuti panduan berikut:

    • Gunakan heading H1 untuk judul halaman
    • Gunakan heading h2 untuk poin pembahasan
    • Gunakan heading h3 untuk poin sub pembahasan dan Judul Widget

    Optimasi Konten Artikel

    Saat ini konten berperan sangat penting dalam penentuan peringkat. Jadi ini termasuk tahapan yang sangat penting dalam SEO on-page. Jika anda tidak melakukan optimasi konten ini lebih baik dari pesaing anda, maka anda akan sulit memenangkan peringkat yang tinggi di kata kunci tersebut.

    Salah satu website yang sangat sesuai anda jadikan patokan dalam hal konten yang sangat berkualitas adalah wikipedia. Di website wikipedia, penjelasannya sangat lengkap dan juga dilengkapi dengan internal link yang banyak dan gambar yang sangat mendukung.

    SEO on-page dari wikipedia

    Beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat melakukan optimasi SEO on-page untuk konten artikel anda:

    • Usahakan kata kunci ada di 100 kata pertama
    • Usahakan kepadatan kata kunci tidak kurang dari 2% dan tidak lebih dari 7%
    • Usahakan konten anda terstruktur dengan baik, dan lengkap
    • Gunakan gambar dan media lainnya di dalam konten anda untuk memberikan ilustrasi yang tepat
    • Gunakan internal link di dalam artikel anda jika ada artikel lainnya yang benar-benar relevan
    • Gunakan istilah-istilah yang sangat terkait dengan kata kunci di dalam artikel (Biasa disebut Latent Semantic Index)
    • Buat konten yang panjang (di atas 1500 kata) jika anda mampu…
    • Usahakan pengunjung betah di halaman anda dengan membuat tulisan yang berkualitas dan desain yang nyaman di mata

    Sebagai pelengkap, anda juga perlu mengetahui bahwa rutin melakukan update juga akan sangat bagus untuk reputasi website anda. Jika anda bisa mempertahankan frekuensi update anda dalam beberapa bulan, maka ke depannya website anda akan sangat mudah menguasai beberapa kata kunci.

    Google sendiri memberikan beberapa contoh halaman dengan kualitas tertinggi dalam penilaian mereka. Halaman-halaman ini diberikan dalam bentuk screenshot yang ada dalam URL di bawah ini. Sorry tidak live link. Silahkan copas URL di bawah ini ke browser internet anda:

    Contoh halaman berita: https://static.googleusercontent.com/media/www.google.com/en//insidesearch/howsearchworks/assets/GG/news-last-diplomat-m.jpg

    Contoh halaman informasi: https://static.googleusercontent.com/media/www.google.com/en//insidesearch/howsearchworks/assets/GG/snopes-article-m.jpg

    Contoh halaman Tips dan Tutorial: https://static.googleusercontent.com/media/www.google.com/en//insidesearch/howsearchworks/assets/GG/PQ_ExcelTips.jpg

      Aneka Media

      Saat anda membuat sebuah halaman website mungkin anda sering menggunakan aneka media di dalam postingan anda. File media ini bisa seperti file audio, gambar, atau bahkan video. Apakah ada hal-hal yang perlu anda perhatikan terkait masalah media yang beragam ini?

      masukkan media gambar dan video ke dalam halaman web

      Ya, dari pengamatan banyak website yang ranking, maka rata-rata website yang ranking mempunyai cukup gambar ilustrasi untuk menjadi variasi bagi pembacanya. Yang menjadi masalah adalah banyak orang yang memasukkan gambar ke dalam website mereka secara serampangan.

      Tidak jarang gambar justru menjadi titik kerugian di dalam optimasi karena ukuran gambar yang terlalu besar dengan file yang berat membuat halaman sangat berat untuk dibuka. Jadi saat anda membuat website sangat penting untuk memastikan kalau gambar itu mempunyai dimensi yang tepat dan ukuran yang sekecil mungkin.

      Sangat penting juga untuk memastikan anda menggunakan alt tag saat memasukkan gambar ke dalam artikel anda. Alt tag adalah informasi yang disediakan untuk mesin pencari agar mesin pencari bisa lebih memahami apa isi gambar yang kita masukkan.

      Jadi secara sederhananya optimasi SEO On-page akan merekomendasikan anda memasang gambar, tapi dalam jumlah yang seperlunya, dimensi yang tepat dan ukuran file yang kecil. Jika anda tidak tahu cara mengecilkan file gambar anda, maka anda bisa menggunakan tool dari http://compressimage.toolur.com/

      Media lain yang mungkin perlu anda masukkan adalah video. Hal yang paling umum dilakukan oleh pemilik website saat ini adalah menempelkan video dari youtube. Saat anda memasang video dari youtube anda harus membatasi jumlah video tersebut, karena setiap video akan menambah jumlah request dari halaman web anda. Ini bisa membuat halaman web anda menjadi sedikit lebih lambat.

      Mobile Friendly

      Saat ini jumlah orang yang mengakses Google menggunakan perangkat mobile sudah melebih pengguna desktop. Oleh karena itu Google memberikan perhatian khusus pada penggunanya yang memakai perangkat mobile. Hal inilah yang membuat istilah mobile friendly muncul ke permukaan.

      Apa yang dimaksud dengan website yang mobile friendly? Website yang mobile friendly adalah website yang mudah digunakan di perangkat mobile. Jadi biasanya website seperti ini mempunyai ciri-ciri lebar yang sesuai lebar layar, dan elemen yang ringan dan cepat dimuat.

      Ada dua cara yang bisa anda pakai untuk mencapai kondisi mobile friendly ini. Anda bisa membuat website yang desainnya responsif, atau anda bisa membuat website AMP. Jika tujuan utama anda adalah untuk kecepatan maka pilihlah AMP. Begitu juga jika website anda adalah website berita dan anda sangat ingin tampil di carrousel hasil pencarian mobile, maka gunakanlah AMP.

      tampilan mobile friendly

      Anda bisa membuat website AMP ini dengan memakai plugin, atau dengan mengedit sendiri website anda. Tentunya bagi orang awam, akan lebih mudah jika menggunakan plugin saja.

      Masalahnya anda belum tentu akan mendapatkan tampilan yang anda inginkan. Bisa saja menunya tidak ditampilkan, atau ada widget lainnya yang hilang, atau masalah lainnya. Banyak sekali kasus di mana orang memakai plugin AMP malah membuat pengunjung mendapatkan user experience yang lebih buruk.

      Sebagai contoh, dari halaman stone temple di atas. Ternyata  penggunaan plugin AMP justru membuat logo dan menu hilang dari halaman. Pada website lain, bisa saja beberapa fungsi yang memudahkan pengunjung malah dihilangkan. Makanya banyak pemilik website yang mendesain sendiri halaman-halaman AMP mereka.

      Jika website anda bukan website berita, dan anda baru mulai belajar SEO jadi kemungkinan tidak punya kemampuan untuk mengedit halaman AMP anda sendiri. Saya lebih merekomendasikan anda menggunakan desain responsif saja. Tapi pastikan dalam website anda tidak ada gambar yang ukurannya terlalu besar atau elemen eksternal yang responnya terlalu lambat.

      Jika anda mau mengecek apakah website anda sudah mobile friendly, silahkan mengunjungi halaman tes Google di bawah ini….

      https://search.google.com/test/mobile-friendly

      FREKUENSI UPDATE

      Pada saat anda berharap website anda bisa ranking untuk suatu kata kunci yang berat, maka seringkali website anda akan dituntut menjadi yang terbaik dan terdepan di niche tersebut. Jadi anda harus memastikan konten anda lengkap dan selalu sesuai dengan kebutuhan pengunjung saat ini.

      Ada banyak sekali pemilik website yang membuat website hanya berisi halaman-halaman info dasar saja seperti halaman hubungi kami, tentang kami, produk, portofolio, testimoni, dan cara pemesanan. Mereka berharap website seperti ini bisa bersaing di kata kunci yang mana pesaing lainnya selalu melakukan update berita terkini.

      Kalau anda punya website yang terdiri dari 10 halaman. Terlalu sulit jika anda berharap bisa memenangkan kompetisi yang dipenuhi website yang halaman terindeksnya lebih dari 100 halaman. Apa lagi jika pesaing lainnya punya ribuan halaman; bisa dipastikan anda harus bekerja sangat keras untuk bisa bersaing (walaupun backlink anda lebih banyak).

      rajin update blog

      Jika anda adalah pemula di dunia blogging atau website, maka kami menyarankan anda untuk rajin-rajin menulis. Lakukan riset kata kunci untuk mengumpulkan sebanyak mungkin kata kunci panjang atau kata kunci alternatif. Kumpulan kata kunci ini nantinya bisa anda pakai untuk menjadi inspirasi dalam membuat artikel.

      Jadi di awal anda harus menargetkan kata-kata kunci persaingan ringan dengan memperbanyak menulis. Semakin banyak kata kunci ringan yang anda kuasai, dan semakin banyak jumlah artikel di website anda, maka anda akan semakin siap untuk memenangkan kata kunci pendek.

      Hindari menjadi orang yang doyan mimpi tinggi tapi malas bekerja. Ini adalah penyakit newbie kebanyakan yang membuat mereka berputar-putar di tempat selama bertahun-tahun.

      Investasikan waktu anda untuk merawat website baru anda dengan menulis setidaknya 500 kata per hari. Frekuensi update dan jumlah halaman terindeks yang baik akan memberitahukan Google bahwa anda serius mengelola website anda.

      Mungkin ada yang berkata “Ahhh…saya sudah menulis setiap hari selama 6 bulan tanpa henti, tapi trafiknya minim sekali”…. Itu berarti pesaing-pesaing anda melakukannya lebih baik. Bisa saja mereka menulis lebih banyak, atau mereka mendapatkan backlink sedangkan anda hanya mengandalkan postingan saja.

      SEO itu sepenuhnya bersaing dengan pemilik website lainnya dan bukan dengan Google. Itulah alasannya kita mengenal istilah persaingan….

      • Jika anda menargetkan kata kunci yang sangat mudah, maka menulis satu artikel saja sudah cukup.
      • Jika kita menargetkan kata kunci menengah, maka kita harus rajin menulis, dan rajin juga melakukan link building.
      • Tapi, jika kita menargetkan kata kunci SANGAT BERAT, maka semuanya harus dimaksimalkan. Anda harus rajin menulis, mencari backlink, melakukan content marketing, beriklan untuk branding, dll.

      Terlalu berat? Jika kata kunci yang ditargetkan terlalu berat untuk anda kerjakan. Itu adalah indikasi anda menargetkan kata kunci yang di luar kapasitas anda. Siapa yang tidak mau menaklukkan kata kunci yang bisa auto kaya raya? Semua juga mau … tapi harus melihat kemampuan juga pada akhirnya….

      Sama seperti tidak ada orang yang tidak mau punya rumah mewah. Tapi kalau dana yang tersedia cuma 200 juta, itu berarti kita harus menawar mimpi kita, atau berusaha lebih keras…. dan sabar …. dan sabar …. sabar … sabar … sabaaaarrrr….

      *** Maaf website ini memberikan materi dan pengajaran realistis dan tidak menjual mimpi-mimpi indah ke newbie. Ini lebih baik daripada membiarkan banyak orang membuang-buang waktu dan tenaga dengan sia-sia….

      TATA LETAK ELEMEN HALAMAN

      tata letak halaman webPada saat anda membuat sebuah website; anda sangat perlu memperhatikan tata letak dari setiap elemen yang anda letakkan di dalamnya. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan dari pengaturan tata letak di dalam website ini sudah disebutkan di atas. Tapi saya rangkumkan lagi di bawah biar lebih jelas….

      1. Kata kunci harus ada dalam 100 kata pertama
      2. Hindari iklan di tampilan pertama layar saat halaman web di muat
      3. Jangan ada eksternal link sebelum artikel (termasuk link menuju sosial media)
      4. Jangan terlalu banyak internal link sebelum artikel (biasanya ada website yang menumpuk puluhan link di menu header yang berakibat banyaknya konten yang duplikat di bagian atas dari setiap halaman web. Padahal 100 kata pertama dari setiap halaman web harus menekankan kata kunci yang berbeda)
      5. Pastikan link kategori tidak terlalu banyak di saat anda baru memulai website anda. Terkadang ada orang yang langsung memulai websitenya dengan puluhan kategori, padahal kemampuannya menulis dan mendapatkan backlink tidak seberapa.
      6. Hindari pop-up yang menghalangi konten utama. Apalagi pop up yang baru akan menutup setelah sekian detik pengunjung menunggu. Niat anda mau memaksa pengunjung, malah pengunjungnya kabur dan memberi voting buruk ke Google untuk menurunkan ranking anda.
      7. Hindari eksternal link yang sitewide di header, sidebar ataupun footer jika tidak benar-benar perlu

      TENTANG PENULIS

      Ini adalah sesuatu yang baru saja masuk dalam pembahasan on-page di tahun 2018 ini. Tapi tidak semua dari anda yang melakukan optimasi SEO harus memperhatikan ini. Di tahun 2018 ini kita diperkenalkan dengan kategori website Your Money Or Your Life atau YMYL.

      Website YMYL adalah website yang berurusan dengan keuangan ataupun kesehatan pengunjungnya.  Jadi Google akan sangat berhati-hati dalam memberikan rujukan masalah finansial ataupun masalah kesehatan ke penggunanya. Jadi jika website anda masuk dalam salah satu tipe di bawah ini, maka anda harus memperhatikan ini….

      • Website jual beli jasa dan produk
      • Website tips keuangan
      • Website jasa konsultan keuangan dan pajak
      • Website investasi
      • Website Asuransi
      • Website pengetahuan medis
      • Website jual obat medis
      • Website jual obat tradisional, dll

      Untuk website-website YMYL ini Google menerapkan standar Expertise; Authority; dan Trustworthy yang lebih tinggi dibandingkan website yang lainnya.

      Untuk memenuhi aspek Expertise, maka Google akan mengacu kepada siapa yang menulis halaman website tersebut dan apa kompetensinya untuk menuliskan hal tersebut. Google sepertinya membuat algoritma khusus untuk menilai ini, tapi untuk menilai apakah algoritma ini bekerja dengan benar Google menyewa 10.000 orang untuk menjadi evaluator dari hasil pencarian.

      Salah satu yang akan dinilai oleh evaluator ini adalah profil dari penulis, dan ini dilakukan dengan meninjau halaman authorship. Jadi jika anda membuat website YMYL, sebaiknya anda membuat halaman About Us, atau Tentang Kami yang mengesankan bahwa anda adalah orang yang sangat kompeten untuk membahas masalah tersebut.

      Misalnya anda berbicara masalah produk asuransi, maka anda harus menjelaskan bahwa anda adalah seorang agen resmi dari produk asuransi yang sudah sangat terlatih dan telah melalui banyak training. Atau jika anda berbicara masalah investasi saham, anda harus bisa memperlihatkan portofolio bahwa anda sudah lama dan sudah sangat berpengalaman dalam dunia saham.

      Jadi hindari membuat halaman profil penulis yang alay atau tidak memberikan informasi apapun. Misalnya “Aku seorang pujangga cinta yang kesepian. Yang menghabiskan hari-harinya untuk mendalami makna kehidupan bleh…bleh….bleh”…

      KECEPATAN WEBSITE

      kecepatan muat halaman websiteKecepatan website adalah sesuatu yang cukup berpengaruh saat ini dalam meningkatkan user experience. Jika website anda sangat lambat untuk terbuka, maka akan semakin banyak yang meninggalkan website anda bahkan saat website anda belum terbuka.

      Tapi jangan salah sangka; ini bukan berarti kecepatan website adalah faktor SEO. Yang menjadi faktor SEO di sini adalah sinyal USER EXPERIENCE yang “dikirimkan” oleh pengunjung website anda ke Google. Jadi jika website anda lambat, maka besar kemungkinannya pengunjung akan cepat meninggalkan website anda. Hal seperti ini yang menjadi sinyal bagi Google bahwa kualitas website anda tidak memuaskan pengunjung.

      Beberapa hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk mempercepat website anda antara lain adalah:

      1. Memilih server yang cepat (layanan web hosting)
      2. Memilih tema yang ringan (tidak ada elemen yang memblokir render halaman)
      3. Perkecil ukuran file gambar
      4. Gunakan sistem cache yang bisa mempercepat pemuatan konten statis pada kunjungan berulang
      5. Gunakan lazy load untuk menunda pemuatan halaman yang dibawah layar
      6. Sederhanakan CSS dan Javascript
      7. Pastikan hosting anda menggunakan kompresi teks gzip, deflate, atau brotli

      Jika anda memperhatikan 7 hal di atass, maka biasanya tidak akan ada masalah lagi dalam kecepatan muat halaman website anda.