Jika anda saat ini mempunyai website toko online, maka mungkin anda kesulitan untuk melakukan optimasi SEO untuk website toko online anda. Terlebih di masa pandemi Corona seperti saat ini. Google menaikkan nilai E-A-T sehingga pada umumnya kata kunci jualan akan dikuasai oleh Marketplace….

optimasi SEO toko online

Kita ambil contoh toko online yang menjual “tas wanita”…. Tentunya anda mau menguasai kata kunci “tas wanita” yang bisa memberikan anda pengunjung dalam jumlah besar….

tas wanita

Tapi anda bisa melihat bahwa kata kunci ini mempunyai persaingan yang berat, sehingga anda tidak akan bisa menguasai kata kunci ini begitu saja. Jadi sebagai langkah awal melakukan optimasi, maka tentunya anda harus mengenali toko online mana saja yang menjadi pesaing anda…. Untuk itu anda bisa melakukan pencarian di Google….

Jika kita masukkan kata kunci “Tas Wanita” di Google, maka kita akan mendapatkan hasil pencarian seperti di bawah ini….

hasil pencarian tas wanita

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya kata kunci ini merupakan kata kunci dengan level persaingan berat, karena pesaingnya adalah website-website marketplace. Jadi sekarang adalah waktunya berpikir seberapa besar peluang anda untuk bisa menyingkirkan website marketplace ini dari hasil pencarian Google?

Bisa dikatakan anda nyaris tidak punya peluang sama sekali…. Anda harus membangun website yang mempunyai otoritas yang sangat tinggi jika anda mau bersaing dengan website besar seperti ini. Ada banyak sekali toko online atau e-commerce yang sudah menyerah untuk mendapatkan kata kunci-kata kunci yang sangat komersil ini…

Tapi bagi anda yang masih mau berusaha melakukan optimasi SEO untuk website anda, maka di bawah ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa kami berikan untuk anda….

FOKUS DI SATU NICHE

Jika anda adalah pengelola website individu, maka tentunya anda harus mencari website individu lain yang berhasil mendapatkan peringkat yang cukup tinggi. Kali ini saya akan mengambil contoh dari toko online jam tangan dan melihat bagaimana optimasi SEO yang dilakukannya….

Cek gambar di bawah ini…

jam tangan pria

Anda bisa melihat bahwa website jamtangan.com masih perkasa di puncak dan menyingkirkan semua website marketplace. Kenapa bisa seperti itu? Tentunya website marketplace tidak akan kalah dalam hal authority nama domain. Jadi pasti ada yang membuat toko online yang satu ini masih bisa ranking….

Satu-satunya faktor keunggulan dari website ini adalah fakta bahwa mereka berfokus pada niche jam tangan saja. Berbeda dengan marketplace yang menjual produk campuran.

Jadi hal pertama yang perlu anda lakukan jika mau bersaing dengan marketplace adalah fokus di satu niche saja. Anda tidak akan bisa bersaing dengan marketplace jika anda bersaing di banyak niche. Rata-rata website e-commerce yang bertahan saat ini adalah website yang memang hanya menjual produk yang spesifik….

BOBOT SEO ON-PAGE

Apakah kalau anda fokus di satu niche saja, maka website anda pasti akan bisa menyingkirkan marketplace? Belum tentu. Kita lihat dulu bagaimana bobot konten dari website anda. Dan untuk menilai ini kita harus melihat berapa jumlah artikel anda, dan seberapa panjang dan seberapa unik konten dari masing-masing artikel yang anda buat.

Walaupun anda fokus membahas masalah jam tangan, tapi jika konten anda hanya berisi 100 halaman artikel produk saja, maka anda tetap tidak akan punya peluang sama sekali.

Sekarang anda bisa kembali melihat website toko online jam tangan di atas. Ternyata website ini mempunyai 63.200 halaman terindeks. Tentu saja tidak semuanya adalah halaman produk. Ada juga halaman blog dan testimoni di website ini.

jumlah halaman toko online

Jadi bobot onpage dari website ini sangatlah besar. Website yang hanya mempunyai 100 hingga 2000 artikel saja tdak akan punya peluang masuk di halaman pertama. Jadi apa yang bisa anda lakukan untuk merebut posisi dari jamtangan.com?

Ya tentu saja performa toko online anda harus lebih baik dari pesaing anda ini.

Apakah anda bisa membuat 5000-an artikel jam tangan dalam waktu singkat? Jika anda menggunakan layanan jasa penulis artikel, maka mungkin anda akan menghabiskan biaya sekitar 50 juta hingga 70 juta untuk membuat artikel-artikel di website anda….

Angkanya terlalu besar untuk anda? Itu berarti anda belum saatnya menargetkan market kata kunci ini. Optimasi SEO jelas merupakan sebuah kompetisi. Jadi yang rela menghabiskan waktu, tenaga dan uang yang lebih banyak dari yang lain yang bisa menang….

OPTIMASI LONG TAIL KEYWORD

Jika anda tidak mempunyai modal yang besar, maka kemungkinannya anda hanya akan bisa bersaing di kata-kata kunci persaingan ringan dan menengah saja. Jadi anda harus menargetkan kata kunci long tail dalam jumlah yang banyak….

Anggap saja anda menguasai 100 kata kunci long tail. Jika masing-masing long tail membawa 10 kunjungan per hari, maka itu berarti anda bisa mendapatkan 1000 kunjungan per hari. Ini bisa menjadi potensi yang baik untuk toko online anda jika anda cukup pintar mengkonversi ini menjadi pembeli.

Untuk melakukan optimasi long tail keyword di website anda, maka ada beberapa hal yang perlu anda lakukan, yaitu:

  1. Memastikan judul artikel anda memuat kata kunci long tail tadi
  2. Kata kunci juga tersebar di dalam artikel
  3. Gunakan gambar produk yang unik. Sebaiknya anda memotret sendiri dan tidak mengambil dari Google.

NAIKKAN BOBOT E-A-T

Website anda akan sangat kesulitan masuk di halaman pertama jika Google tidak mempercayai website anda. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menaikkan kepercayaan Google terhadap website anda. Untuk itu kami sudah membuat beberapa daftar optimasi E-A-T yang bisa anda lakukan…

  1. Jangan menyembunyikan identitas whois dari nama domain anda
  2. Usahakan membeli nama domain anda untuk 3 tahun ke depan
  3. Tiinginya frekuensi update juga akan menaikkan kepercayaan Google selama artikel anda unik
  4. Daftarkan website anda di Google My Business untuk melakukan konfirmasi alamat riil.
  5. Buat halaman tentang kami dan hubungi kami yang deskriptif dan sesuai dengan data yang ada di whois website anda.

Hal-hal ini akan bisa membantu menaikkan E-A-T dari website anda sehingga optimasi SEO toko online anda akan lebih berpeluang untuk berhasil.

GUNAKAN HIRARKI DALAM URL

Pada saat anda membuat website toko online yang mempunyai beberapa kategori, maka sangat direkomendasikan agar anda membuat hirarki di dalam sistem URL anda. Sebagai contoh website toko online jam tadi tentunya mempunyai beberapa merk jam tangan, dan masing-masing merek mempunyai beberapa type jam tangan.

Jadi anda bisa membuat URL seperti di bawah ini:
https://www.namadomain.com/seiko/srp509k1

Jika anda membuat hirarki seperti ini, maka anda akan lebih mudah mengoptimasi SEO kata kunci untuk berbagai merek jam tangan tadi….

BATASI INTERNAL LINK, APALAGI EXTERNAL LINK

Jika anda mengetahui bagaimana cara mengedit tema yang anda gunakan, maka akan sangat membantu jika anda bisa membatasi link yang ada di dalam satu halaman. Link yang ada dalam satu halaman sebaiknya merupakan link yang relevan dengan konten halaman tersebut.

Misalnya anda mempunyai toko online yang menjual kosmetik dari korea. Tentunya anda akan memasukkan berbagai artikel produk ke dalam website ini. Usahakan agar setiap link yang ada di dalam halaman artikel produk tersebut masih terkait satu sama lain….

Misalnya:

  • Link menuju halaman kategori merek kosmetik tersebut
  • Link menuju halaman testimoni pengguna
  • Link menuju produk-produk lain yang mempunyai fungsi penujang yang masih berada dalam satu merek yang sama
  • Link menuju produk lain dari merek lain yang masih mempunyai fungsi yang sama

Tentunya kita tidak bisa menghindari akan ada link yang sifatnya sitewide atau ditampilkan di semua halaman dalam website. Biasanya link ini berada di menu header atau sidebar…. Tapi kita masih bisa membatasi agar link yang sitewide ini jumlahnya tidak terlalu banyak. Usahakan agar jumlah internal link sitewide ini tidak lebih dari 20 link. Apalagi jika anda tidak bisa mendapatkan backlink dalam jumlah yang besar.

Dapatkan Backlink Berkualitas Dalam Jumlah Yang Banyak

Jika anda sering bermain di forum blogger, maka tentunya anda akan banyak melihat orang yang pamer kesuksesan mereka yang katanya ranking tanpa backlink. Lalu mungkin anda mulai bermimpi bisa membuat website toko online anda ranking tanpa backlink…. Sayangnya itu sesuatu yang tidak mungkin terjadi saat ini jika anda menargetkan kata kunci persaingan yang berat….

Tidak ada website yang ranking di kata kunci persaingan berat yang tidak mempunyai backlink. Memang benar ada yang bisa ranking di Google tanpa backlink, namun itu hanya untuk kata kunci ringan saja. Sulit sekali berharap bisa menemukan website yang ranking di kata kunci menengah ke atas tanpa backlink sama sekali.

Jika anda mengikuti cara-cara yang dilakukan perusahaan berskala besar, maka pada umumnya mereka membeli backlink yang mengarah ke website mereka. Website korporasi ini melakukan optimasi SEO dengan mengandalkan uang. Mereka membeli backlink dari banyak pemilik website. Entah itu melalui paid review ataupun kontes SEO.

Beberapa di antaranya juga membuat website PBN dalam jumlah yang besar. Ada yang membuat lebih dari 100 PBN dan itu biayanya tidak akan kurang dari 50 juta. Biasanya website komersil yang cukup besar akan menghabiskan tidak kurang dari 200 juta untuk melakukan optimasi websitenya….

Jadi jangan iri begitu saja dengan website besar, karena mereka sukses bukan tanpa pengorbanan. Mereka berani menghabiskan ratusan juta yang bisa saja memerlukan setahun atau dua tahun baru balik modal. Mereka berani mengambil resiko demi menguasai suatu niche, tanpa ada jaminan berapa lama mereka bisa ranking, atau berapa lama trend produk mereka bertahan….

Jelas terlalu berlebihan jika pemilik website yang hanya berani modal 100 ribu biaya online setiap bulan bermimpi bisa menyingkirkan website-website seperti di atas. Website yang tidak mempunyai modal atau tidak berani mengeluarkan modal… ya harus mencari trafik dari kata-kata kunci panjang yang masih cukup mudah dikuasai.

Tapi kalau anda punya modal yang terbatas, maka anda bisa mencari beberapa layanan jasa backlink PBN… Hanya dengan modal 5 juta hingga 10 juta saja anda sudah akan bisa mendapatkan ratusan backlink PBN. Tentu jasa backlink adalah sesuatu yang tidak sesuai dengan algoritma Google, jadi anda menggunakan kata kunci yang sangat beragam untuk membuat backlink anda aman….

Jangan percaya kalau ada jasa backlink yang mengatakan backlinknya sesuai dengan panduan Google, karena semua backlink yang didapatkan dengan mengeluarkan uang itu jelas melanggar aturan Google. Jadi anda harus membuat profil backlinknya terlihat sangat alami.

============

Ya, anda sudah melihat bahwa untuk mengelola website toko online itu bukan hal yang mudah. Langkah-langkah optiimasi SEO yang dilakukan akan memerlukan banyak waktu dan juga banyak biaya. Tulisan ini bukan untuk menghentikan anda melakukan optimasi, tetapi untuk memperlihatkan ke anda harga yang harus dibayar saat melakukan optimasi SEO untuk toko online.

Tentunya tidak semua toko online ada di jalur persaingan keras seperti ini. Masih banyak niche toko online yang ringan persaingannya. Sayangnya nilainya juga belum tentu besar dan belum tentu ramai. Jika saat ini anda berada di niche toko online yang masih ringan persaingannya, maka sebaiknya anda tidak lengah…. Terus cicil optimasi SEO anda tanpa henti, sehingga kekuatan otoritas website anda terus tumbuh dan sulit digeser pendatang baru yang bermodal besar sekalipun.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *