Pada saat anda membuat sebuah blog di blogspot, anda harus memahami bahwa anda hanya menumpang di sistem Blogspot yang dimiliki oleh Google. Jadi ada beberapa yang tips yang harus anda ketahui sebelum anda membuat blog memakai platform gratisan ini. Hal ini bisa mempengaruhi SEO dari website anda dan juga keamanan konten anda.

blogger

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Google bisa saja sewaktu-waktu menghapus konten website anda jika anda menumpang di blogspot. Ini tentunya bisa menjadi masalah yang besar jika konten anda sudah cukup banyak. Belum lagi masalah struktur dari blogspot yang cenderung tidak SEO ready.

Jadi berikut ini adalah beberapa tips yang harus anda perhatikan jika mau memakai blogspot sebagai media anda….

Gambar Adalah Eksternal Link

Jika anda menaruh kursor anda di atas gambar, anda akan melihat bahwa tautan dari gambar anda menuju nama domain yang berbeda dengan blog anda. Jadi jelas ini adalah eskternal link. Itu artinya akan ada beberapa poin halaman anda yang akan diberikan ke gambar. Jika anda adalah blogger pemula, yang mau bersaing di kata kunci persaingan menengah ke atas, maka ini bisa berarti anda harus mencari backlink yang lebih banyak lagi.

Apakah itu artinya anda tidak perlu memasang gambar di dalam artikel anda? Tentu saja sangat direkomendasikkan agar anda memasang gambar di dalam artikel anda, karena itu bisa saja memberikan user experience yang baik untuk pengunjung website anda.

Jika anda kuatir akan ada banyak poin anda yang keluar menuju URL gambar, maka anda bisa membiasakan untuk menambahkan banyak internal link di dalam artikel anda. Jadi poin anda akan lebih banyak yang berputar di dalam blog anda dan hanya sebagian kecil saja yang diteruskan menuju file gambar tadi.

Blogpot Dengan Nilai Trust Rendah

Jika ada yang mengatakan ke anda bahwa blogspot disayang oleh Google, maka itu tidak benar adanya. Tentu anda masih akan bisa melihat ada beberapa blogspot yang bisa ranking, tapi biasanya itu adalah blogspot yang sudah cukup tua dan mempunyai sangat banyak artikel plus rajin update. Tapi kalau anda baru akan mulai membangun blog dengan menggunakan blogspot, maka sebaiknya anda tahu bahwa nilai TRUST dari blogspot cukup rendah.

Hal ini dikarenakan ada banyak penipu dan spam yang menggunakan blogspot sebagai medianya. Jadi nilai Trust itu jatuh dengan sendirinya karena perilaku yang cukup umum ini. Semakin murah biaya pembuatan website anda, maka biasanya itu akan menjadi sinyal bahwa website anda kemungkinan adalah spam atau scam.

Sebagai langkah awal, maka setidaknya anda harus modal sedikit dengan membeli nama domain. Anda harus mengganti nama domain blogspot menjadi nama domain anda sendiri. Ini akan cukup membantu menaikkan Trust dari website anda. Setelah itu anda sebaiknya menggunakan template yang terlihat cukup profesional.

Jika anda menjalankan bisnis menggunakan blogspot anda, maka sangat direkomendasikan agar anda mendaftar di Google My Business, agar anda bisa memverifikasi alamat riil anda. Ini akan sangat membantu menaikkan Trust dari blogspot yang anda gunakan.

Langkah lain yang bisa anda lakukan untuk menaikkan Trust dari blogspot anda adalah dengan sering melakukan update artikel unik. Jika anda bisa rutinĀ  update 1 artikel saja per hari, maka ini akan sangat membantu website anda untuk memenangkan SEO di niche anda.

Rutin Backup

Jika anda sudah memasang nama domain sendiri memakai TLD, maka langkah selanjutnya adalah memastikan anda rutin melakukan backup setiap artikel anda. Jika anda cukup rutin update, maka sebaiknya anda melakukan backupĀ  konten sekali seminggu.

Ini sebagai antisipasi jika nanti blog anda dihapus oleh Google. Anda akan dengan mudah membuat blogspot baru dan mengupload pos-pos anda. Atau anda bisa ekspor ke WordPress di layanan hosting sendiri yang anda pilih, karena anda bisa memindahkan nama domain anda ke layanan hosting sendiri dan tetap membawa semua poin backlink lama yang sudah didapatkan.

Kalaupun nama domain yang anda dapatkan sudah dipenalti dan deindex, maka konten yang anda backup tadi bisa sangat berguna. Kenapa bisa berguna? Bayangkan jika anda sudah mempunyai 1000 konten, itu artinya pada saat anda buat blog baru, bukan hal yang sulit untuk update 10 artikel per hari selama 3 bulan, dan itu akan memberikan poin onpage yang sangat tinggi. Website baru anda bisa naik dengan cepat di SERP Google karena intensitas update artikel yang unik terjadi dengan sangat cepat….

Kenapa bisa artikelnya unik? Karena blog anda yang sebelumnya sudah deindex. Jadi saat artikel ini diindex akan terasa seperti artikel baru.

Kesimpulan

Blogspot masih sangat baik untuk digunakan sebagai bahan praktek awal oleh para blogger pemula. Di blogspot anda bisa menguji apakah anda cocok dengan dunia blogging. Jika anda malas, atau lebih suka melakukan jalan-jalan pintas, maka mungkin dunia blogging tidak akan cocok untuk anda. Anda akan sering gali lubang dan tutup lubang dalam membangun blog anda. Sangat disarankan agar anda mengusahakan artikel yang unik dan rajin menulis sejak awal anda menjadi blogger.

Kategori: Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *