Saat ini ada banyak sekali orang yang merasa SEO sudah bukan jalan yang menguntungkan lagi untuk mencari trafik website. Kenapa? Karena persaingan menjadi terlalu berat dibandingkan penghasilannya. Harga yang harus dibayar sebelum bisa melihat hasil itu menjadi semakin tinggi.

TIPS SEO 2020

Hal ini disebabkan karena semakin banyaknya pemilik modal besar yang bermain di dunia internet. Masa-masa di mana blogger amatir mendapatkan madu dari dunia blogging sepertinya akan berakhir dalam beberapa tahun ke depan.

Jadi ini adalah beberapa tips melakukan SEO untuk tahun 2020 dan tahun-tahun berikutnya:

BERMAIN SECARA GRUP

Dulu di tahun 2008 sampai 2016, kita cukup membuat website dengan postingan di atas 200 halaman sudah bisa bersaing di banyak niche berat. Sekarang ini hal itu semakin sulit dilakukan, karena di banyak niche sudah berkumpul website dengan puluhan ribu hingga jutaan halaman.

Otoritas backlink dan on-page yang dituntut juga semakin tinggi.

Mereka yang sudah lama membangun website dengan disiplin sudah bisa merasakan hasilnya. Sedangkan yang baru akan mulai melakukan SEO sepertinya menghadapi ujian yang sangat berat.

Bahkan pemilik website yang melakukan pengembangan SEO secara mandiri dan disiplin pun rasanya akan tersingkir beberapa tahun ke depan oleh mereka yang bermain secara grup. Jadi sebelum terlambat mungkin anda mau memikirkan pengembangan website anda dari website individu menjadi website grup.

Menulis artikel secara keroyokan, dan cari backlink pun secara keroyokan.

Anda bisa menentukan aturan main di antara setiap orang yang ada di dalam grup ini.

Jika anda adalah pemilik modal yang menggaji banyak pekerja, maka jelas tidak perlu aturan main, karena mereka adalah pegawai anda. Tapi jika posisi setiap orang di dalam pengembangan website tersebut adalah setara, maka tentu diperlukan aturan main.

Misalnya: Selalu dicatat jumlah postingan yang dilakukan oleh setiap orang. Begitu juga jumlah backlink yang disumbangkan harus selalu dicatat.

Jadi jika nanti ada penghasilan, maka penghasilan itu akan dibagi berdasarkan jumlah sumbangan artikel dan sumbangan backlink yang diberikan ke website bersama tersebut. Pengelolaan website seperti ini jelas memerlukan admin, jadi anda bisa menentukan persentase penghasilan admin dari keuntungan website.

Mungkin banyak yang berpikir tidak mau melakukan kerja grup seperti ini, karena jika dibagi hasilnya kecil. Padahal itu salah besar. Kerja secara grup ini akan lebih cepat menghasilkan dan hasilnya bisa sangat besar. Sehingga walaupun dibagi tetap akan lebih besar dibandingkan hasil kerja individu.

RAJIN MELAKUKAN UPDATE

Rutin melakukan update konten adalah salah satu bentuk optimasi onpage website yang sangat berpengaruh pada peringkat. (Alasannya bisa baca di: Pentingnya Rutin Melakukan Update Artikel Untuk SEO). Hindari melakukan spin artikel apalagi duplikat konten jika anda menginginkan hasil yang tahan lama.

Sudah basi istilah lulus copyscape; jika ternyata artikel anda hasil spin. Google saat ini sudah bisa membedakan artikel spin dari artikel unik. Ini adalah bagian dari sistem Google untuk mengenali PBN yang biasanya menggunakan artikel-artikel kualitas rendah yang mencuri konten orang lain dengan sedikit pengeditan.


Jadi dalam beberapa tahun ke depan, SEO sepertinya akan semakin cenderung white hat. Jadi akan semakin sedikit tempat bagi pemalas yang bermimpi kaya secara instant dari internet.

PERHATIKAN KECEPATAN MUAT WEBSITE DI PERANGKAT MOBILE

Ada banyak sekali tips SEO dasar yang mungkin sudah anda lakukan, tapi semuanya itu menjadi sia-sia jika kecepatan muat website sangat lambat. Di tahun 2017, kecepatan muat halaman sudah menjadi faktor ranking dalam menentukan peringkat di gadget mobile.

Selama ini kami sudah mengoptimasi banyak sekali website, dan terlihat jelas website yang waktu muatnya sangat lama itu benar-benar lambat pergerakannya. Untungnya saat ini Google sudah meluncurkan laporan SPEED di Search Console, sehingga sekarang kita akan lebih mudah untuk sadar jika ada masalah pada performa server kita.

Perhatikan Search Intent/Tujuan Pencarian

Pada saat seseorang memasukkan kata kunci tertentu …. biasanya mereka sudah mempunyai search intent tertentu. Ada yang membutuhkan artikel yang panjang, namun ada juga yang tidak memerlukan artikel yang panjang. Misalnya; jika seseorang mencari kata kunci CARA MEMPERBAIKI POMPA AIR; biasanya mereka mencari artikel yang penjelasannya lengkap. Bahkan jika perlu ada gambar di setiap tahapannya dan juga dilengkapi video.

Tapi kalau orang-orang yang mencari kata kunci DOWNLOAD PHOTOSHOP CC TERBARU, maka biasanya mereka hanya mencari keterangan system requirements dan tombol/link download. Jadi tidak perlu menuliskan artikel bertele-tele. Cukup 1 hingga 3 paragraf pengantar saja …. yang penting unik.

Atau kalau ada yang memasukkan kata kunci PERBANDINGAN NIKON D7200 VS CANON 60D . Biasanya mereka memerlukan perbandingan yang dibuat poin demi poin. Misalnya: harga, sensitifitas ISO, kualitas gambar, dll. Jadi mereka tidak mencari artikel dalam bentuk narasi yang bertele-tele.

Gagal mengenali search intent pengunjung website anda bisa membuat user experience di website anda menjadi rendah.

Jadi tidak harus selalu panjang dan bertele-tela saat anda membuat konten….

Berhati-hati SPAM Backlink

Google baru-baru ini mengubah caranya melihat link Nofollow. Jadi ada banyak sekali perubahan peringkat yang terjadi sejak Google merayapi backlink Nofollow untuk mendapatkan sinyal jika sebuah website bersifat SPAM atau tidak. Jadi jika website anda mengalami kemerosotan peringkat selama Oktober kemarin, maka kemungkinan update algoritma NOFOLLOW ini adalah penyebabnya.

Jika memang anda adalah pelaku black hat dalam optimasi backlink, maka anda perlu lebih memperhatikan keberagaman profil backlink yang anda pasang.

======

OK, jadi ini adalah tips SEO yang bisa saya berikan untuk anda yang ingin melakukan SEO di tahun 2020 ini. Untuk anda yang belum paham apa itu SEO anda bisa mempelajari dasar SEO di artikel BELAJAR SEO.

 

 

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *