Di tahun 2020 ini ada banyak orang yang mencoba peruntungannya menjadi blogger. Tentunya dunia blogging saat ini bukan hal yang mudah untuk pendatang baru atau pemula. Kenapa? Karena ada banyak niche saat ini yang dikuasai oleh website raksasa. Jika anda hanya melakukan apa yang dilakukan blogger tahun 2008-2018, maka anda tidak akan punya peluang bersaing di kata kunci persaingan menengah ke atas….

blogger pemula

Untuk itu kami membuat beberapa tips yang bisa membantu blogger pemula untuk menghadapi persaingan menengah ke atas saat ini….. Untuk yang menargetkan persaingan menengah ke bawah bisa mengabaikan beberapa rekomendasi di bawah ini.

 

Usahakan Memakai Layanan Hosting

Saat ini ada banyak blogger pemulan yang memulai aktifitas bloggingnya memakai blogspot gratisan. Ini bukan sesuatu yang salah jika anda melakukan blogging hanya untuk menuangkan pemikiran-pemikiran anda saja. Anda juga bisa menggunakan blogspot jika menargetkan kata-kata kunci yang ringan.

Tetapi saat anda menargetkan kata kunci menengah ke atas, maka sangat penting bagi anda untuk menggunakan layanan web hosting. Hal ini dikarenakan nilai TRUST Google untuk blogspot agak rendah, karena ada banyak penipu yang memakai blogspot untuk melancarkan aksi mereka.

Tentunya nilai TRUST ini bisa naik, jika Google melihat anda mengelola website anda dengan benar-benar serius. Tapi menggunakan layanan web hosting akan mempermudah anda untuk mendapatkan TRUST ini.

Anda tidak perlu menggunakan layanan web hosting yang mahal, karena pada umumnya website pemula tidak mempunyai banyak artikel. Jika konten anda tidak lebih dari 200 halaman, maka anda masih bisa menggunakan layanan hosting 300 MB atau 500 MB. Anda tidak perlu menggunakan hosting besar jika anda tidak berencana mempunyai banyak artikel.

Kalaupun anda berencana untuk mempunyai banyak artikel, maka anda bisa melakukan upgrade paket web hosting saat ruang penyimpanan hampir penuh. Ini akan membantu anda untuk berhemat. Pastikan anda mencari layanan web hosting yang opsi upgradenya tidak melompat terlalu jauh…. Jangan sampai anda mengambil paket Rp.10.000 per bulan, tapi paket upgrade yang setingkat di atasnya berharga Rp.50.000/bulan….

 

Frekuensi Update Yang Lebih Baik Dari Pesaing

Pada saat anda berusaha masuk ke dalam halaman pertama Google, maka yang perlu anda kalahkan adalah 10 website yang ada di halaman pertama…. Jika anda adalah seorang blogger pemula yang menargetkan kata kunci persaingan berat, maka sangat mungkin anda akan melihat pesaing yang mempunyai ribuan hingga jutaan halaman.

Tentunya anda tidak akan bisa mengejar jumlah artikel ini begitu saja. Jadi setidaknya anda perlu memastikan bahwa laju update artikel di website anda lebih tinggi dari website pesaing.

Bagaimana jika anda tidak bisa juga menandingi laju update dari website pesaing? Itu berarti anda harus melupakan kata kunci persaingan berat ini. Anda harus menurunkannya ke level persaingan menengah ke bawah dengan cara menargetkan long tail keywords.

Kalau anda punya uang, maka opsi lainnya adalah menggunakan layanan jasa penulis artikel. Anda bisa mendapatkan sekitar 50 artikel 500 kata dengan harga sekitar Rp.700 ribuan.

Jika tidak punya juga, maka masih ada opsi terakhir yaitu mencari teman atau partner sebanyak-banyaknya. Biasanya ini cukup mudah dilakukan oleh mereka yang masih sekolah atau kuliah.

 

Belajar Cara Mendapatkan Backlink

Saat anda menargetkan kata kunci persaingan berat, maka backlink masih merupakan sebuah kebutuhan. Kami belum menemukan website di halaman pertama kata kunci persaingan berat yang tidak mempunyai backlink.

Jika anda melakukan riset backlink untuk halaman artikel pesaing dan menemukan bahwa halaman tersebut tidak mempunyai backlink, maka jangan mengambil kesimpulan bahwa anda bisa memenangkan kata kunci itu tanpa backlink….

Ada yang namanya OTORITAS atau REPUTASI yang melekat pada sebuah nama domain. Jika reputasi ini sangat tinggi, maka hanya dengan menerbitkan artikel saja mereka akan bisa ranking satu. Anda bisa melihat website tribun yang mendominasi top 5 di banyak kata kunci…. Rata-rata artikel barunya tidak mempunyai backlink tapi langsung ranking 1.

Sangat direkomendasikan agar anda belajar cara mendapatkan backlink ini, karena ini akan menjadi kebutuhan jangka panjang. Backlink dari pesaing anda juga akan terus bertumbuh. Kecuali anda adalah pebisnis yang merasa kalau waktu yang anda miliki bisa menghasilkan income yang sangat besar. Jika anda berada pada kondisi ini, maka anda bisa menggunakan layanan jasa backlink.

 

Jangan Membuang Waktu Di Kategori YMYL Jika Anda Tidak Berotoritas

Saat ini Google menggolongkan website kesehatan, keuangan, hukum, dan masih banyak lagi niche yang mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan pengguna Google sebagai website YMYL (Your Money Your Life). Google memberikan nilai Expertise – Authority – Trustworthyness yang sangat tinggi untuk niche ini.

Jadi anda akan sulit ranking jika anda tidak mempunyai background pendidikan atau pekerjaan yang sesuai dengan niche ini. Kalaupun anda masih ranking saat ini, maka besar kemungkinan anda akan kehilangan peringkat di update-update algoritma yang selanjutnya.

Tentunya ini akan membuat usaha anda membangun website menjadi sia-sia.

Ini bukan menakut-nakuti para blogger pemula, tapi lebih kepada upaya mencegah anda menghabiskan waktu untuk sesuatu yang sia-sia. Sebagai contoh untuk niche kesehatan ada banyak sekali website individu yang tumbang di niche ini. Hal serupa akan menjalar ke niche-niche lainnya.

 

Korporasi VS Koperasi

Di atas sudah kami singgung bahwa blogger pemula bisa meringankan usaha optimasi website mereka jika para blogger pemula ini saling bekerjasama. Ini adalah sesuatu yang mungkin akan berkembang beberapa waktu ke depan. Karena saat ini hampir semua niche komersil sudah diincar oleh website-website korporasi….

Jika blogger tidak mau bekerjasama, maka dalam waktu 2 hingga 3 tahun ke depan tidak akan ada lagi tempat bagi website individu di halaman pertama Google. Semua nilai perekonomian dari banyak sektor bisnis di Indonesia akan masuk ke korporasi yang rata-rata mempunyai saham asing….

Jadi aktifitas belanja, pariwisata, belajar mengajar, dll yang seharusnya menggerakan roda perekonomian kita akan kehilangan sebagian potensi ekonominya. Apakah itu salah dari situs besar seperti tokopedia, lazada, traveloka, ruang guru, dll? Tentu tidak …. Sekarang ini sudah era persaingan bebas dan ada banyak orang Indonesia yang juga berinvestasi di negara lain….

Jadi sayang sekali kalau blogger hanya bisa mengeluhkan keberadaan tribun, traveloka, alodokter, dll, karena mereka tidak akan pergi ke mana-mana. Jadi bagi blogger yang ingin bersaing di kata kunci yang dikuasai korporasi, maka saling bekerjasama adalah opsi yang harus dicoba ke depannya….

Yang menjadi masalah dari konsep kerjasama ini adalah kepercayaan. Sama seperti koperasi di mana ada saja orang-orang yang bisa membawa lari uang setelah koperasi menjadi besar. Jadi metode ini biasanya cocok dilakukan di dalam grup-grup atau paguyuban blogger, di mana setiap orang sudah saling mengenal dan bahkan tahu alamat rumah masing-masing.

Membuat sebuah website paguyuban blogger akan membuat website itu akan meroket dengan sangat cepat di SERP….

Jadi inilah beberapa tips yang perlu dipertimbangkan oleh para blogger pemula yang saat ini jelas menghadapi persaingan yang sangat berat….

Kategori: Blog

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *