Bagi anda yang terbiasa melakukan SEO tentunya sudah mengenal istilah Domain Authority. Ini adalah sebuah metrik perhitungan yang dilakukan moz.com untuk menghitung kualitas dan jumlah backlink suatu website.

Sewaktu Google berhenti mengumumkan nilai pagerank; komunitas SEO beralih menggunakan Domain Authority. Namun sejak Domain Authority menjadi rujukan banyak orang, sudah 2x terjadi perubahan algoritma besar.

Semula, sangat mudah untuk mendapatkan DA di atas 30. Jadi dulu ada banyak blog biasa yang mempunyai DA dari 30 hingga 40-an poin. Namun sekarang ini sudah lebih sulit untuk mendapatkan DA di atas 30. Oleh karena itu ada banyak jasa PBN yang menuliskan DA antara 20-30 karena ini adalah nilai yang lumayan untuk sebuah PBN….

Kecuali pembuat PBN menggunakan expired domain yang mempunyai DA yang sudah terlanjur tinggi. Tapi DA seperti ini hanya tinggi di dalam perhitungan moz, namun tidak ada artinya dalam algoritma Google. Hal itu dikarenakan DA ini berasal dari backlink yang sangat tidak relevan. Jadi Google nyaris tidak menganggap backlink-backlink ini….

Di bulan Maret yang lalu algoritma DA Moz ini kembali melakukan update, dan rata-rata website mengalami penurunan nilai DA… Ada yang cuma 1 poin dan ada yang sampai 50an poin. Kita bisa melihat jumlah penurunan poin ini dari data yang ada di bawah ini.

Penurunan Domain Authority

Kita bisa melihat beberapa website sampai drop 40-50 poin nilai Domain authoritynya. Ini adalah drop nilai DA yang sangat besar.

Tapi ada juga website yang mengalami kenaikan DA yang cukup besar. Jadi ini tergantung dari tipe backlink yang dominan menuju website anda.

Jadi jika nilai DA anda mengalami perubahan dari tanggal 23 Maret 2021, maka itu berarti website anda terkena pengaruh update algoritma Moz.com.

Apakah ada hal yang perlu anda lakukan untuk mengatasi masalah ini? Pada dasarnya tidak ada yang perlu anda lakukan karena nilai DA ini tidak ada pengaruhnya sama sekali untuk peringkat anda di Google. Tapi kalau anda mau menaikkan nilai DA, maka tentunya anda harus mengusahakan lebih banyak backlink.

 

 

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *