Apakah kecepatan web hosting merupakan faktor SEO? Jawaban singkatnya adalah BUKAN. Tapi bukan berarti kecepatan server web hosting tidak berpengaruh pada hasil optimasi website kita.

ilustrasi server web hosting murah

Jadi jika anda benar-benar niat mau membuat website yang sukses, harap memperhatikan penjelasan berikut ini….

Faktor terpenting ketiga di dalam SEO Google adalah RANKBRAIN….

Rankbrain adalah sebuah algoritma yang didesain untuk belajar sendiri. Rankbrain mengamati perilaku pengguna pada hasil pencarian. Di sinilah biasanya kecepatan server berpengaruh.

Jika Google menaruh website anda di hasil pencarian lalu ada yang mengklik, maka Google akan menunggu apa reaksi berikutnya dari yang mengklik tadi….

Kalau ternyata website anda lambat, dan pengunjung memutuskan kembali ke halaman Google untuk mengklik hasil lainnya, maka itu akan mempengaruhi penilaian Google atas kepuasan pengunjung di website anda.

Tentunya semakin banyak yang meninggalkan website anda dan kembali ke pencarian Google, maka ranking anda akan semakin turun….

Tidak peduli mau sebanyak apa backlinknya atau sebagus apa kontennya; jika tidak terbuka …. ya pengunjungnya akan kabur….

Jadi sangat penting untuk menggunakan server web hosting yang cukup memadai jika anda bertujuan melakukan optimasi SEO. Ada banyak sekali web hosting murah di Indonesia, namun hanya beberapa di antaranya yang cukup memenuhi syarat untuk tujuan SEO.

Tentunya bukan rahasia kalau banyak blogger pemula yang mengutamakan web hosting gratisan, tapi itu hanya sesuai untuk masa pembelajaran saja. Jika sudah serius mau bersaing di niche yang memang bernilai komersial, maka rekomendasinya adalah mencari server web hosting yang cukup handal.

Terlalu berhemat di layanan hosting bisa membuat anda mengeluarkan budget yang lebih besar tanpa melihat hasil…

Untuk anda yang mau bermain dijual beli atau di topik kesehatan sebaiknya menghindari penggunaan blogspot. Blogspot belakangan semakin sulit untuk ranking, karena ada masalah TRUST, dan juga banyaknya eksternal link di blogspot.

Selain itu platform ini ditujukan Google untuk aktifitas blogging. Jadi kalau anda mau blogspot berfungsi dengan baik, maka anda harus rajin update konten setiap saat.

Jadi …. untuk anda yang saat ini membutuhkan server untuk membuat website, bisa memilih salah satu di antara server-server di bawah ini….

INFO PENTING

Ini bukan berarti server lain jelek. Yang ada di dalam daftar di bawah ini adalah server web hosting murah yang sudah saya uji menggunakan tools webpagetest.org. Pengujian ini tentunya dengan memaksimalkan plugin cache dan cloudflare.

Di sini anda bisa memperhatikan bahwa kecepatan respon dan muat website dari sebuah web hosting murah juga sangat tergantung pada koneksinya. Jadi di sini saya akan memakai koneksi LTE, 4G, 3G, dan 3G Slow dari lokasi JAKARTA menggunakan CHROME.

Tipe website yang diuji berbeda untuk masing-masing web hosting, jadi kecepatan bisa saja berbeda karena adanya perbedaan dalam hal ukuran halaman.

Yang perlu diperhatikan adalah poin dari webpagetools.org, yang menandakan seberapa website memenuhi target waktu untuk ukuran filenya.

Paket yang diuji adalah paket shared hosting 2GB + Domain .com dengan harga di kisaran Rp.400.000/tahun…


DOMAINESIA

logo domainesia

Layanan web hosting ini mendapatkan poin penuh dari web page tools.

poin penuh domainesia

  • LTE: Kecepatan Respon 0,4 detik; Pemuatan Dokumen 2 detik; pemuatan halaman penuh 2,1 detik
  • 4G: Kecepatan Respon 0,85 detik; Pemuatan Dokumen 3,3 detik; pemuatan halaman penuh 3,5 detik
  • 3G: Kecepatan Respon 1,5 detik; Pemuatan Dokumen 9 detik; pemuatan halaman penuh 10 detik
  • 3G Slow: Kecepatan Respon 2 detik; Pemuatan Dokumen 28 detik; pemuatan halaman penuh 29 detik
lama waktu muat domainesia

IDWEBHOST

logo IDwebhost

Layanan web hosting ini mendapatkan poin penuh dari web page tools.

poin penuh domainesia

  • LTE: Kecepatan Respon 0,4 detik; Pemuatan Dokumen 3 detik; pemuatan halaman penuh 5,2 detik
  • 4G: Kecepatan Respon 1 detik; Pemuatan Dokumen 5,7 detik; pemuatan halaman penuh 8,2 detik
  • 3G: Kecepatan Respon 1,5 detik; Pemuatan Dokumen 13,9 detik; pemuatan halaman penuh 19,3 detik
  • 3G Slow: Kecepatan Respon 1,9 detik; Pemuatan Dokumen 34 detik; pemuatan halaman penuh 39 detik
Daftar web hosting ini tentunya masih bisa bertambah lagi jika saya sudah mencoba server dari web hosting yang lain dan puas dengan performa dari web servernya….

Atau bisa juga berkurang…. 😀
Kategori: Wordpress

4 Komentar

Rahman Kholid · 19 Desember 2018 pada 10:57 am

Terima kasih mas buat infonya. Mohon dijelaskan lebih jelas lagi kenapa ngak boleh memakai web hosting yang murah mas. Soalnya lagi mau berhemat. Apakah untuk SEO, yang di atas ini sudah minimal? 400-an ribu per tahun?

    kepoin · 19 Desember 2018 pada 11:01 am

    Begini mas, saat mas memakai layanan web hosting yang murah, maka spesifikasinya jelas akan lebih kecil. Spesifikasi ini bisa sangat mempengaruhi kecepatan websitenya mas Rahman. Jadi kecepatan yang lambat ini bisa membuat pengunjung merasa tidak betah dan cepat meninggalkan websitenya mas. Kalau ini terjadi, maka akan jadi sinyal yang buruk untuk websitenya mas. Banyak orang mau mendapatkan uang dari internet, tapi begitu pelit untuk masalah web hosting ini. Biasanya mereka cuma mau mengeluarkan uang 200 ribu saja. Padahal dengan berhemat 200 ribu, mereka membuat optimasi websitenya jadi jauh lebih berat dan lebih mahal, bahkan ujung-ujungnya gagal dan tidak mendapatkan hasil apa-apa…. Kalau akhirnya hanya seperti itu, lebih baik sejak awal tidak perlu menggunakan layanan web hosting yang murah sekali seperti itu….

Ahmad Aufa · 5 Januari 2019 pada 6:43 pm

Untuk membuat website Landing Page apakah domainesia dan wordpress bisa diandalkan Gan..

    kepoin · 24 Februari 2019 pada 6:28 pm

    Ya sampai saat ini bisa dikatakan memuaskan 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *