Entah sudah berapa orang yang menanyakan hal ini. Kenapa websitenya ramai, tapi hanya sedikit yang membeli? Apakah anda termasuk orang yang mengalami masalah ini?mengubah pengunjung jadi pembeliAnda perlu mengetahui bahwa di dalam dunia marketing itu ada yang namanya “konversi”. Percuma saja anda promosi ke banyak orang kalau anda tidak bisa melakukan “konversi” atau mengubah mereka menjadi pembeli.

Jadi hal pertama yang perlu anda pelajari saat ini adalah bagaimana membuat website anda menjadi alat marketing yang efektif? Hal-hal apa saja yang perlu anda lakukan agar pengunjung website anda mau membeli produk anda.

Untuk bisa melakukan hal ini, maka langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah melihat dari sudut pandang pengunjung website anda.

Anda harus bisa memperkirakan apa saja yang diharapkan oleh pengunjung website anda. Jika anda gagal melakukan ini, maka tidak akan ada penjualan yang bisa anda lakukan….

Hal-Hal Yang Perlu Anda Pertimbangkan

Harga

Salah satu hal yang perlu anda riset pada saat akan menjual barang secara online adalah harga jual yang akan anda berikan. Tentu pada umumnya orang akan mencari harga yang murah. Jadi anda harus mencari tahu berapa harga termurah di pasaran produk anda saat ini.

Apakah anda bisa menyaingi harga tersebut?

Anda cukup beruntung jika berada di persaingan produk yang mempunyai margin harga yang cukup besar. Anda masih bisa membanting harga dan tetap bisa mendapatkan untung dari volume penjualan yang besar.

Tapi jika ternyata harga yang diberikan pesaing anda sudah sangat murah, maka anda cukup mengimbangi saja harga yang mereka berikan.

Yang menjadi masalah adalah jika harga yang mereka berikan terlalu murah dan tidak bisa anda saingi. Apa yang bisa anda lakukan?

Tentu yang pertama bisa anda lakukan adalah mencari tahu bagaimana harganya bisa lebih murah dari anda. Apa yang berhasil mereka pangkas sehingga harganya lebih murah dari anda?

Tapi tidak selamanya harga yang lebih murah itu menghasilkan konversi yang lebih baik. Tergantung juga dari sikap market anda. Akan ada market yang menilai bahwa harga yang terlalu murah itu sebagai scam atau penipuan.

Spesifikasi

Hal lain yang perlu anda perhatikan dari produk anda adalah spesifikasinya. Setiap niche mempunyai produk-produk yang laris. Jadi anda harus melakukan riset untuk mengetahui produk mana saja yang laris di niche anda.

Anda harus mencari tahu merek, ukuran, warna, kapasitas, atau ciri khas apapun yang paling diminati oleh konsumen anda.

Kalau memang bisnis anda mempunyai modal yang kuat dan bisa menyediakan pilihan produk yang lengkap, maka itu akan jauh lebih baik lagi. Semakin sering anda bisa memenuhi apa yang dicari oleh konsumen anda, maka akan semakin mudah konsumen mengingat nama bisnis anda.

Sebaliknya, jika bisnis anda hanya bisa menyediakan 5 varian sedangkan pesaing anda bisa menyediakan 500 pilihan; maka sudah bisa dipastikan anda tidak akan bisa bersaing di SEO. Sebaiknya anda memikirkan metode lain untuk mendapatkan pembeli di website anda.

Minat

Anggap saja anda sudah menawarkan harga terbaik di pasaran…. Begitu juga jenis produk yang anda tawarkan sudah sangat lengkap. Tapi ternyata website anda gagal menimbulkan minat dari para pembeli; ya tetap saja anda tidak akan mendapatkan keuntungan apapun.

Hal yang paling sering menjadi penyebab hilangnya minat pembeli adalah gambar yang anda pasang di website anda.

Ada banyak penjual yang hanya memotret gambar barangnya dari rak. Belum lagi raknya terlihat berdebu. Tentunya hal ini bisa menghilangkan minat dari pembeli anda.

Hal lain yang bisa menghilangkan minat membeli pengunjung website anda adalah lamanya website anda dimuat… Jika website anda tidak terbuka dalam waktu yang cukup lama; mereka akan meninggalkan website anda dan mencari website lain.

Perlu anda ketahui bahwa anda bukan satu-satunya yang menawarkan produk tersebut di internet. Jadi pastikan pelanggan anda merasa nyaman menggunakan website anda.

Kepercayaan

Ini yang menjadi masalah yang sangat serius dari belanja online. Jika anda berjualan di marketplace masalah ini bisa diselesaikan dengan mendapatkan banyak review. Pengguna marketplace cukup bisa mempercayai sistem review dari marketplace.

Sayangnya hal ini tidak bisa diterapkan di website sendiri. Review yang ada di website sendiri sangat mungkin dimanipulasi.

Jika anda mau meningkatkan tingkat kepercayaan dari pengguna anda, maka anda menggunakan komentar facebook, dan meminta pembeli anda melakukan review. Di awal-awal anda bisa memberikan diskon jika mereka melakukan review untuk produk anda.

Hal lain yang perlu anda lakukan adalah menambah kepercayaan pengunjung website anda adalah tampilan yang profesional. Desain website bisnis biasanya terlihat bersih dan elegan. Desain ini adalah sesuatu yang disengaja karena dianggap bisa mempengaruhi persepsi dari pengunjung.

Tapi hal yang paling penting adalah keaktifan anda menambah konten. Website yang mempunyai ribuan artikel unik berkualitas akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan. Amat sangat jarang sekali website penipu yang dikelola dengan serius.

Website penipu biasanya website sekali pakai yang akan segera ditinggal kabur pelakunya. Jadi tampilannya dan isinya pun dibuat asal-asalan saja.

===========

4 hal yang kami jabarkan di atas adalah sesuatu yang sangat mendasar untuk anda usahakan. Jika anda bisa memenuhi keempat hal ini, maka akan lebih mudah bagi anda untuk mengubah pengunjung website menjadi pembeli.

 

Kategori: cari uang online

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *