Banyak orang melakukan SEO dengan harapan website mereka akan ramai. Tapi setelah sekian lama website mereka ranking ternyata pengunjung ke website mereka sangat sedikit.

website sepi padahal ranking

Tentunya ini akan sangat mengecewakan, karena mungkin saja mereka sudah berangan-angan bisa menjadikan websitenya sebagai sumber pendapatan yang besar. Tapi ternyata tidak ada yang berminat dengan apa yang mereka tawarkan….

Kejadian seperti ini cukup sering terjadi. Ada banyak pemula yang mengabaikan tahapan riset kata kunci pada saat membuat website. Jadi mereka membuang-buang banyak waktu untuk sesuatu yang tidak mempunyai nilai komersil.

Potensi Setiap Kata Kunci Itu Berbeda

Ada banyak pemula yang berpikir website mereka pasti ramai kalau bisa ranking di Google. Padahal Google itu hanya mengikuti selera pasar yang ada di dunia nyata. Jika produk anda sedikit peminatnya di dunia nyata, maka tentu saja jumlah peminatnya di dunia maya juga sedikit.

Biasanya masalah ini dialami oleh produk yang masih baru dan belum dikenal oleh masyarakat. Atau bisa juga produknya sudah cukup terkenal tapi memang market atau permintaannya sangat sedikit.

Untuk produk-produk baru yang manfaatnya belum terlalu dikenal oleh masyarakat; SEO bukanlah opsi yang tepat untuk mendapatkan trafik dalam waktu dekat.

Produk yang fungsinya belum memasyarakat tentu akan sedikit pencariannya.

Jadi solusi yang paling tepat untuk mendapatkan trafik adalah dengan menggunakan iklan di sosial media. Ada banyak orang yang menggunakan iklan di sosial media untuk mengedukasi masyarakat tentang manfaat produk mereka.

Anda harus sabar mengedukasi masyarakat sampai market yang potensial untuk anda bisa terbentuk.

Tapi sangat disarankan agar anda juga mulai menjalankan SEO sejak awal. Jangan sampai anda yang bersusah payah melakukan edukasi di sosial media; namun pihak lain yang mendapatkan market dari mesin pencari seperti Google.

Sinyal Sosial Media Untuk Website Anda

Jika anda melakukan edukasi dengan beriklan di sosial media, maka sangat direkomendasikan agar anda menautkan iklan anda di dalam iklan sosial media. Tujuannya adalah untuk membangkitkan sinyal sosial media yang bisa menunjang optimasi SEO anda.

Ini memang akan memerlukan biaya iklan, namun biasanya tidak besar karena marketnya juga belum begitu besar.

Kecuali tujuan dari anda memasang iklan adalah untuk branding (membuat brand anda dikenal luas), maka tentunya anda perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar.

SEO, SEM, & Social Media Marketing

Anda perlu tahu bahwa saat ini hampir semua niche di SEO sudah mempunyai website yang besar. Jadi anda sebaiknya mempertimbangkan penggunaan metode lain untuk mendapatkan trafik menuju website anda.

Tentu saja metode yang bisa mendatangan trafik secara instan akan memerlukan biaya. Jadi mungkin ini tidak akan sesuai untuk anda yang berniat mengelola website secara amatir.

Saat ini sudah bukan lagi waktunya memulai website dengan niat setengah jadi seperti itu. Jika anda memang tidak serius mau mengelola website anda dengan benar, maka sebaiknya anda jangan terlalu berharap melihat uang jutaan rupiah dari website anda.

Apakah Tidak Ada Peluang Bagi Blogger Amatir?

Jika anda saat ini tidak punya uang untuk melakukan optimasi berbayar, dan anda juga merasa tidak mampu untuk rutin menulis konten yang berkualitas, maka ada baiknya anda memikirkan opsi kerjasama tim.

Jadi anda bisa mengumpulkan setidaknya 5 orang teman untuk mengelola website secara bersama-sama. Biasanya ini akan membuat optimasi SEO lebih cepat menghasilkan dan bisa mengejar ketertinggalan dari website -website yang sudah besar.

Tentu saja nanti anda harus berbagi hasil dengan rekan-rekan anda yang lainnya. Tapi biasanya hasilnya juga akan lumayan. Ini jauh lebih baik daripada tidak punya peluang sama sekali untuk berkembang.

Kategori: cari uang online

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *