Optimasi User Experience Untuk SEO

Belakangan ini pelaku SEO menjadi sering mendengar istilah user experience saat melakukan optimasi website. Tapi masih banyak yang bingung dengan maksud dari user experience…. Bagaimana cara mengukur user experience ini? Dan bagaimana meningkatkannya?

Untuk itu dirasa perlu membuat satu halaman khusus yang membahas masalah ini. Kenapa sangat penting membahas masalah user experience ini? Karena tidak akan ada satupun optimasi website yang akan berhasil jika websitenya sendiri menimbulkan user experience yang buruk.

Sebagai permulaan, anda harus mengetahui bahwa algoritma Google yang paling bersentuhan dengan masalah user experience ini adalah algoritma Rankbrain. Ini adalah algoritma yang menjadi biang kerok kenapa banyak di antara pelaku website yang merasa SEO sudah tidak bisa dipegang lagi “ekornya”.

bingung dengan user experience

Apa Itu Rankbrain?

rankbrain

Rankbrain disebut sebagai algoritma yang bisa berpikir sendiri. Bagi anda yang masih sangat awam mungkin akan menganggap ini seram sekali. Kenapa ada mesin yang bisa berpikir sendiri?

Sebenarnya ini bukan berpikir sendiri; lebih tepat ini dikatakan bekerja secara otomatis untuk mencari tingkat kepuasan tertinggi dari pengguna Google.

Tujuan pembuatan rankbrain sebenarnya untuk menangani kata-kata kunci yang baru pertama kali diketik orang. Misalnya, kata kunci umum adalah “Jual Mobil Mini Cooper”….

Tapi ada juga orang yang memasukkan kata kunci yang sangat spesifik seperti “Jual mobil mini cooper bekas warna biru mesin terawat”. Di kata kunci baru seperti inilah Rankbrain bekerja.

Tapi Rankbrain mempunyai kemampuan yang lain, yaitu bisa mengenali beberapa reaksi user jika tidak puas dengan hasil pencarian. Reaksi itu bisa seperti mengganti kata kunci pencarian, atau sekedar kembali dan mencoba membuka website yang lain. Jika Rankbrain mendapatkan data seperti ini, maka Rankbrain akan menyimpannya.

Ke depannya, jika ada lagi yang mencari kata kunci ini, maka Rankbrain akan mengubah persentase algoritmanya. Jika website anda masih memenuhi persentase ini, maka website anda mungkin masih akan tampil tapi rankingnya diturunkan.

Di sinilah sulitnya algoritma Google saat ini, karena persentasenya bisa berubah setiap saat. Makanya banyak pelaku SEO yang bingung. Kata mereka “Saya melakukan hal yang sama persis, tapi kenapa hasilnya beda!”…. atau “Website yang saya optimasi tidak ranking, malah yang saya abaikanย  yang naik….. tapi sekarang hilang lagi”….

Setelah itu mereka pensiun dari dunia SEO…. ๐Ÿ˜€

Kunci untuk memenangkan Rankbrain adalah memberikan User Experience yang terbaik untuk pengunjung website anda. Jadi mari kita optimasi website anda….

LANGKAH PERTAMA

KECEPATAN MUAT WEBSITE ANDA

Hal paling pertama yang dilakukan oleh pengunjung saat datang dari mesin pencari seperti Google adalah menunggu halaman website anda terbuka. Di sinilah user experience itu dimulai.

Jika website anda sangat lama terbuka, maka pengunjung bisa saja meninggalkan website anda, tanpa sempat mengetahui bagaimana berkualitasnya tulisan anda, atau bagaimana murahnya penawaran anda….

Inilah alasannya kenapa kecepatan website itu menjadi sangat penting untuk user experience…

Hanya saja kita harus realistis bahwa kecepatan website itu juga sangat tergantung pada kecepatan koneksi dari user itu sendiri. Tidak mungkin user berharap sebuah website yang mempunyai banyak konten bisa terbuka dalam 2 detik sampai 4 detik jika memakai koneksi 3G.

Jadi apa yang perlu anda lakukan untuk mengoptimasi kecepatan website anda?

Untuk membuat website anda lebih cepat saat dibuka, maka anda perlu melakukan hal-hal di bawah ini:

  1. Gunakan server yang memadai. Bukan berarti anda harus menyewa server yang sangat mahal. Jika konten anda biasa saja dan trafik anda juga tidak besar (antara ratusan dan ribuan saja) maka shared hosting dengan kapasitas 1GB atau 2GB biasanya sudah memadai.
  2. Gunakan tema wordpress yang cukup ringan atau bahkan sangat ringan
  3. Manfaatkan plugin cache untuk menyimpan cache di browser pengunjung, melakukan minify pada CSS dan Javascript, dan melakukan kompresi pada file yang ditransfer.
  4. Manfaatkan CDN seperti Cloudflare. Anda cukup memakai versi gratis dari Cloudflare ini dan integrasikan dengan Plugin Cache tadi. Jangan lupa untuk menginstal plugin cloudflare di website anda, dan set pengaturan terbaik untuk WordPress. Cloudflare akan membuat website anda menjadi lebih cepat karena cloudflare bisa menyimpan versi HTML statis dari halaman anda, dan mengirimkan ini ke pengunjung website anda.

Biasanya langkah-langkah di atas ini sudah akan cukup untuk membantu website anda dimuat dengan sangat cepat. Tapi bukan berarti tidak akan pernah menjadi lambat. Terkadang website juga bisa mengalami masalah pengiriman karena jaringannya yang sangat kompleks. Memang tidak ada sistem buatan manusia yang sempurna kan?

LANGKAH KEDUA

TAMPILAN WEBSITE ANDA

Banyak pemilik website yang tidak memikirkan kenyamanan pembaca saat membuat sebuah website. Biasanya mereka mengutamakan selera tampilan mereka atau menempatkan banyak iklan karena berusaha mendapatkan banyak klik.

Ini adalah sesuatu yang keliru di era Rankbrain ini. Jika pengunjung tidak nyaman dengan tampilan website kita, mereka selalu mempunyai pilihan untuk mengunjungi website lainnya.

Jadi beberapa hal yang perlu anda perhatikan dari tampilan website anda adalah:

  1. Gunakan huruf yang cukup besar untuk dibaca (16px ke atas)
  2. Gunakan warna huruf dan warna latar yang cukup kontras
  3. Gunakan gambar sebagai jeda untuk pikiran pembaca atau sebagai ilustrasi pendukung jika tulisan anda cukup panjang. Seperti gambar kelinci di kolom ini ๐Ÿ˜€
  4. Jangan ada pop up yang menghalangi konten utama
  5. Pastikan tema anda mobile friendly untuk pengunjung yang berasal dari gadget mobile
5 hal ini akan membantu pengunjung mendapatkan user experience yang baik dan menjadi nyaman dengan konten-konten anda.
    mengatur tampilan website

    LANGKAH KETIGA

    BUAT KONTEN YANG BERMANFAAT

    Ok, sekarang kita sudah mempunyai website yang cepat dengan tampilan yang menarik untuk pengunjung. Tapi apa gunanya kalau konten kita tidak ada manfaatnya untuk pembaca?

    Tetap saja mereka akan pergi dan meninggalkan sinyal user experience yang buruk.

    Pembaca juga sering meninggalkan website kita jika ternyata isi website kita bukanlah konten yang dicarinya. Misalnya: Ada yang mencari “Obat Batu Ginjal Alami”.ย  Ternyata yang dicarinya adalah obat herbal yang bisa ditemukan di sekitar rumahnya atau dipasar tradisional. Sedangkan halaman kita isinya jualan produk batu ginjal….

    Walaupun benar produk kita benar-benar herbal, namun bukan itu yang dicari. Jadi pengunjungnya meninggalkan website kita dan mengklik website lain. Banyak yang berusaha mengantisipasi ini dengan membahas manfaat dari kandungan bahan herbal di dalam produknya…. Setidaknya pengunjung mau membaca lebih lama, walaupun nanti belinya di pasar ๐Ÿ™‚

    Jadi kita harus membiasakan untuk berpikir kira-kira apa yang diharapkan oleh pengunjung dari artikel kita saat mengetikkan kata kunci tersebut. Gagal memahami keperluan pengunjung akan membuat website kita sering mendapatkan sinyal user experience yang buruk.

    Misalnya anda mau menjual tas; sebelum anda menulis artikel sebaiknya pikirkan baik-baik informasi apa yang dibutuhkan para pencari tas? Informasi itu bisa berupa pilihan warna, kelengkapan, bahan, ukuran, dan harga.

    Atau jika anda menulis tentang mobil toyota terbaru; sebaiknya anda memasukkan informasi spesifikasi mesin, interior, exterior, transmisi, harga, pilihan warna, dan pilihan tipe. Jika anda sendiri adalah sales dealer mobil, maka silahkan masukkan juga alamat dealer anda, nomor yang bisa dihubungi, dan promo paket kredit jika ada.

    Masukkan gambar, video, atau infografis jika ada….

    Repot? Tentu, semua orang sukses itu ceritanya repot dulu baru sukses kan?

    Tapi ada juga yang hobby dan bisa menikmati prosesnya. Saya sendiri sangat suka menulis…. Saya bahkan bisa membahas masalah user experience ini sampai 20.000 kata jika diperlukan. Tapi tidak akan banyak yang tahan membaca sampai selesai.

    LANGKAH KEEMPAT

    SISTEM NAVIGASI MUDAH

    Sebuah website yang mempunyai struktur yang rapi akan memudahkan pengunjung mendapatkan informasi yang diperlukan. Sedapat mungkin buatlah sistem navigasi di dalam website anda menjadi sederhana, agar tidak terlalu banyak pilihan yang bisa membuat pengunjung yang baru pertama kali datang ke website anda menjadi pusing.

    Contoh sistem navigasi yang baik bisa kita temukan di dalam marketplace raksasa seperti Lazada. Walaupun produknya sangat banyak, namun sangat mudah menemukan produk yang kita cari dengan menggunakan sistem navigasi menu yang tersedia.

    Tentu memakai kotak pencarian juga bisa membantu ๐Ÿ˜€

    Selain itu, khusus untuk website jual beli online … Google juga memberikan poin ekstra untuk sistem filter yang bisa membantu pengunjung lebih mudah menemukan barang yang dicari. Sistem filter ini bisa menyaring menurut batasan harga, warna, merek, kapasitas, dll.

    mencari navigasi

    Tapi untuk website tutorial seperti kepointernet.com ini sistem navigasi yang kompleks tidak diperlukan sama sekali. Jadi website sederhana seperti ini cukup menggunakan navigasi artikel terbaru, kategori, dan halaman-halaman penting saja.

    LANGKAH KELIMA

    PASTIKAN GOOGLE TAHU....

    Apa gunanya semua sinyal positif dari optimasi user experience ini jika Google tidak tahu? Memang benar Google bisa mengumpulkan data dari para pengguna browser Chrome (yang ini bekerja seperti cara alexa rank bekerja). Tapi bukankah sayang sekali jika sinyal positif dari browser yang lainnya hilang begitu saja?

    Untuk memastikan semua aktifitas pengunjung di website kita terpantau, sangat direkomendasikan untuk memasang Google Analytics. Memasang Google Analytics ini bukan hanya untuk membantu Google, tapi juga untuk kepentingan anda sendiri.

    Google Analytics adalah tool pemantau data kunjungan yang sangat lengkap. Anda bahkan bisa memantau kejadian seperti klik pembelian atau pengisian formulir dengan menggunakan tools ini.

    Mudah-mudahan 5 Langkah optimasi USER EXPERIENCE untuk SEO website anda ini bisa membantu anda mendapatkan hasil optimasi website yang lebih baik lagi. Tentunya ini hanya bagian kecil dari proses optimasi SEO, jadi untuk anda yang sedang melakukan optimasi SEO secara bertahap silahkan kembali ke halaman panduan BELAJAR SEO.