Apakah backlink masih penting adalah pertanyaan yang sudah mulai ditanyakan orang dari tahun 2012, dan sampai saat ini jawabannya adalah MASIH PENTING…. Walaupun demikian, porsi backlink dalam penentuan ranking saat ini sudah berkurang. Jadi jawaban tepatnya adalah masih penting tapi sudah tidak sepenting dulu, dan ini sangat bergantung pada kondisi website anda….

backlink masih pentingJadi yang perlu anda cari tahu saat ini adalah apakah backlink masih penting untuk anda atau tidak….

Sebelum mulai, anda harus memahami bahwa yang paling penting di dunia SEO adalah Expertise, Authority, dan Trust (disingkat jadi E-A-T). Sebuah website yang berhasil mendapatkan pengakuan untuk keahlian, otoritas, kepercayaan untuk suatu bidang, maka website tersebut akan dengan sangat mudah memenangkan kata kunci di bidang tersebut.

Expertise berarti anda mempunyai pengetahuan yang dibutuhkan untuk niche yang anda kelola. Anda paham seluk beluk untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari niche tersebut.

Authority berarti pengetahuan anda mendapatkan pengakuan dari semua orang yang membutuhkan nichhe tersebut. Hal ini termasuk mendapatkan pengakuan dari pesaing-pesaing anda sendiri.

Trust berarti anda bukan hanya mendapatkan pengakuan untuk pengetahuan anda, namun juga untuk integritas dan kredibilitas selaku pemilik website. Anda tidak akan mendapatkan hasil yang terbaik dari dunia online walaupun pengetahuan anda diakui luas, jika dunia internet mengenal anda sebagai orang yang suka mengambil keuntungan dengan cara yang tidak baik dari orang lain….

Backlink hanyalah salah satu faktor yang digunakan Google untuk menentukan seberapa diakuinya website anda pada suatu niche tertentu….

Selain backlink masih ada beberapa faktor lain yang sangat mempengaruhi penilaian E-A-T dari Google untuk website anda. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Jumlah halaman terindex yang besar, dan mencakup pembahasan yang sangat beragam di niche tersebut. Ini menunjukkan bahwa kita sangat menguasai semua aspek dari niche tersebut.
  • Kualitas konten yang baik dan memberikan solusi atas kebutuhan pengunjung, karena orang yang terkesan dengan tulisan kita akan menjadikan website kita sebagai rujukan wajib di niche tersebut.
  • Performa website yang membuat pengunjung nyaman, karena ini akan memberikan kesan profesional dalam pengelolaan website
  • Fitur penunjang, untuk memudahkan pengunjung menemukan informasi yang dibutuhkan seperti filter, dan sistem pencarian konten, dan
  • Backlink yang menunjukkan bahwa website kita sering menjadi bahan rujukan oleh penulis lain di internet.

Saat ini ada banyak sekali website yang berhasil mencapai posisi E-A-T yang tinggi walaupun backlinknya sangat minim, karena halaman terindeksnya ada puluhan ribu, dan semuanya unik dan berkualitas, pengunjungnya pun puas dan nyaman dengan kondisi websitenya.

Jadi kalau tujuan anda hanya untuk mencapai ranking terbaik di halaman pertama Google, maka itu bisa dilakukan dengan 3 opsi, yaitu:

  1. Membuat website dengan artikel yang sangat lengkap dan jumlah postingan yang sangat berkualitas
  2. Membuat website dengan materi yang sangat relevan dengan kata kunci yang ditargetkan, walaupun dengan jumlah halaman terindeks hanya belasan saja tidak akan jadi masalah selama anda bisa mendapatkan sangat banyak backlink yang berkualitas.
  3. Keseimbangan antara keduanya, di mana anda membuat cukup banyak artikel berkualitas (walaupun tidak sebanyak poin pertama), dan mendapatkan cukup banyak backlink berkualitas (walaupun tidak sebanyak poin kedua).

Jasa backlink murah kami berusaha mencari backlink dalam jumlah yang memadai, namun tetap memberikan masukan untuk perbaikan on-page website anda. Hal ini ditujukan agar website anda bisa mendapatkan hasil yang optimal dari pemasangan backlink.

Saran on-page ini juga berfungsi untuk memastikan website anda sangat relevan dengan kata kunci tersebut, karena pada dasarnya backlink hanya bisa membantu kenaikan peringkat jika halaman tersebut memang sangat relevan.

Kesimpulan: Backlink masih sangat berguna untuk menaikkan peringkat, namun hanya berfungsi baik pada website yang memang relevan dan dikelola dengan baik.

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *