Panduan Belajar SEO 2021 Untuk Pemula

Apa Itu SEO?

Pada dasarnya SEO adalah segala aktifitas yang anda lakukan untuk membuat website anda ranking di hasil pencarian Google. Untuk melakukan ini anda harus memenuhi sebanyak mungkin faktor-faktor SEO yang ditetapkan oleh Google.

Untuk bisa memenuhi faktor-faktor SEO inilah saudara perlu belajar SEO dengan runut.

Jika anda tidak mempelajari SEO secara runut, maka bisa saja anda harus melakukan gali lobang dan tutup lobang selama mengoptimasi website anda.

Oleh karena itu kami akan membantu anda untuk membangun website anda dengan benar; supaya anda tidak perlu terlalu membuang banyak waktu, dan bisa menghemat banyak waktu, tenaga dan biaya.

Mudah-mudahan materi panduan belajar SEO ini bisa cukup mudah untuk anda pahami.

Ok, langsung saja kita mulai proses optimasi SEO website anda. Kami akan memulai penjelasan ini dari materi yang paling dasar. Jadi jika anda merasa sudah cukup paham dengan materi dasar; silahkan memilih materi yang ada di tingkat lanjutan.

Pondasi Dalam Membuat Website

Pada saat anda membuat website anda harus melakukannya dengan benar. Jika anda memulai proses ini dengan awalan yang salah, maka bisa saja optimasi SEO anda menjadi sangat berat. Hal paling dasar yang perlu anda lakukan adalah:

  • Membeli nama domain
  • Membeli layanan hosting
  • Membuat website

Membeli Nama Domain

Nama domain adalah pengganti alamat website anda agar lebih mudah untuk diingat. Namun banyak orang yang berpendapat bahwa nama domain bisa mempengaruhi optimasi SEO.

Ini adalah isu yang cukup sering anda dengar jika anda baru belajar SEO. Apakah isu ini benar?

Pada dasarnya nama domain memang bisa membantu di persaingan ringan. Jadi pemilik website yang menggunakan kata kunci utama sebagai nama domain. Namun bagi anda yang menargetkan kata kunci menengah ke atas; anda tidak akan merasakan efek apapun dari nama domain ini.

Jadi anda bisa menggunakan nama domain apa saja yang anda inginkan jika website anda bersaing di kata kunci persaingan menengah ke atas. Tapi sangat direkomendasikan agar anda menggunakan nama domain yang mudah diingat dan sekaligus bisa membantu proses branding website anda.

Butuh informasi yang lebih lengkap tentang nama domain ini? Silahkan membaca artikel “pengaruh nama domain untuk SEO“.

Selanjutnya anda juga perlu memperhatikan TLD yang melekat pada nama domain anda. Sangat direkomendasikan agar anda menggunakan TLD .id jika anda menargetkan trafik dari Indonesia saja.

Google akan memberikan “prioritas” ranking untuk website-website yang menggunakan TLD negara tertentu seperti ini.

Membeli Layanan Hosting

Agar website anda bisa diakses secara online, maka anda harus menyimpan file-file website anda di dalam sebuah server. Anda bisa saja belajar bagaimana cara membuat server sendiri, tapi itu akan sangat tidak efisien untuk pekerjaan anda.

Jauh lebih murah dan mudah jika anda menggunakan layanan web hosting.

Tetapi ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang memilih layanan web hosting ini. Mereka yang baru saja memulai belajar SEO seringkali salah dalam membeli layanan web hosting sehingga mereka kesulitan saat mengoptimasi websitenya.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat anda akan membeli sebuah layanan web hosting adalah sebagai berikut:

Apakah anda akan membuat website dengan halaman yang sangat banyak? Jika anda tidak berencana mengisi website anda dengan banyak artikel; atau halaman di dalam website anda tidak akan lebih dari 200 halaman; itu berarti layanan web hosting dengan kapasitas 500 MB sudah memadai untuk meng-hosting website anda

Apakah potensi trafik sangat besar atau tidak? Jika potensi trafik tidak cuku